Perkembangan dan Perawatan Janin 2 Bulan dalam Kandungan

Perkembangan dan perawatan janin 2 bulan - Pengetahuan tentang cara merawat kehamilan harus diketahui sejak dini mengingat janin dalam kandungan sangat butuh perawatan. Selain melakukan perawatan, tak ada salahnya jika ibu hamil mengenali perkembangan janin yang ada di dalam rahimnya. Dengan demikian, jika sampai terjadi janin 2 bulan tidak berkembang maka akan segera terdeteksi.

Untuk informasi mengenai apa saja tanpa janin yang tidak berkembang (meninggal dunia), silakan Anda baca artikel yang telah kami tulis beberapa waktu lalu dengan judul tanda tanda janin tidak berkembang.

Pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan sedikit informasi mengenai perkembangan janin di usia muda (trimester pertama) wabil khusus di usia 2 bulan serta cara sederhana untuk perawatan kehamilan muda. Silakan simak sampai selesai agar informasi yang Anda dapatkan lebih lengkap.

perkembangan-dan-perawatan-janin-2-bulan
image from pixabay

Perkembangan Janin 2 Bulan dalam Kandungan


Wanita hamil sudah sepantasnya mengetahui perkembangan sang buah hati yang ada di rahimnya. Ibu hamil hendaknya lebih perhatian kepada kehamilan, jangan malah cuek bahkan terlalu cuek. Dengan demikian, ibu hamil akan mengetahui perkembangan janinnya berjalan dengan baik dan normal atau tidak. Janin dikatakan tidak berkembang dengan baik apabila sudah usia 2 bulan tapi belum ada peningkatan sama sekali, masih seperti usia 1 bulan. Adapun perkembangan janin 2 bulan dalam kandungan adalah sebagai berikut :

  • Embrio semakin membesar, tadinya hanya sebesar kacang hijau kini sudah menjadi lebih besar. Janin 2 bulan sebesar apa ? kira kira berukuran 25 mm hingga 30mm
  • Di usia ini, bentuk kepala janin mulai membulat dengan wajah polos
  • Wajah embrio ini sudah mempunyai dahi yang agak tertarik dan juga mempunyai pangkal hidung yang tertarik ke dalam
  • Bagian kaki dan lengan sudah terbagi, yaitu mempunyai satu kaki dan satu lengan lengkap dengan bagian bagiannya
  • Telinga bagian luar sudah terbentuk, begitu pula bagian mata juga sudah terbentuk
  • Perkembangan janin 2 bulan sudah sampai pada pembentukan organ reproduksi
  • Tulang dan kartilago sudah terbentuk
  • Syaraf otak mulai terbentuk meski belum sempurna
  • Jantung sudah berdetak dengan irama teratur
  • USG janin 2 bulan sudah menunjukkan pergerakan embrio, namun masih sangat lemah dan belum teratur
  • Rongga dada dan perut sudah terbentuk
  • Otot mata sudah terbentuk
  • Bibir atas juga mulai terbentuk meski belum sempurna
  • Beberapa jaringan tubuh sudah terbentuk seperti jaringan kulit, jaringan kelenjar, jaringan keringat dan jaringan minyak
  • Organ dalam sudah mulai terbentuk

Perubahan Ibu Hamil 2 Bulan


Seiring bertambahnya usia kehamilan tentu ibu hamil mengalami banyak perubahan pada tubuhnya. Perubahan tersebut tidak hanya pada psikis, namun ibu hamil juga mengalami perubahan fisik. Perubahan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • P@yud@r@ menjadi lebih besar dan sensitif disertai dengan put!ng yang ikut membesar pula
  • Selain membesar, p@yud@r@ juga menjadi lebih lembut dan sensitif terhadap sentuhan, bahkan hanya karena tersentuh kain br@
  • bentuk perut ibu hamil 2 bulan masih belum terlihat ada perubahan yang mencolok
  • Ibu hamil merasa lelah meski tidak habis melakukan aktivitas berat
  • Jalan lahir menjadi sangat sensitif
  • Badan terasa lemas tak bertenaga
  • Mengalami gangguan kehamilan seperti nyeri saat BAK
  • Dan lain lain

Perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil usia 2 bulan telah kami tulis lebih rinci pada post sebelum ini. Silakan simak pembahasannya pada ciri2 hamil 2 bulan yang sehat.

