Manfaat Terasi Buat Ibu Hamil, Penggemar Sambal Wajib Tahu

Manfaat terasi buat ibu hamil ➧ Bagi Anda yang tidak suka pedas, mungkin wawasan tentang bolehkah ibu hamil makan sambal terasi tidak lah menjadi hal yang mengkhawatirkan. Namun, bagi para penggemar masakan pedas dan aneka olahan sambal, mengetahui boleh dan tidaknya makan sambal terasi seakan menjadi sebuah keharusan. Betapa tidak, sambal terasi adalah salah satu dari sekian banyak olahan sambal yang dapat meningkatkan selera makan bagi para penggemar sambal.

Sambal terasi memang terlihat sangat sederhana, namun tahukah Anda ? ternyata terasi dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi kita karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak.

Terasi terbuat dari bahan udang atau ikan yang diproses dengan fermentasi hingga menghasilkan tekstrur yang lembut namun tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Lantas apa saja khasiat terasi bagi wanita hamil ? silakan lanjut membaca..

manfaat-terasi-buat-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Terasi Buat Ibu Hamil


Oleh karena dibuat dari bahan udang rebon dan atau ikan maka terasi mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Di bawah ini adalah manfaat terasi buat ibu hamil jika dimakan dalam jumlah wajar :

1. Terasi sebagai sumber protein


Udang rebon yang digunakan sebagai bahan baku terasi mengandung protein yang cukup tinggi meski harganya lebih murah daripada udang pada umumnya. Anda bisa melihat dengan jelas kandungan protein terasi pada tulisan di kemasan.

Sebagaimana binatang air lainnya, udang rebon juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Dari 100 gram udang rebon, protein yang dihasilkan bisa mencapai 16 gram. Jumlah ini adalah nilai yang hampir sama dengan kandungan protein pada udang jenis lainnya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa janin dalam kandungan memerlukan protein untuk melancarkan proses pertumbuhannya. Apabila ibu hamil kurang mendapat asupan protein maka janin tidak dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Kandungan protein pada usang tergolong protein yang sangat baik karena mengandung asam amino esensial. Protein tidak hanya bermanfaat bagi janin tapi sangat besar perannya dalam menjaga kesehatan ibu hamil.

Apabila ibu hamil kurang mendapat asupan karbohidrat dan kalori maka protein bisa menjadi sumber tenaga bagi ibu hamil. Biasanya ibu hamil kurang mendapat asupan karbohidrat pada saat masih mengalami mual dan muntah.

2. Sebagai penyumbang kalsium


Kalsium yang disumbangkan oleh udang rebon tergolong sangat tinggi, yaitu sekitar 2.306 mg per 100 gram udang rebon kering. Sebagaimana telah kami sampaikan di atas bahwa bahan baku pembuatan terasi adalah udang rebon, maka terasi berbahan udang pun dapat menyumbangkan kalsium yang cukup banyak.

Kalsium termasuk zat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu pembentukan tulang dang gigi janin serta mencegah pengeroposan tulang ibu. Ibu hamil yang kurang mendapat asupan kalsium sangat rentan terkena masalah kesehatan tulang.

Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, Anda perlu mengkonsumsi aneka macam makanan berkalsium tinggi, salah satunya udang. Susu adalah sumber kalsium yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Kalau Anda tidak suka susu, silakan baca kalsium untuk ibu hamil selain susu.

Kalsium tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, tetapi kalsium juga dapat menekan peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh ibu hamil, sedangkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah kehamilan serius.

3. Sebagai sumber zat besi


tak hanya kaya protein dan kalsium, bahan baku terasi (udang rebon) ternyata juga mengandung zat besi. Kandungan zat besi pada 10 gram udang rebon kering bisa mencapai 21 mg.

Zat besi dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah anemia, sedangkan anemia pada ibu hamil dapat menyebabkan berbagai macam masalah kehamilan seperti badan lemas, lelah, letih dan mudah pingsan.

Biasanya dokter memberikan suplemen zat besi kepada ibu hamil guna mencegah anemia. Tak cukup dengan makan terasi, Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi harian melalui makanan sehat tinggi zat besi seperti bayam, daun singkong dan lainnya. Selengkapnya bisa Anda bacamakanan penambah darah ibu hamil.

Walaupun banyak menyumbangkan manfaat namun Anda tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi sambal terasi karena makan sambal terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan yang merugikan.

Demikian info terkait manfaat terasi buat ibu hamil. Apabila Anda merasa ragu, silakan kosultasi ke dokter sebelum benar benar memutuskan untuk menikmati lezatnya sambal terasi. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top