Menu Makanan Ibu Hamil Trimester 1 Anjuran Ahli

Hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun menu makanan ibu hamil trimester 1 adalah makanan yang berkualitas, mengandung nutrisi lengkap yang bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil serta dapat membantu proses tumbuh kembang janin. Selain memperhatikan kandungan nutrisi, menu makanan ibu hamil perlu dibuat bervariasi agar tidak membosankan.

Sebelum lanjut membaca artikel ini, alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu beberapa makanan yang bagus buat ibu hamil pada artikel berjudul contoh makanan bergizi untuk ibu hamil.

Selanjutnya, perlu kami sampaikan bahwa selama menjalani kehamilan, asupan nutrisi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil guna menjaga kesehatan tubuh dan membantu proses perkembangan janin. Terkait menu makanan apa saja yang baik ketika usia kehamilan muda, silakan simak penjelasannya pada artikel ini.

menu-makanan-ibu-hamil-trimester-1
image from pixabay

Menu Makanan Ibu Hamil Trimester 1


Seiring dengan perkembangan zaman, menu makan yang disajikan oleh setiap keluarga menjadi sangat banyak variasinya. Mulai dari makanan yang terbuat dari bahan sederhana hingga makanan mewah dan istimewa lengkap tersedia di meja makan.

Namun, tahukah Anda bahwa makanan enak belum tentu mengandung nutrisi yang lengkap ? untuk itu, kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan ulasan singkat mengenai menu makanan ibu hamil trimester 1 (tiga bulan pertama). Adapun jensi makanan yang sangat bagus untuk kehamilan muda antara lain adalah sebagai berikut :

1. Makan buah segar sangat bagus bagi ibu hamil


Buah segar adalah makanan yang diperkaya dengan vitamin dan mineral sehingga sangat bagus bagi ibu hamil muda. Vitamin dan mineral itu sendiri sangat berperan besar dalam membantu proses tumbuh kembang janin, baik perkembangan organ dalam maupun organ luar janin.

Selain dapat membantu proses perkembangan janin, buah segar juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil sehingga tidak gampang terkena serangan penyakit.

Tak hanya itu, beberapa macam buah juga bermanfaat bagi ibu hamil untuk membantu mengurangi mual dan muntah (morning sickness) di usia kehamilan trimester pertama serta membantu mengatasi sembelit.

Aneka macam buah buahan segar yang bagus untuk ibu hamil muda antara lain adalah buah alpukat, jeruk, apel,jambu biji, buah kurma, mangga, buah naga, tomat, melon dan lain lain.

Dalam penyajian, Anda bisa mengkonsumsi buah segar dengan cara dijus atau langsung dimakan begitu saja. Agar tidak bosan silakan konsumsi buah segar dengan bergantian. Sebelum dimakan, hendaknya buah buahan dicuci dulu hingga bersih untuk menghindari kemungkinan buruk yang diakibatkan oleh kuman.

2. Sayuran


Selain buah segar, sayur mayur juga termasuk makanan sumber mineral dan vitamin yang sangat baik bagi ibu hamil trimester pertama. Sayuran hijau yang mengandung zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu proses pembentukan sel darah merah sehingga ibu hamil dapat terhindar dari anemia (kurang darah).

Sebagaimana buah segar, mengkonsumsi sayur mayur juga dapat meminimalisir mual dan muntah pada awal kehamilan. Sayuran berserat tinggi juga dapat membantu mengatasi masalah susah BAB pada ibu hamil muda. Adapun sayuran yang dianjurkan untuk ibu hamil antara lain adalah sayur brokoli, daun singkong, bayam, kol, wortel, kentang dan lain lain.

3. Sareal


Sareal bisa dijadikan sebagai menu makanan ibu hamil trimester 1 karena sareal dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Ibu hamil yang mengalami mual berat biasanya sulit menerima makanan berupa nas, roti dan lainnya.

untuk itu, ibu hamil bisa memanfaatkan sareal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sareal termasuk jenis makanan bernutrisi tinggi yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janin. Beberapa nutrisi penting yang terdapat di dalam sareal antara lain adalah kalsium, vitamin B, karbohidrat, mineral dan lain lain.

4. Aneka macam jenis kacang


Kacang adalah sumber protein nabati yang sangat cocok bagi ibu hamil trimester pertama. Aneka macam jenis kacang banyak mengandung lemak tak jenuh sehingga dapat menjadi sumber energi bagi ibu hamil.

Protein yang ada pada kacang bermanfaat untuk membantu proses pembentukan sel janin dan memperbaiki sel yang rusak. Tak hanya mengandung protein, kacang kacangan juga mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk membantu proses perkembangan sistem syaraf dan pembentukan jaringan tulang belakang janin.

adapun jenis kacang yang baik untuk ibu hamil trimester pertama antara lain adalah kacang kedelai, kacang almond, kacang polong, kacang kenari, kacang tanah, kacang hijau, kacang merah dan kacang mete. Penyajian aneka macam kacang ini bisa dilakukan dengan cara dibuat sayur, dibuat bubur atau dibuat cemilan mudah dan sehat untuk ibu hamil.

5. Susu


Pada usia kehamilan muda, hendaknya ibu hamil tidak meninggalkan minum susu karena susu itu memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap seperti karbohidrat, lemak, kalsium, protein dan lain lain. Dalam memilih susu kehamilan hendaknya pilih susu sesuai selera dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Sebagai referensi, silakan baca artikel berjudul susu terbaik untuk ibu hamil 1-3 bulan.

6. Cukupi kebutuhan cairan


Selama kehamilan berlangsung hendaknya ibu hamil mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih paling tidak 8 gelas per hari. Air dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu melancarkan metabolisme, meningkatkan imunitas dan melancarkan pencernaan. Selama hamil sebaiknya hindari minum minuman keras dan minuman bersoda.

Demikian pembahasan terkait menu makanan ibu hamil trimester 1 pada kesempatan kali ini. Semoga tulisan singkat ini dapat menyumbangkan manfaat bagi pembaca. Amiin

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top