Contoh Menu Makanan Ibu Hamil Setiap Hari agar Bayi Sehat

Contoh menu makanan ibu hamil setiap hari ⏩ Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, ibu hamil perlu mengkonsumsi aneka macam makanan yang banyak mengandung gizi seperti sayuran, buah, daging, telur, kacang kacangan dan lain lain. Makanan yang dibuat monoton membuat ibu hamil bosan untuk mengkonsumsi, maka diperlukan sajian menu makan yang tepat dan bervariasi.

Di waktu pagi, hendaknya ibu hamil mendapatkan menu sarapan yang bergizi dan tidak membuat perut mual. Sebagai referensi, Anda bisa membaca pembahasan yang telah kami tulis beberapa waktu lalu dengan judul menu sarapan pagi ibu hamil yang harus dipenuhi.

Sajian menu makanan yang dihidangkan dengan tepat tidak membuat ibu hamil bosan sehingga nafsu makan ibu hamil tetap terjaga dengan baik meski banyak keluhan yang sedang dirasakan.

contoh-menu-makanan-ibu-hamil-setiap-hari
image from pixabay

Contoh Menu Makanan Ibu Hamil Setiap Hari


Pada kesempatan kali ini www.tandalagaihamil.com akan menyampaikan informasi terkait dengan contoh sederhana penyajian menu makanan bagi ibu hamil untuk hidangan harian. Info yang kami sampaikan pada artikel ini hanyalah contoh, Anda dapat membuat menu makan sehat ibu hamil sendiri dengan tetap mempertimbangkan nilai gizi makanan yang disajikan.

Menu Makanan Pagi Ibu Hamil


Pada usia kehamilan trimester pertama, banyak ibu hamil yang mengeluhkan mual dan muntah sehingga sareal bisa dijadikan sebagai menu sarapan yang sehat dan tidak membuat mual.

Apabila Anda tidak suka dengan sareal dan lebih memilih sarapan nasi maka siapkan sajian nasi putih dengan lauk berprotein seperti tahu dan tempe dan sayuran yang dimasak kering seperti brokoli tumis dan atau tumis kacang.

Jika Anda suka sarapan dengan menu makanan praktis, maka sandwich bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Buatlah sandwich sendiri dengan bahan roti tawar yang diberi keju, daging dan sayuran seperti tomat dan daun selada. Agar menu sarapan Anda lebih berkualitas, Anda bisa menambah dengan minum susu sebagai pelengkap.

Menu Makan Siang Ibu Hamil


Untuk sajian menu makan siang, Anda bisa membuat hidangan nasi putih dengan sayur lodeh, tempe goreng dan ikan goreng ditambah dengan jus alpukat sebagai minuman sehat.

Agar tidak bosan, buatlah menu makan siang dengan variasi makanan yang berbeda beda degan tetap mempertimbangkan nilai gizinya. Sayur sangat diperlukan oleh ibu hamil sebagai penyumbang asupan nutrisi, maka sebaiknya jangan ditinggalkan meskipun Anda tidak menyukainya.

Beberapa orang suka makan siang dengan sambal, apalagi kalau lauk yang disajikan cocok pakai sambal. Jika Anda ragu tentang boleh dan tidaknya ibu hamil makan sambal, silakan baca artikel kami berjudul bolehkah ibu hamil makan sambal terasi ?

Selain sajian menu makanan tersebut di atas, ibu hamil perlu mendapatkan asupan nutrisi dari buah segar maka Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau minum jus buah.

Menu Makan Malam Ibu Hamil


Di malam hari, Anda bisa membuat sajian menu makan berupa aneka masakan kering seperti tumis kangkung, ayam goreng, tumis kacang dan lainnya. Sajikan lauk dan sayur tersebut dengan nasi putih hangat dengan porsi sesuai kebutuhan.

Setelah makan malam usai, Anda bisa mengkonsumsi buah pisang sebagai buah pencuci mulut. Di malam hari menjelang tidur, ibu hamil bisa minum susu untuk menambah asupan nutrisi harian.

Ulasan tersebut di atas hanyalah sebuah contoh menu makanan ibu hamil mulai dari pagi, siang dan malam. Untuk menghindari rasa bosan, hendaknya Anda sajikan menu makan yang bervariasi dan tidak monoton.

Meskipun bergizi tinggi tapi kalau tiap hari makannya itu itu saja ya kurang baik karena nafsu makan bisa hilang. Untuk itu, akan lebih baik apabila Anda siapkan menu makanan harian yang diselang seling.

Agar asupan makan yang masuk pada tubuh Anda benar benar sehat dan berkualitas hendaknya ibu hamil selektif dalam memilih buah dan sayur yang akan dikonsumsi. Demi menghindari hal yang tak diinginkan sebaiknya hindari buah dan sayur yang mengandung pestisida.

Sebagai tambahan, ibu hamil bisa mengkonsumsi cemilan sehat untuk menambah asupan nutrisi. Ingat ! tidak semua cemilan baik buat ibu hamil, maka silakan pilih cemilan yang cocok bagi ibu hamil. Info selengkapnya silakan baca cemilan mudah dan sehat untuk ibu hamil.

Demikian informasi terkait contoh menu makanan ibu hamil agar janin sehat. Semoga apa yang kami sampaikan dalam artikel ini dapat menambah wawasan dalam perawatan kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top