Gejala Hamil 1 Minggu dilihat dari Perubahan Fisik dan Non Fisik

Gejala hamil 1 minggu ⏩ Pasangan suami istri yang telah lama menikah sangat berharap kehamilan segera datang. Tanda kehamilan yang muncul pada tubuh sang istri membuat pasangan suami istri sangat bergembira, namun kadang kala gejala yang dikira sebagai tanda hamil ternyata bukan lah sebuah pertanda kehamilan tapi hanya disebabkan karena faktor selain kehamilan.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan beberapa hal terkait dengan apa saja yang menjadi tanda dan gejala awal kehamilan.

Apabila gejala tersebut telah muncul, Anda bisa memastikan kehamilan dengan menggunakan alat tes kehamilan (test pack) atau melakukan tes kehamilan ke bidan atau dokter terdekat.

gejala-hamil-1-minggu
image from pixabay

Gejala Hamil 1 Minggu


Wanita yang telah hamil 1 minggu biasanya telah mengeluarkan tanda kehamilan berupa perubahan fisik maupun perubahan psikis. Gejala ini bisa dikatakan sebagai ciri hamil tak pasti karena tanda tersebut tidak 100% disebabkan karena kehamilan, namun bisa juga terjadi karena sebab lain. Adapun gejala hamil 1 minggu itu antara lain adalah sebagai berikut :

1. P*yud*r* ibu hamil berubah


Seminggu setelah pembuahan terjadi, p*yud*r* ibu hamil akan mengalami perubahan, yaitu menjadi lebih besar, lembut dan lebih sensitif. Hal ini terjadi karena peningkatan hormon progesteron dan esterogen pada tubuh ibu hamil. Perubahan p*yud*r* ini terjadi kurang lebih seminggu hingga dua minggu setelah proses pembuahan.

2. Pendarahan


Pendarahan ringan atau flek tanda hamil terjadi karena implantasi, yaitu proses menempelnya embrio pada dinding rahim. Warna flek darah tanda hamil ini cederung cerah, tak seperti darah haid yang terlihat gelap. Perlu anda ketahui bahwa flek tanda hamil ini terjadi cukup ringan, berbeda dengan menstruasi. Untuk penjelasan lebih detil silakan baca bercak darah tanda kehamilan berapa banyak ?

3. Badan terasa lelah


Badan lelah merupakan respon tubuh terhadap kehamilan yang ia alami akibat dari peningkatan hormon tubuh. Kelelahan yang dirasakan oleh ibu hamil terkadang dibarengi dengan keluhan lain seperti jantung berdebar debar, tubuh gemetaran dan kepala pusing. Jangan panik dalam menghadapi kondisi ini karena nanti akan hilang dengan sendirinya. Hal penting yang perlu Anda lakukan agar tubuh tidak terus terusan lelah yaitu istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan bergizi.

4. Ibu hamil susah makan


Peningkatan hormon progesteron dapat menyebabkan ketidak nyamanan ibu hamil. Sebagai salah satu gejala kehamilan minggu 1 adalah ibu hamil tidak bisa makan dengan nyaman dengan disertai beberapa keluhan seperti gangguan pencernaan, mual dan sembelit. Kehamilan bukan lah satu satunya faktor yang menyebabkan penurunan naf$u makan wanita maka jangan buru - buru mengambil kesimpulan hamil hanya karena penurunan naf$u makan.

5. Mood gampang berubah


Salah satu ciri hamil 1 minggu adalah perubahan mood yang sangat cepat, yaitu ibu hamil menjadi lebih cepat bahagia, marah dan sedih. Hal ini terjadi karena perubahan hormon tubuh yang mengakibatkan perubahan suasana hati bukan karena masalah lain. Hal yang sama terkadang muncul pada wanita yang akan menstruasi.

6. Pusing


Salah satu respon tubuh terhadap kehamilan yang ia alami adalah perubahan tekanan darah sehingga membuat ibu hamil sering pusing dan badan lemas, tak jarang yang sampai pingsan gara gara tekanan darah yang terlalu rendah. Hal penting yang perlu dilakukan oleh ibu hamil untuk menyikapi masalah ini adalah istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan sehat. Silakan baca kepala pusing saat hamil muda.

7. Suhu tubuh ibu hamil meningkat


Salah satu tanda hamil 1 minggu adalah peningkatan suhu basal tubuh. Naiknya suhu basal tubuh adalah hal yang wajar, Anda tak perlu panik karena biasanya suhu tubuh akan kembali normal seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Anda tidak perlu minum obat penurunan suhu tubuh karena ini adalah respon alami yang wajar terjadi dan tidak membahayakan kesehatan.

8. Area sekitar put!ng menjadi hitam


Tak hanya bagian p*yud*r* yang mengalami perubahan, tapi area sekitar put!ng juga mengalami perubahan yaitu menjadi terlihat gelap dan menghitam. Biasanya perubahan warna sekitar put!ng ini terjadi mengiringi pembengkakan pada bagian p*yud*r*. Gunakan br@ yang agak longgar agar p*yud*r* terasa lebih nyaman.

9. Mual dan muntah


Mual dan muntah adalah gejala kehamilan yang dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Mual muntah ini biasa muncul di pagi hari sehingga disebut dengan istilah morning sickness. Rasa mual ini akan terus mengisi hari hari ibu hamil muda sampai akhir usia kehamilan trimester pertama. Memasuki usia trimester kedua, mual akan segera hilang.

10. Lebih sensitif terhadap bau


Di awal kehamilan, biasanya penciuman ibu hamil menjadi lebih sensitif terhadap bau. Mencium bau makanan yang agak menyengat dapat membuat ibu hamil merasa mual dan ingin muntah. Bau makanan yang tadinya disukai justru sekarang membuat perut mual.

Itulah beberapa gejala hamil 1 minggu yang banyak dialami oleh kaum wanita. Kalau gejala tersebut telah muncul, coba lakukan tes kehamilan dengan testpack untuk memastikan kehamilan. Sekian dan semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top