Gejala Awal Kehamilan Minggu Pertama yang Jarang disadari

Gejala awal kehamilan minggu pertama ⏩ Ketika pasangan pria wanita telah sah menjadi suami istri, kebahagiaan tiada tara akan segera wujud dengan hadirnya anak sebagai buah cintanya selama ini. Walaupun banyak orang menanti datangnya kehamilan, namun kadang kala ia tak menyadari kalau dirinya telah hamil.

Sebenarnya ketika seorang wanita telah hamil maka kurang lebih seminggu setelah pembuahan terjadi akan muncul beberapa gejala awal kehamilan seperti mual muntah, keluar bercak darah, kram perut dan lain lain.

Namun demikian, banyak orang yang menganggap bahwa gejala kehamilan tersebut hanyalah sebuah kondisi yang disebabkan karena masuk angin atau lainnya. Umumnya masyarakat mengenali kehamilan dengan telat menstruasi padahal telat haid tidak selamanya disebabkan karena kehamilan.

gejala-awal-kehamilan-minggu-pertama
image from pixabay

Gejala Awal Kehamilan Minggu Pertama


Pengetahuan tentang tanda tanda hamil sangat dibutuhkan oleh setiap pasangan suami istri untuk segera mendeteksi kehamilannya. Kenapa demikian ? karena dengan mengetahui kehamilan sejak awal maka perawatan kehamilan dapat segera dilakukan.

Meski kebanyakan orang mulai tes kehamilan setelah telat haid, namun alangkah baiknya Anda kenali gejala awal kehamilan minggu pertama agar kehamilan dapat Anda jalani dengan baik.

Kondisi wanita yang disebut sebut sebagai gejala dan tanda kehamilan itu terjadi karena perubahan hormon akibat proses pembuahan. Adapun gejala awal kehamilan yang sering dialami ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Bercak darah sebagai gejala awal kehamilan


Setelah bercinta, ada dua kemungkinan yang akan dihadapi oleh pasangan suami istri, yaitu hamil dan tidak hamil. Ketika proses pembuahan berhasil terjadi maka tubuh akan segera muncul gejala kehamilan, salah satunya adalah keluar bercak darah.

Bercak darah yang keluar dari jalan lahir wanita bisa disebabkan karena berbagai macam hal seperti menstruasi, kelainan hormonal, penyakit, pikiran stress dan karena kehamilan.

Bercak darah tanda kehamilan muncul karena proses implantasi yang umumnya disertai dengan kram perut ringan. Bercak darah ini muncul dalam waktu yang tak lama dan volume tak banyak, berbeda dengan haid.

Untuk membedakan darah tanda hamil dengan darah haid, Anda bisa melihat warna darah tersebut. Darah haid umumnya berwarna merah kehitaman, sedangkan darah tanda kehamilan tidak seperti itu. Silakan baca penjelasannya pada bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?

2. Kram perut


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa keluarnya bercak darah tanda kehamilan biasanya dibarengi dengan kram perut ringan. Kondisi ini cukup mirip dengan kram perut jelang haid hanya saja terasa lebih ringan. Kram perut yang terjadi jelang menstruasi umumnya lebih menyakitkan daripada kram perut sebagai gejala awal kehamilan minggu pertama.

3. Frekuensi BAK meningkat


Salah satu gejala kehamilan yang banyak dikeluhkan oleh kaum wanita adalah meningkatnya frekuensi BAK (buang air kecil). Kondisi ini terjadi karena perubahan hormon ibu hamil mempengaruhi kerja ginjal. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, frekuensi buang air kecil ibu hamil akan menjadi semakin sering karena kantung kemih semakin tertekan oleh rahim yang semakin membesar.

4. Morning sickness


Mual disertai muntah di pagi hari adalah gejala dan tanda kehamilan yang umum dialami oleh kaum hawa, meskipun kenyataannya ada banyak ibu hamil yang tidak mual muntah saat hamil.

Perubahan hormon adalah pemicu terjadinya morning sickness sehingga Anda tak perlu takut apalagi sampai mengkonsumsi obat mual tanpa resep dari dokter. Apabila morning sickness terjadi cukup parah, silakan konsultasi ke dokter agar diberi resep obat mual yang sesuai.

Sesuai dengan namanya, morning sickness ini biasanya muncul pada pagi hari sehingga ibu hamil muda trimester pertama perlu menyiapkan menu sarapan yang cocok untuk dirinya. Sebagai referensi, silakan baca menu makanan ibu hamil trimester 1.

5. Badan lungkrah


Lungkrah adalah istilah dalam bahasa jawa untuk mengekspresikan kondisi tubuh yang letih, lelah dan lemas seakan tak ada tenaga. Meski tidak habis melakukan aktivitas berat, namun ibu hamil muda biasanya badannya terasa lelah dan hanya ingin tiduran saja. Kondisi ini sering kali membuat ibu hamil malas untuk melakukan aktivitas bermanfaat misalnya olahraga, padahal sebenarnya olahraga ringan sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Ketika gejala awal kehamilan minggu pertama tersebut di atas telah muncul, Anda bisa melakukan tes kehamilan dengan menggunakan alat test pack atau melakukan tes kehamilan melalui tes darah dan USG. Sekian informasi yag dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top