Buah yang Baik untuk Ibu Hamil 6 Bulan, Anda Wajib Tahu

Buah yang baik untuk ibu hamil 6 bulan ⏩ Kehamilan adalah momen istimewa yang sangat ditunggu tunggu oleh setiap pasangan suami istri. Ketika sang istri telah berhasil mendapatkan kehamilan, pasangan suami istri harus kompak dalam menjaga dan merawat kehamilan agar tidak banyak masalah yang muncul dan janin dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Salah satu cara tepat dalam merawat kehamilan agar tetap sehat adalah dengan memberi asupan nutrisi yang cukup bagi ibu hamil, salah satunya adalah asupan nutrisi dari buah buahan.

Dari sekian banyak aneka macam buah buahan, ada beberapa macam buah yang direkomendasikan bagi ibu hamil karena memiliki kandungan gizi yang sangat diperlukan oleh ibu hamil dan janin.

buah-yang-baik-untuk-ibu-hamil-6-bulan
image from pixabay

Buah yang Baik untuk Ibu Hamil 6 Bulan


Seiring bertambahnya usia kehamilan, ibu hamil harus semakin memperhatikan asupan nutrisi harian, pasalnya janin dalam kandungan semakin membutuhkan asupan nutrisi untuk membantu pertumbuhannya.

Pada usia kehamilan 6 bulan, janin sudah berkembang hampir sempurna. Beberapa organ dalam janin sudah dapat berfungsi dengan baik bahkan janin sudah aktif bergerak. Untuk mendapatkan asupan nutrisi dengan baik, ibu hamil perlu makan buah buahan. Di bawah ini adalah beberapa contoh buah yang baik untuk ibu hamil 6 bulan :

1. Buah kurma


Kurma merupakan salah satu buah yang baik untuk ibu hamil karena banyak mengandung nutrisi bermanfaat seperti serat, kalsium, fospor, zat besi dan magnesium. Keluhan susah BAB pada usia kehamilan 6 bulan dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Kandungan serat pada buah kurma sangat baik untuk mengatasi susah BAB pada ibu hamil.

Selain itu, kandungan zat besi pada kurma sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi anemia (kurang darah) ibu hamil. Anemia sangat membuat ibu hamil merasa tak nyaman, pusing, badan lemas dan mudah pingsan. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, masalah anemia ibu hamil akan segera teratasi.

2. Buah pisang


Selain buah kurma, ibu hamil trimester 2 juga cocok mengkonsumsi buah pisang karena mengandung serat, zat besi, kalium dan kalori. Manfaat buah pisang bagi ibu hamil sangat lah banyak sehingga sangat tepat jika dikategorikan sebagai buah yang baik untuk ibu hamil. Informasi lebih detil terkait manfaat buah pisang, silakan baca manfaat pisang bagi ibu hamil dan janin.

3. Buah jeruk


Jeruk adalah buah dengan kandungan vitamin C dan serat yang cukup banyak sehingga cocok disajikan sebagai buah segar bagi ibu hamil 6 bulan. Untuk menikmati segarnya buah jeruk, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau membuat jus jeruk.

Vitamin C pada buah jeruk sangat baik bagi ibu hamil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ibu hamil tidak gampang terkena serangan berbagai macam jenis penyakit. Selain itu, kandungan air pada buah jeruk bermanfaat bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

4. Buah mangga


Nampaknya saat ini lagi musim mangga sehingga tak ada salahnya jika kami sedikit mengulas tentang manfaat mangga buat ibu hamil. Perlu Anda ketahui bahwa buah mangga itu mengandung vitamin A, vitamin C, serat, kalium dan beberapa nutrisi penting lainnya.

Serat sangat bagus untuk membantu mengatasi sembelit dan masalah pencernaan, sedangkan kalium dalam buah mangga sangat bagus untuk menstabilkan tekanan darah sehingga ibu hamil terhindar dari hipertensi (tekanan darah tinggi). Info detil terkait buah mangga bagi ibu hamil silkaan baca artikel berjudul manfaat buah mangga untuk ibu hamil.

5. Buah pepaya


Pepaya merupakan salah satu buah yang sangat banyak mengandung serat sehingga sangat cocok sebagai buah untuk ibu hamil 6 bulan. Sembelit (susah BAB) adalah keluhan umum yang dialami oleh ibu hamil sejak awal kehamilan hingga menjelang persalinan.

Sembelit bukan lah masalah kehamilan berbahaya, namun sangat mengganggu kenyamanan sehingga perlu segera diatasi dengan cara yang tepat. Mengkonsumsi buah berserat tinggi adalah langkah tepat untuk mengatasi masalah ini.

6. Buah ceri


Buah ini mempunyai kandungan vitamin C yang cukup banyak sehingga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia tak terkecuali ibu hamil untuk meningkatkan imunitas, melancarkan pencernaan, mengatasi masalah sariawan dan membantu menyembuhkan sakit tenggorokan.

Itulah 6 contoh buah yang baik untuk ibu hamil trimester 2 yang dapat Anda jadikan sebagai menu pelengkap makanan harian. Dengan mendapatkan cukup asupan nutrisi diharapkan janin dapat berkembang dengan baik dan tidak banyak masalah kehamilan yang muncul. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top