Petai Cina untuk Ibu Hamil, Ini Loh Manfaatnya..

Petai cina untuk ibu hamil ➧ Petai cina atau lamtoro adalah bahan masakan yang saat digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Petai cina dapat diolah menjadi berbagai macam bahan makanan seperti tempe mlanding, botok lamtoro, oblok - oblok dan bisa juga dibuat untuk lalapan. Banyak orang yang suka makan petai cina tak terkecuali ibu hamil, namun terkadang ibu hamil merasa was was terkait aman dan tidaknya petai cina bagi janin.

Perlu Anda ketahui bahwa petai cina adalah makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi, maka ibu hamil boleh mengkonsumsinya dengan syarat dimasak dengan cara yang benar dan tidak terlalu berlebihan.

Apabila petai cina boleh dimakan ibu hamil, lantas apa ada manfaat yang bisa didapat dengan makan petai cina. Untuk lebih jelasnya silakan simak pembahasannya pada artikel ini hingga selesai.

manfaat-petai-cina-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Petai Cina untuk Ibu Hamil


Bagi orang yang sudah terbiasa mengkonsumsi makanan ala perkotaan, mungkin lamtoro atau petai cina kurang begitu masuk di angan angan. Akan tetapi bagi masyarakat yang biasa hidup sederhana dengan menu makan sederhana, mungkin petai cina dimasukkan jadwal menu masakan harian.

Jangan menganggap remeh pada bahan masakan berbau menyengat ini, karena ada banyak manfaat yang bisa disumbangkan olehnya. Di bawah ini adalah beberapa manfaat petai cina untuk ibu hamil.

1. Petai cina membantu menstabilkan tekanan darah


Tekanan darah tinggi adalah keluhan kesehatan yang sangat ditakuti oleh ibu hamil, pasalnya tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menyebabkan komplikasi kehamilan yang bisa mengancam keselamatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

Apabila Anda mempunyai riwayat tekanan darah tinggi maka segera lakukan langkah tepat untuk menurunkan tekanan darah, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makan yang dapat menstabikan tekanan darah, termasuk petai cina.

Selain mengkonsumsi jenis makanan tertentu, Anda juga harus melakukan beberapa tips sederhana yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Pembahasan selengkapnya bisa Anda baca cara menurunkan tekanan darah tinggi ibu hamil.

2. Anti stress


Pikiran stress yang dialami oleh ibu hamil dapat menyebabkan berbagai macam keluhan kehamilan serius. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan stress saat hamil, maka segera saja pupus penyebab stress itu dengan cara anda sendiri.

Selain dengan melakukan tindakan, pikiran stress dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium karena kalium dapat membantu melancarkan pengiriman oksigen ke otak. Kandungan kalium pada petai cina berkhasiat untuk ibu hamil sebagai anti stress, maka jangan disia - siakan.

Pikiran stress bukan masalah yang sepele karena keadaan ini bisa memicu berbagai macam maslaah kesehatan lainnya. Untuk lebih jelasnya silakan baca akibat stress pada ibu hamil dan janin.

3. Mencegah sembelit


Sembelit (susah BAB) adalah keluhan yang banyak dialami oleh ibu hamil mulai dari usia kehamilan muda hingga jelang persalinan. Salah satu caa yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Di sini lah petai cina hadir dengan kandungan serat yang cukup tinggi.

Sembelit adalah hal yang lumrah bagi ibu hamil, namun bukan berarti harus dibiarkan saja karena kondisi ini cukup mengganggu kenyamanan. Konsumsi obat sembelit sebaiknya tidak Anda lakukan kecuali atas resep dokter. Cobalah untuk melakukan langkah sederhana dalam mengatasi sembelit sesuai dengan petunjuk pada artikel berjudul cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil.

4. Mencegah anemia


Selain kaya serat, petai cina atau lamtoro juga mengandung zat besi yang memungkinkan ibu hamil terhindar dari anemia (kurang darah). Anemia adalah keluhan kesehatan yang banyak dijumpai pada ibu hamil. Anemia dapat menyebabkan kelelahan dan pingsan pada ibu hamil. Jika ibu hamil dibiarkan mengalami anemia maka kehamilan akan dijalani dengan berat dan susah payah.

Untuk itu, cukupi kebutuhan zat besi agar ibu hamil tidak kurang darah. Bagaimana caranya ? yaitu dengan mengkonsumsi makanan kaya zat besi seperti daun singkong, bayam, petai cina dan lainnya.

5. Menurunkan kadar gula darah


Kelebihan kadar gula darah dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit berbahaya, maka para penderita diabetes perlu penanganan dan perawatan secara berkesinambungan. Petai cina dapat Anda jadikan sebagai alternatif makanan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Demikian informasi terkait manfaat petai cina untuk ibu hamil. Menjaga pola makan sehat adalah pekerjaan yang ringan namun banyak yang tidak mampu melakukannya. Maka dari itu, Anda harus sabar dan menguatkan diri untuk tetap menerapkan pola makan sehat agar kehamilan berjalan dengan lancar tanpa banyak kendala.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top