Perawatan Janin 2 Bulan


Pada usia kehamilan 2 bulan, bunda masih mengalami berbagai macam keluhan kehamilan seperti morning sickness, lelah, pusing dan lain lain. Agar kehamilan dapat dijalani dengan nyaman dan tidak banyak keluhan maka perlu perawatan yang tepat. Berikut ini adalah tips sederhana untuk perawatan ibu hamil 2 bulan.

1. Jaga asupan makan agar janin sehat


Langkah paling tepat untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat adalah dengan menjaga asupan makan tiap hari. Sudah sepantasnya ibu hamil memberi asupan gizi cukup pada tubuhnya agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Kedengarannya memang mudah, namun bagi ibu hamil 2 bulan butuh perjuangan.

Betapa tidak, pada saat itu ibu hamil masih sering mual dan muntah sehingga asupan makan sering kali tidak dapat dicerna dengan sempurna, bahkan belum sampai masuk perut sudah dimuntahkan. Morning sickness adalah keluhan kehamilan wajar, namun perlu segera diatasi agar ibu hamil tidak kekurangan asupan gizi.

Adapun nutrisi yang sangat diperlukan pada usia kehamilan trimester pertama adalah segala macam makanan sehat ibu hamil 2 bulan yang banyak mengandung nutrisi penting seperti zat tenaga, zat pembangun, zat pengatur (vitamin) dan zat besi.

2. Mengatasi mual


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa keluhan kehamilan yang hampir dialami oleh semua ibu hamil adalah morning sickness (mual muntah). Jika keluhan ini tidak diatasi maka dapat menyebabkan ibu hamil kekurangan asupan nutrisi. Untuk itu, lakukan cara aman untuk meringankan mual dan muntah seperti minum wedhang jahe hangat, makan pisang dan lain lain.

Lantas, bagaimana bagi ibu hamil yang tidak mual sama sekali ? apakah keadaan itu berbahaya ? atau justru malah menguntungkan ? Silakan simak pembahasannya pada hamil muda tidak mual sama sekali, normalkah ?

3. Mengatur porsi makan


Oleh karena masih sering mual, maka ibu hamil harus mengatur porsi makan setiap hari. Porsi makan yang dianjurkan bagi ibu hamil 2 bulan adalah sedikit tapi sering.  Dengan porsi makan seperti ini, rasa mual dan ingin muntah lebih dapat dinetralisiar daripada makan dengan porsi banyak dan atau jumbo.

4. Cukupi kebutuhan cairan


Kebutuhan cairan ibu hamil mengalami peningkatan daripada sebelum hamil maka mau tidak mau bunda harus berusaha mencukupinya. Minum air putih 8 gelas per hari adalah langkah tepat bagi ibu hamil untuk mencukupi caiaran tubuh. Dehidrasi (kekurangan cairan) saat hamil bisa menyebabkan berbagai macam masalah kehamilan yang menakutkan.

5. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dan asam folat


Untuk mencegah anemia (kurang darah) maka ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti bayam, daun singkong dan lain lain. Selain itu, biasanya dokter memberikan suplemen zat besi kepada ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan akan zat besi. Selain zat besi, ibu hamil perlu banyak mendapatkan asupan asam folat guna membantu proses perkembangan jaringan tubuh janin. Asam folat bisa dijumpai pada aneka makanan sehat seperti buah alpukat, buah pisang dan lain lain.

Selain melakukan beberapa perawatan di atas, pada usia kehamilan dua bulan ibu hamil perlu berhati hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Segala macam makanan yang dapat menimbulkan masalah kehamilan sebaiknya dihindari dulu. Pembahasan tentang makanan yang dilarang untuk ibu hamil 2 bulan bisa Anda baca pada pantangan ibu hamil 2 bulan.

Demikian info terkait perkembangan dan perawatan janin 2 bulan dalam kandungan yang dapat kami tulis. Semoga apa yang kami sampaikan pada artikel ini dapat menambah wawasan dalam merawat kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top