Tips Menghindari Kehamilan Kosong, Bunda WajibTahu

Tips menghindari kehamilan kosong ➧ Blighted ovum (BO) atau hamil kosong adalah satu keadaan kehamilan seseorang dimana sel telur yang telah dibuahi berhasil tertanam di dalam rahim perempuan namun tidak dapat berkembang. Bersamaan dengan itu, kantung kehamilan juga terbentuk dan bisa terus berkembang sehingga tanda kehamilan kosong sangat mirip dengan gejala awal kehamilan normal.

Dalam kasus ini, ibu hamil juga mengalami terlambat datang bulan, mual disertai muntah, kepala pusing, perut semakin membuncit dan lainnya karena memang kantung ketuban dapat berkembang, bahkan hasil tes kehamilan pun menunjukkan positif hamil, meski sebagian ada yang menunjukkan negatif.

Kehamilan kosong dapat terdeteksi oleh dokter dengan bantuan alat USG. Apabila hasil diagnosis dokter telah menunjukkan hamil kosong (BO) maka langkah yang dapat dilakukan adalah membersihkan rahim dari hasil konsepsi dengan cara kuretase.

tips-menghindari-kehamilan-kosong
image from pixabay

Tips Menghindari Kehamilan Kosong


Hasil kuret akan diperiksa oleh dokter memastikan penyebab blighted ovum tersebut sehingga dokter dapat memberikan saran terbaik untuk mencegah terjadinya hamil kosong berulang. Silakan baca ulasan terkait penyebab dan cara mengatasi blighted ovum berulang pada artikel berjudul hamil kosong berulang, penyebab dan cara mencegahnya.

Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa penyebab hamil kosong adalah karena infeksi maka bisa dilakukan langkah penanganan blighted ovum pakai obat. Begitu pula kalau kehamilan kosong ini disebabkan karena antibodi yang kurang baik maka bisa dilakukan langkah penanganan hamil kosong dengan imunoterapi.

Penyebab Blighted Ovum (hamil kosong)


Penyebab pasti dari kehamilan kosong memang tidak bisa dipastikan, namun dari beberapa kasus dapat disimpulkan bahwa penyebab blighted ovum ada beberapa hal. Sebagaimana dilansir oleh www.klikdokter.com beberapa hal yang dapat menjadi penyebab hamil kosong, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kelainan kromosom yang terjadi pada proses pembuahan
  • Infeksi berbahaya seperti rubella dan torch
  • Kelainan imunologi
  • ibu hamil terkena penyakit diabetes yang tak tertangani dengan baik
  • Usia ibu hamil yang terlalu tua
  • Menurunnya kualitas $perm@ dan sel telur pasangan suami istri
  • Pembelahan sel janin yang tidak normal

Penyebab hamil kosong akibat kromosom merupakan kelainan bawaan yang sulit untuk dipecahkan. Namun apabila blighted ovum ini disebabkan karena infeksi maka bisa dilakukan langkah penanaganan pakai obat blighted ovum agar nanti ibu dapat hamil lagi secara normal.

Setelah Anda mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan kehamilan kosong, berusahalah untuk menghindari segala hal yang dapat menyebabkan blighted ovum. Dengan begitu diharapkan kehamilan yang sedang Anda jalani adalah kehamilan normal yang sehat dan nyaman.

Tips Menghindari Kehamilan Kosong


Hamil kosong adalah kelainan kehamilan yang sangat ditakuti oleh setiap pasangan suami istri, pasalnya ending dari kelainan ini adalah keguguran. Untuk itu, kita perlu berusaha untuk menghindari blighted ovum dengan melakukan beberapa  langkah. Di bawah ini adalah beberapa tips menghindari kehamilan kosong yang bisa dilakukan oleh pasangan suami istri.

  • Rutin imunisasi ibu sesuai petunjuk dokter guna mencegah infeksi rubella
  • Lakukan program kehamilan sehat
  • Pasangan suami istri hendaknya menerapkan pola hidup sehat, tidak merokok dan minum minuman keras
  • Cek kromosom, terutama bagi ibu hamil yang usianya sudah lebih dari 35 tahun
  • Periksa ke dokter kandungan secara rutin
  • Kontrol gula darah sesuai petunjuk dokter

Dengan menerapkan tips sederhana di atas diharapkan kehamilan Anda berjalan dengan baik dan normal tanpa ada kendala dan kelainan kehamilan yang berarti.

baca juga : bahayakah kehamilan kosong tanpa kuret ?

Tak hanya istri yang berperan besar dalam menerapkan tips untuk mencegah blighted ovum karena sel $perm@ suami pun juga sangat besar pengaruhnya. Untuk itu, sang suami pun harus berusaha keras bersama sang istri untuk mendapatkan kehamilan normal hingga akhirnya sang buah hati yang diharapkan dapat melengkapi kebahagiaan rumah tangga.

Sekian informasi terkait tips menghindari kehamilan kosong yang dapat kami sampaikan. Semoga ulasan singkat di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top