Kenapa perut ibu hamil kadang besar kadang kecil ? Normalkah ?

Perut ibu hamil kadang besar kadang kecil, kenapa ya ?? Mungkin saat ini Anda sedang risau karena menjumpai keadaan yang kurang sreg di hati. Memang hati risau kerap muncul di hati ibu hamil, terutama mereka yang baru pertama kali hamil. Sudah sepantasnya ibu hamil memperhatikan kehamilannya guna mencegah hal yang tak diinginkan. Kalau ada sesuatu yang tak wajar, hati menjadi galau.

Salah satu keadaan yang membuat hati tak tenang adalah bentuk perut ibu hamil yang berubah ubah, kadang kecil kadang besar. Hal yang membuat ragu adalah, normalkah keadaan itu ?

Untuk itu, silakan simak ulasan singkat yang kami tulis pada artikel ini karena www.tandalagihamil.com akan membahas tentang masalah tersebut. Hendaknya anda baca artikel ini sampai selesai agar informasi yang didapat tidak sepotong sepotong.

perut-ibu-hamil-kadang-besar-kadang-kecil
image from pixabay

Perut Ibu Hamil Kadang besar Kadang Kecil


Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, bentuk perut ibu hamil akan semakin membesar karena janin dalam kandungan menjadi semakin besar pula. Usia kehamilan akan berbanding lurus dengan tinggi puncak rahim. Adapun pada usia kehamilan 18 minggu ke atas, rahim akan terasa lebih bawah sedikit di bawah pusar.

Bentuk perut ibu hamil itu sendiri berbeda beda, ada yang terlihat sangat besar, ada yang sedang dan ada yang terlihat kecil bahkan tak banyak orang yang tahu kalau ia sedang hamil. Ini adalah keadaan yang wajar, Anda tidak perlu khawatir kecuali ada keluhan yang menyertainya.

Terkait dengan bentuk perut ibu hamil yang kadang besar kadang kecil kemungkinan itu terjadi karena adanya pergerakan janin. Perlu Anda ketahui bahwa janin dalam rahim itu bisa bergerak bebas dengan bantuan air ketuban. Janin dapat melakukan gerakan menendang, menggerakkan tangan, dan menggerakkan kepala.

Kondisi inilah yang membuat perut ibu hamil terkadang terlihat besar dan kadang terlihat kecil. Apabila Anda mengalami keadaan ini tanpa dibarengi keluhan lain yang seperti pendarahan hebat, kram perut dan lainnya maka Anda tak perlu khawatir karena ini adalah kondisi yang wajar dialami ibu hamil.

Namun demikian, jika perubahan perut ini disertai degan keluhan lain hendaknya Anda konsultasi ke bidan atau dokter untuk mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan keadaan itu. Adapun hal yang perlu diperhatikan untuk menyikapi bentuk perut ibu hamil berubah ubah adalah sebagai berikut :

1. Apakah perubahan perut ibu hamil disertai keluhan lain


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa kondisi dimana perut ibu hamil kadang besar kadang kecil adalah hal yang wajar. Namun, kondisi ini tak selamanya normal terutama kalau disertai dengan keluhan lain. Perubahan bentuk perut yang dibarengi dengan kram perut hebat perlu Anda waspadai sebab kram hebat bisa saja menjadi pertanda bahaya kehamilan.

2. Perhatikan gerakan janin


Bentuk perut berubah ubah umumnya terjadi karena pergerakan janin di dalam rahim. Untuk itu, coba perhatikan gerakan janin, apakah bergerak dengan normal seperti biasa atau tidak bergerak sama sekali. Apabila janin bergerak wajar, Anda tak perlu takut tapi kalau Anda sama sekali tidak merasakan gerakan janin maka perlu waspada.

3. Detak jantung janin normal


Pemeriksaan kehamilan hendaknya dilakukan secara rutin paling tidak satu bulan sekali ke dokter atau bidan. Pada saat pemeriksaan, dokter atau bidan mendengarkan detak jantung janin dengan bantuan alat. Apabila detak jantung janin Anda normal maka Anda tak perlu khawatir jika bentuk perut kadang berubah ubah, mungkin saja itu terjadi karena gerakan janin.

4. Bobot badan ibu normal


Dalam menjalani kehamilan, wajar bila bobot badan ibu hamil mengalami peningkatan, hal ini dikarenakan ada kehidupan baru di dalam rahimnya. Di sisi lain, ibu hamil perlu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup guna menopang tumbuh kembang janin. Apabila perubahan perut ibu hamil seiring dengan peningkatan bobot badan yang wajar maka jangan takut, namun bisa bobot badan malah turun drastis maka coba periksakan kehamilan Anda.

Demikian info terkait perut ibu hamil kadang besar kadang kecil. Hal sepele kadang membuat kita menyesal, maka segera periksakan kehamilan apabila hati Anda merasa kurang yakin dengan kesehatan kehamilan Anda. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top