Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 2 dan Penanganannya

Tanda bahaya kehamilan trimester 2 perlu diketahui oleh setiap pasangan suami istri guna mendeteksi dini apabila sewaktu waktu kehamilan mengalami masalah serius. Dengan mengetahui tanda bahaya kehamilan, pasangan suami istri akan segera melakukan perawatan tepat terhadap masalah kehamilan yang mereka alami sehingga janin dalam kandungan dapat terselamatkan.

Bagi pasangan suami istri yang baru pertama mendapatkan kehamilan, alangkah baiknya aktif dalam mencari informasi seputar perawatan kehamilan baik dari media online maupun offline.

Pada usia kehamilan trimester kedua, ibu hamil sudah mulai bisa beradaptasi dengan kehamilannya. Beberapa gejala kehamilan yang cukup mengganggu kenyamanan sudah mulai hilang seperti mual muntah, kelelahan dan lain lain.

tanda-bahaya-kehamilan-trimester-2
image from pixabay

Tanda Bahaya Kehamilan Trimeter 2


Meski gejala awal kehamilan telah mulai hilang namun tidak menutup kemungkinan masih ada keluhan kehamilan yang muncul silih berganti. Dari beberapa keluhan kehamilan yang muncul pada usia kehamilan trimester kedua, ada yang normal dan ada yang berbahaya. Berikut ini adalah tanda bahaya kehamilan pada usia trimester kedua.

1. Air ketuban bocor sebagai tanda bahaya


Air ketuban yang keluar melalui jalan lahir pada usia kehamilan trimester 2 dapat dikategorikan sebagai tanda bahaya, pasalnya air ketuban sangat dibutuhkan oleh janin untuk bertahan hidup di dalam rahim.

Apabila selaput ketuban telah bocor dan air ketuban habis maka janin akan mati dan terjadi lah keguguran. Wajarnya, air ketuban akan keluar beberapa saat jelang proses persalinan. Apabila pada usia ini, air ketuban telah keluar maka lakukan langkah penangan dengan cepat dan tepat, diantaranya adalah :

  • Periksa kehamilan degan bantuan alat USG
  • Konsultasi ke dokter spesialis kandungan
  • Dokter akan memberikan resep obat
  • Istirahat total
  • Jangan melakukan aktivitas berat

Apabila kebocoran air ketuban ini belum begitu parah biasanya janin dapat tertolong dan lahir dengan selamat setelah tiba waktunya lahir. Namun kalau kebocoran air ketuban sudah terlalu parah, perlu perjuangan luar biasa untuk menyelamatkan kehamilan.

2. Pendarahan hebat


Pendarahan hebat termasuk salah satu dari beberapa tanda bahaya kehamilan trimester kedua yang perlu Anda waspadai. Pendarahan normal umumnya terjadi pada usia kehamilan awal, yaitu karena proses implantasi. Info detil tentang bercak darah normal dan tak normal bisa Anda baca bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?

Apabila pada usia trimester kedua ibu hamil mengalami pendarahan yang begitu hebat, ini adalah sebuah pertanda tidak wajar. Silakan segera datang ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan penyebab dari masalah ini. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan petunjuk medis.

3. Mual dan muntah disertai pusing hebat


Mual dan muntah, normalnya terjadi pada usia kehamilan trimester pertama akibat perubahan hormon. Mual disertai muntah pada trimester pertama adalah hal yang wajar dan hampir dialami oleh semua ibu hamil.

Namun demikian, jika ternyata pada usia kehamilan trimester kedua kok masih mual dan muntah, apalagi disertai dengan pusing yang teramat sangat maka ini adalah sebuah pertanda kehamilan tak normal. Untuk mengatasi masalah ini, silakan langsung diserahkan pada tenaga medis. Silakan datang ke dokter untuk diperiksa apa penyebab masalah ini sehingga penanganan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

4. Janin tidak bergerak


Pada usia trimester kedua, janin sudah banyak melakukan gerakan gerakan. Perkembangan janin di usia kehamilan trimester 2 sangat lah cepat, bahkan janin sudah bisa diajak komunikasi. Terkait perkembangan janin di usia trimester kedua silakan baca perkembangan janin usia kandungan 5 bulan.

Apabila di usia ini, Anda tidak menjumpai gerakan janin dalam waktu yang terlalu lama maka bisa jadi ini adalah pertanda masalah kehamilan serius. Segera konsultasikan kehamilan Anda pada dokter atau bidan terdekat.

Tanda bahaya kehamilan trimester 2 hendaknya segera ditanggapi dengan cepat dan segera ditangani secara tepat, tentunya oleh orang yang ahli di bidangnya, yaitu dokter. Jangan menunda untuk menangani segala masalah kehamilan yang muncul karena penyesalan akan hadir di belakang bukan di depan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top