Manfaat Kencur untuk Ibu Hamil, Jarang yang Tahu

Manfaat kencur untuk ibu hamil - Dalam menjalani kehamilan tentu menghadapi berbagai macam keluhan yang tidak bisa dihindari. Berbagai macam kendala yang muncul saat hamil tidak boleh dihadapi dengan sembarangan karena justru dapat menimbulkan masalah baru yang lebih berat. Jangan segan segan datang ke dokter untuk mengkonsultasikan kehamilan Anda.

Salah satu tanaman obat yang dapat menyumbangkan beberapa manfaat bagi ibu hamil adalah kencur. Tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu gudangan ini ternyata dapat membantu mengatasi beberapa masalah saat hamil.

manfaat-kencur-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Minum jamu beras kencur saat hamil memang tidak direkomendasikan karena janin masih sensitif. Penjelasannya bisa Anda baca bolehkah ibu hamil minum jamu ?. Adapun memanfaatkan kencur untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti batuk dan sakit tenggorokan masih diperbolehkan sebagaimana memanfaatkan jahe untuk mengatasi masuk angin. Namun demikian, kami tetap menyarankan kepada Anda untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Manfaat Kencur untuk Ibu Hamil


Anda bisa memanfaatkan kencur untuk mengatasi berbagai macam masalah kehamilan seperti batuk, masuk angin, sakit tenggorokan dan lainnya. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang disumbangkan kencur untuk ibu hamil.

1. Kencur dapat meringankan sakit batuk ibu hamil


Ketika batuk menyerang Anda, maka jangan sembarangan minum obat. Kenapa ? karena kalau sampai salah dalam memilih obat maka dapat membahayakan keselamatan janin.

Apabila Anda ingin menyembuhkan batuk dengan obat, sebaiknya gunakan resep dari dokter. Jangan sembarangan minum obat yang dibeli dari toko obat atau apotek.

Anda juga bisa memanfaatkan kencur untuk meringankan batuk, yaitu dengan membuat ramuan terbuat dari kencur dan jahe. Rebus 4 ruas kencur dan 2 ruas jahe lalu minum air rebusannya. Penjelasan lebih lengkap bisa Anda baca obat batuk herbal untuk ibu hamil.

2. Membantu meringankan sakit tenggorokan


Selain dapat menyembuhkan sakit batuk, kencur juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Caranya cukup mudah, silakan kupas kencur dari kulitnya lalu kunyah dan hisap airnya.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan, ibu hamil disarankan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, lemon, buah kiwi, cabe, buah berri dan lain lain.

Sakit tenggorokan memang bukan termasuk keluhan kehamilan berbahaya namun kalau dibiarkan begitu saja maka bisa mengganggu kenyamanan dalam menjalani kehamilan.

3. Mengatasi masuk angin


Masuk angin memang tidak masuk dalam istilah medis, namun istilah masuk angin sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Biasanya masuk angin itu ditandai dengan perut kembung, tubuh terasa kaku - kaku dan sakit kepala.

Orang desa biasa mengatasi masuk angin dengan kerokan, padahal sebenarnya kerokan itu tidak direkomendasikan oleh ahli kesehatan. Kalau untuk ibu hamil, kerokan itu boleh atau tidak sih ? silakan baca kerokan saat hamil, amankah ?

Apabila masuk angin, Anda bisa memanfaatkan kencur dan jahe untuk mengusirnya. Silakan buat wedhang jahe dengan diberi sedikit kencur lalu minum dalam keadaan masih hangat. Biasanya tanpa menunggu waktu yang lama, perut kembung akan segera sembuh.

Itulah manfaat kencur untuk ibu hamil yang dapat kami tulis. Sekian informasi yang dapat kami tulis, semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi para pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top