Cara Mengatasi Kaki Bengkak pada Usia Kehamilan 8 dan 9 Bulan

Mengatasi kaki bengkak pada usia kehamilan 8 dan 9 bulan bisa dilakukan dengan cara atau tips sederhana yang akan dibahas pada artikel ini. Jika Anda adalah salah satu dari ibu hamil yang mempunyai keluhan kaki bengkak yang mengakibatkan terganggunya aktivitas, alangkah baiknya Anda simak penjelasan pada artikel ini hingga selesai.

Sebagaimana kita ketahui kehamilan merupakan proses panjang yang akan dialami kaum wanita sebagai proses awal kehadiran sang buah hati. Mulai dari awal kehamilan, seorang wanita sudah menjumpai keluhan kehamilan yang cukup berat.

Keluhan yang dialami oleh ibu hamil akan datang silih berganti seiring dengan bertambahnya usai kehamilan. Di usia kehamilan trimester pertama, kebanyakan ibu hamil mengeluhkan mual muntah, badan lelah kepala pusing dan lain lain, sedangkan keluhan di usia trimester akhir adalah sakit punggung, sakit pinggang, kaki bengkak, susah tidur dan lain lain.

cara-mengatasi-kaki-bengkak-pada-usia-kehamilan-8-9-bulan
image from pixabay

Bagaimana cara mengatasi kaki bengkak pada usia kehamilan 8 dan 9 bulan ?


Salah satu keluhan yang banyak disampaikan oleh ibu hamil usia 8 dan 9 bulan adalah kaki bengkak. Kaki bengkak termasuk keluhan kehamilan yang wajar karena disebabkan pertambahan berat badan.

Penyumbatan cairan tubuh pada beberapa bagian juga dapat menyebabkan kaki ibu hamil semakin membengkak. Walaupun termasuk kondisi yang wajar, namun kaki bengkak sebaiknya segera diatasi karena dapat mengganggu kenyamanan aktivitas sehari hari.

Lantas, bagaimana caranya mengatasi kaki bengkak pada usia kehamilan 8 dan 9 bulan ? Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kurangi konsumsi garam agar kaki tidak bengkak


Membengkaknya beberapa anggota badan ibu hamil termasuk kaki bisa terjadi karena beberapa faktor. Konsumsi garam terlalu banyak dapat menyebabkan kaki bengkak semakin parah karena garam itu memiliki sifat gampang menyerap cairan.

Anda tidak dilarang untuk makan garam, hanya supaya mengurangi konsumsi garam. Penggunaan garam untuk bumbu masak sebaiknya diatur sedemikian rupa agar makanan tetap enak namun tidak terlalu banyak mengandung zat garam

2. Jangan berdiri lama


Salah satu penyebab kaki bengkak saat hamil adalah karena berdiri terlalu lama. Untuk itu, apabila pada kondisi tertentu anda harus berdiri maka jangan terlalu lama berdiri. Untuk menghindari pembengkakan kaki, silakan berdiri dengan diselingi jalan jalan sebentar atau duduk sebentar. Berjalan kecil dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat memperkecil resiko pembengkakan pada kaki.

3. Duduk dengan kaki posisi lebih tinggi


Untuk mencegah dan mengatasi kaki bengkak saat hamil, Anda bisa menerapkan cara duduk dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung. Posisi ini dipercaya dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat mengurangi keluhan kaki bengkak. Tidak hanya dalam posisi duduk, saat tidur pun jika Anda bisa menerapkan posisi kaki lebih tinggi dari jantung maka itu akan membantu mencegah kaki bengkak.

4. Banyak minum


Mulai dari awal masa kehamilan hingga hamil tua, ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak minum karena kebutuhan cairan ibu hamil lebih banyak daripada sebelum hamil. Di usia kehamilan 8-9 bulan silakan memperbanyak minum air putih untuk menghindari berbagai macam masalah kehamilan, salah satunya adalah kaki bengkak.

5. Jalani olahraga ringan


Meski dalam keadaan hamil tua, Anda tetap disarankan untuk berolahraga, yaitu olahraga yang aman untuk ibu hamil. Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Dengan lancarnya peredaran darah diharapkan masalah pembengkakan kaki pada ibu hamil bisa dicegah dan atau diatasi. Ingat, olahraga yang perlu Anda lakukan bukan lah olahraga berat melainkan olahraga yang ringan ringan seperti senam pernapasan, yoga, jalan jalan dan lainnya.

Demikian ulasan singkat terkait cara mengatasi kaki bengkak pada usia kehamilan 8 dan 9 bulan. Semoga informasi yang kami sampaikan pada kesempatan ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top