Udang rebon untuk ibu hamil, bermanfaatkah ?

Udang rebon untuk ibu hamil ➧ Aneka macam binatang air yang banyak ditangkap oleh para nelayan adalah bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Udang rebon adalah salah satu dari sekian banyak hasil tangkapan para nelayan. Meski berbeda dengan udang biasa, namun sebenarnya kandungan nutrisi pada udang rebon tak jauh beda dengan udang biasa.

Sebelum lanjut membaca pembahasan ini, alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu artikel yang membahas tentang manfaat udang dengan judul manfaat udang untuk ibu hamil.

Meski ada beberapa orang yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh makan udang namun kenyataannya kandungan nutrisi pada udang dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu  hamil asalkan udang tersebut dimasak dengan cara yang benar dan tidak dicampur dengan bumbu masak yang membahayakan kesehatan janin.

udang-rebon-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Udang Rebon Untuk Ibu Hamil


Kandungan gizi yang terdapat pada udang rebon tergolong sangat lengkap, meliputi vitamin C, vitamin D, mineral, kalsium, zat besi, asam lemak omega 3, omega 6, EPA, DHA dan lain lain. Oleh karena mengandung nutrisi yang lengkap maka ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi udang. Adapun manfaat udang rebon untuk ibu hamil diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Udang dapat meningkatkan perkembangan otak


Tumbuh kembang janin dalam kandungan sangat lah bergantung pada ibunya. Apabila ibu hamil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup maka janin akan tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga sewaktu waktu lahir dengan lancar dan normal tanpa banyak masalah. Sebaliknya, jika ibu hamil kurang asupan nutrisi maka dampak buruknya juga ditanggung oleh janin.

Kandungan omega 3, omega 6, EPA dan DHA pada udang rebon bermanfaat bagi ibu hamil untuk membantu proses perkembangan otak janin. Kondisi ini memungkinkan janin dapat meningkat kecerdasannya kelak setelah lahir. Info lebih detail terkait makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan janin silakan baca makanan ibu hamil agar anak cerdas.

2. Meningkatkan imunitas


Sistem kekebalan tubuh (imunitas) ibu hamil perlu dijaga dengan baik, pasalnya ibu hamil yang tidak mempunyai sistem imun yang handal akan mudah terserang oleh berbagai macam penyakit. Kandungan vitamin C pada udang rebon bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ibu hamil tidak gampang terkena serangan penyakit. Kondisi ini tentu memberikan dampak yang baik pada kesehatan janin.

3. Mencegah dan mengatasi anemia


Anemia adalah masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh ibu hamil. Anemia (kurang darah) dapat membuat ibu hamil kelelahan, letih, tak bertenaga dan mudah pingsan. Agar ibu hamil tidak mengalami anemia, biasanya bidan atau dokter memberikan suplemen zat besi yang diminum setiap hari satu kapsul.

Apabila Anda enggan untuk mengkonsumsi suplemen, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, salah satunya adalah udang rebon. Perlu Anda ketahui bahwa di dunia ini ada banyak makanan yang mengandung zat besi, Anda bebas memilih sesuka hati. silakan baca makanan penambah darah ibu hamil.

4. Udang termasuk makan rendah kalori


Selama kehamilan berlangsung, ibu hamil harus benar benar selektif dalam memilih makanan dengan harapan kehamilan dapat berjalan dengan baik tanpa banyak kendala. Makanan bergizi tinggi namun rendah kalori bisa Anda pilih sebagai makanan sehat harian. Makanan tinggi kalori kurang baik bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

5. Membantu proses pembentukan tulang janin


Udang memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi sehingga sangat bagus bagi ibu hamil terutama untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu perkembangan tulang dan gigi janin. Perlu Anda ketahui bahwa ibu hamil itu perlu mendapat asupan kalsium yang cukup karena janin akan mengambil kalsium dari tulang ibu apabila asupan kalsium kurang, wal hasil kesehatan tulang ibu hamil menurun bahkan bisa mengalami pengeroposan.

6. Mencegah kelebihan kadar kolesterol


Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelebihan kadar kolesterol adalah memperbaiki pola makan. Udang rebon termasuk makanan tinggi lemak baik sehingga  sangat baik untuk mencegah kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Terkait dengan masalah kolesterol ibu hamil, ada cara cerdik untuk mengatasinya, silakan baca kolesterol saat hamil, atasi dengan cara CERDIK ini.

Untuk menghindari kemungkinan buruk akibat makan udang, pastikan Anda masak udang hingga benar benar matang dengan paduan bumbu yang aman. Penggunaan MSG sebaiknya tidak dilakukan untuk mengurangi resiko masalah kehamilan berbahaya. Jika Anda punya alergi terhadap udang sebaiknya jangan nekat makan udang.

Demikian informasi terkait manfaat udang rebon untuk ibu hamil. Semoga apa yang kami sampaikan pada artikel di atas dapat menambah wawasan kita dalam menjaga dan merawat kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top