Manfaat Nasi Jagung bagi Ibu Hamil, Sungguh luar Biasa !!

Manfaat nasi jagung bagi ibu hamil - Nasi jagung memang tidak termasuk makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, namun banyak orang yang suka dengan nasi jagung karena rasanya cukup gurih. Menikmati nasi jagung dengan lauk ikan pindang, bayam rebus, lalap selada dan sambal bawang sungguh membuat selera makan meningkat.

tak hanya rasanya nikmat, ternyata konsumsi nasi jagung dapat menyumbangkan berbagai macam manfaat bagi ibu hamil yang informasinya akan kami sajikan pada kesempatan kali ini.

Biji jagung itu sendiri mengandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil dan janin. Informasi lebih detil mengenai manfaat jagung bisa Anda baca manfaat jagung rebus untuk ibu hamil.

manfaat-nasi-jagung-bagi-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Nasi Jagung bagi Ibu Hamil


Oleh karena memiliki kandungan nutrisi cukup banyak, nasi jagung pun dapat menyumbangkan beberapa manfaat bagi ibu hamil. Adapun manfaat nasi jagung bagi ibu hamil diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Nasi jagung sebagai sumber energi


Kandungan karbohidrat pada jagung tergolong cukup banyak sehingga nasi jagung bisa dijadikan sebagai sumber tenaga. Di awal kehamilan biasanya ibu hamil mengalami mual disertai muntah sampai badan terasa lemas.

Kalau makan nasi putih rasanya semakin membuat mual, Anda bisa mencoba nasi jagung sebagai alternatif sumber energi bagi tubuh Anda. Jangan pernah membiarkan tubuh Anda kekurangan energi agar tidak terjadi masalah kesehatan serius.

2. Melancarkan pencernaan


Jagung mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat dapat membantu melancarkan proses pencernaan ibu hamil. Sembelit yang biasa dialami oleh ibu hamil akan teratasi dengan makanan berserat tinggi. Adapun informasi lebih komplit mengenai makanan yang banyak mengandung serat bisa Anda baca makanan berserat tinggi untuk ibu hamil.

3. Mengurangi kadar kolesterol tubuh


Efek anti-aterogenikemak baik dan lemak baik yang terdapat pada nasi jagung dipercaya oleh sebagian orang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol itu sendiri dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti jantung, stroke, hipertensi (tekanan darah tinggi) dan lain lain.

4. Jagung dapat meningkatkan imunitas ibu hamil


Sistem kekebalan tubuh yang terjaga dengan baik memungkinkan ibu hamil untuk tidak gampang terserang berbagai macam penyakit akibat radikal bebas. Ibu hamil yang sehat tentu berdampak baik pada janin dalam kandungan. Kandungan vitamin A pada nasi jagung dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil sehingga selama kehamilan berlangsung ia tidak mudah kena penyakit. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin A juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

5. Mencegah anemia


Salah satu manfaat nasi jagung bagi ibu hamil adalah mencegah dan mengatasi anemia, pasalnya jagung memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi mampu memproduksi sel darah merah di dalam tubuh ibu hamil sehingga ibu hamil tidak sampai terkena anemia. Ibu hamil yang terkena anemia rentan terkena masalah kehamilan yang cukup serius.

6. Membantu pembentukan tulang pada janin


Nasi jagung mengandung kalsium dan fospor yang dapat membantu proses pembentukan tulang janin serta menjaga kesehatan tulang ibu. Ibu hamil yang kurang mendapat asupan kalsium bisa mengalami pengeroposan tulang atau tulang rapuh.

7. Membantu pembentukan sel syaraf janin


Nasi jagung termasuk makanan yang mengandung asam folat sehingga sangat baik dikonsumsi ibu hamil terutama pada usia kehamilan trimester pertama. Asam folat dibutuhkan oleh janin untuk membantu proses pembentukan sel syaraf otak dan tulang belakang. Kalau sampai kekurangan asam folat, janin bisa mengalami cacat lahir.

Itulah manfaat nasi jagung untuk ibu hamil yang dapat kami tulis. Masih banyak manfaat lain dari hasil olahan jagung yang tidak kami sampaikan pada kesempatan kali ini karena terbatasnya waktu dan ruang. Semoga ulasan singkat pada artikel ini bermanfaat bagi pembaca..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top