Perut Kencang saat Hamil, Begini Cara Mengatasinya

Perut kencang saat hamil banyak terjadi pada saat usia kehamilan telah memasuki usia trimester ketiga. Sebagian orang beranggapan kalau keluhan ini adalah tanda bahaya kehamilan yang harus segera ditangani dengan serius, padahal sebenarnya kondisi ini umum terjadi pada ibu hamil. Perlu kencang bisa dikatakan sebagai tanda bahaya kehamilan apabila dibarengi dengan gejala lain yang tidak wajar seperti kram perut hebat dan pendarahan dalam jumlah banyak.

Apabila Anda merasa khawatir dengan kondisi ini, silakan segera datang ke dokter terdekat untuk mendapatkan informasi tentang penyebab perut kencang tersebut.

Segera datang kepada tenaga medis adalah langkah paling tepat yang bisa anda lakukan ketika menjumpai kejanggalan pada kondisi kehamilan. Namun demikian kalau Anda merasa yakin kalau kondisi yang sedang Anda alami adalah hal wajar yang tidak membahayakan, andaikan tidak datang ke dokter ya tidak apa apa.

perut-kencang-saat-hamil
image from pixabay

Perut Kencang saat Hamil


Kondisi perut ibu hamil memang tidak menentu, kadang kencang kadang kendur, kadang besar kadang kecil, kadang terlihat ada gerakan janin kadang tidak. Apabila perut Anda sering terlihat besar kadang kecil dan keadaan itu membuat hati cemas, silakan baca pembahasan pada artikel berjudul perut ibu hamil kadang besar kadang kecil.

Terkait dengan perut kencang yang dialami oleh ibu hamil, sebenarnya itu adalah hal yang wajar terjadi, namun alangkah baiknya apabila Anda segera datang ke dokter untuk memastikan bahwa keadaan Anda baik baik saja.

Perut kencang sering kali terjadi pada ibu hamil trimester ketiga, namun ada juga yang sudah mengalaminya pada akhir trimester kedua. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan perut kencang saat hamil, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Gerakan janin dalam kandungan
  • Ibu hamil sedang mengalami kram perut
  • Adanya kemungkinan ibu hamil sedang mengandung bayi kembar
  • Aktivitas harian yang terlalu berat
  • Kontraksi palsu
  • Kandungan turun
  • Dan lain lain

Keadaan ini sungguh mengganggu kenyamanan ibu hamil karena umumnya disertai kram perut yang terjadi agak lama sekitar 10 hingga 20 menit. Untuk itu, perlu kiranya Anda atasi keluhan ini dengan cara sederhana yang terbukti manjur, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Atasi perut kencang dengan mandi air hangat


Mandi air hangat terlalu sering memang tidak dianjurkan bagi ibu hamil, namun bila diperlukan sesekali mandi air hangat ya diperbolehkan. Mandi air hangat di sore hari berkhasiat untuk mengendurkan otot rahim yang tegang. Dengan demikian, perut kencang dan kram perut bisa lebih diminimalisir dengan cara ini.

2. Olesi perut dengan lotion


Untuk mengatasi perut kencang saat hamil, Anda bisa menggunakan lotion untuk mengolesi perut. Caranya adalah dengan mengoleskan lotion ke perut dengan pelan dan lembut. Hal penting yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil sebelum melakukan langkah ini adalah memilih lotiaon yang aman, misalnya minyak zaitun. Untuk melakukan cara ini, boleh dilakukan sendiri atau minta bantuan orang lain.

3. Tidur dengan posisi yang tepat


Perut kencang saat hamil memang sangat mengganggu kenyamanan, apalagi kalau kram perut yang menyertainya tak kunjung hilang. Memilih posisi tidur yang pas adalah salah satu cara yang bisa anda terapkan untuk mencegah dan mengatasi masalah ini. Adapun posisi tidur yang pas bisa Anda kira kira sendiri yang paling nyaman menurut Anda, sebagai referensi silakan baca posisi tidur yang baik saat hamil 7 bulan.

4. Jangan angkat beban berat


Mengangkat beban terlalu berat dapat memicu perut kencang dan masalah kehamilan lainnya. Seandainya aktivitas harian Anda sering mengangkat beban, sebaiknya hindari beban berat. Jangan sampai nyawa janin terancam karena kita salah dalam mengambil sikap. Mintalah bantuan orang lain untuk mengangkat beban berat demi menjaga kehamilan tetap sehat.

5. Hindari duduk terlalu lama


Duduk terlalu lama atau berdiri terlalu lama juga dapat menyebabkan perut kencang, maka sebaiknya ibu hamil kalau duduk dan berdiri jangan dilakukan terlalu lama. Andaikan aktivitas Anda sehari hari adalah duduk, maka luangkan waktu barang sebentar untuk berdiri dan jalan jalan ringan paling tidak setiap 1 jam sekali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara mengatasi perut kencang saat hamil. Semoga apa yang kami sampaikan dalam artikel ini dapat membantu Anda dalam menjaga dan merawat kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top