Manfaat Bawang Putih untuk Ibu Hamil, Sungguh di luar Dugaan

Manfaat bawang putih untuk ibu hamil - Bawang putih merupakan bumbu masak yang sangat familiar bagi warga masyarakat di Indonesia. Hampir semua jenis masakan menggunakan bawang putih sebagai bumbunya. Sensasi rasa gurih yang dihasilkan dari bawang putih dapat membuat hasil masakan menjadi nikmat dan mantap.

Di lain sisi, ternyata bawang putih tidak hanya dapat membuat masakan menjadi sedap, akan tetapi bawang putih juga mampu menyumbangkan banyak manfaat bagi kita.

Manfaat bawang putih tidak hanya terbatas pada orang tertentu, tapi semua orang bisa mendapatkannya tak terkecuali ibu hamil. Dengan mengkonsumsi bawang putih, ibu hamil dapat memperoleh beberapa dampak positif yang informasinya akan kami tulis pada artikel kali ini.

mnfaat-bawang-putih-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Bawang Putih untuk Ibu Hamil


Sebagaimana telah ditulis oleh situs okezone.com ternyata bawang putih dapat memberikan manfaat luar biasa pada wanita hamil. Tak terbatas pada ibu hamil, kandungan alicin pada bawang merah sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut serta mencegah dari kerontokan.

Untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih, Anda bisa menggunakannya sebagai bumbu masak atau meramunya sebagai bahan obat. Adapun manfaat bawang putih untuk ibu hanil diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah


Selama kehamilan berlangsung, ibu hamil harus benar benar memperhatikan tekanan darah dalam tubuhya. Usahakan tidak memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) atau tekanan darah rendah (hipotensi).

Tekanan darah tinggi hendaknya diwaspadai oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan berbagai macam masalah kehamilan serius. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengkonsumsi bawang putih karena kandungan alicin bawang putih terbukti dapat menstabilkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol.

Selain itu, Anda bisa menerapkan beberapa cara aman untuk menurunkan tekanan darah ibu hamil seperti yang telah kami tulis dalam artikel berjudul cara menurunkan tekanan darah tinggi ibu hamil.

2. Mencegah sakit kanker


Sakit kanker bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali ibu hamil. Siapa pun yang terkena penyakit kanker maka untuk menyembuhkannya harus menjalani pengobatan yang cukup serius.

Salah satu upaya untuk mencegah penyakit berbahaya ini adalah dengan memanfaatkan bawang putih. Mengkonsumsi bawang putih di saat sedang hamil dapat mengurangi resiko terserang penyakit kanker.

3. Membantu mengatasi sakit flu


Bawang putih mempunyai kandungan zat yang sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Pada saat pergantian musim, ibu hamil rentan terserang penyakit flu.

Apabila ibu hamil punya sistem imun yang kuat maka ibu hamil bisa terhindar dari penyakit flu dan jika sampai terserang flu maka akan sembuh dalam waktu dekat.

Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, tidak hanya penyakit flu yang bisa dihindari oleh ibu hamil, akan tetapi berbagai macam jenis penyakit akan dihalau oleh tubuh.

Cara Memanfaatkan Bawang Putih


Untuk mendapatkan manfaat bawang putih seperti yang telah kami sampaikan di atas, Anda bisa menggunakannya sebagai bumbu masak dan atau diramu sebagai bahan campuran obat herbal.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, sebaiknya Anda mencuci bawang putih hingga benar banar bersih sebelum dimanfaatkan. Penggunaan bawang putih tanpa dicuci dikhawatirkan telah terkontaminasi bakteri berbahaya.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan bawang putih sebagai bahan obat herbal, yaitu memastikan bahwa bawang putih yang akan Anda gunakan benar benar berkualitas baik. Bawang yang berkualitas jelek, busuk dan kotor sebaiknya dihindari guna menghindari kemungkinan jelek yang bakal terjadi.

Adapun penggunaan bawang putih untuk bumbu masak sebaiknya disesuaikan dengan takaran saja, jangan terlalu berlebihan. kenapa demikian ? karena terlalu banyak bawang putih untuk bumbu masak justru membuat masakan menjadi kurang sedap. Sesuaikan jumlah bawang dengan masakan yang Anda buat sehingga sajian menu harian Anda nikmat dan sedap. Kalau Anda bingung mau masak apa karena sering mual, coba baca artikel kami berjudul masakan untuk ibu hamil muda spesial dan tidak membuat mual.

Demikian info terkait manfaat bawang putih untuk ibu hamil. Jangan anggap remeh tumbuhan yang telah diciptakan oleh Sang Khaliq karena ternyata di dalamnya mengandung manfaat yang sangat luar biasa. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top