Hamil 22 Minggu Perkembangan Janin dan Keluhan Ibu

Hamil 22 minggu adalah masa dimana janin sudah berkembang sangat pesat dan gejala awal kehamilan seperti mual, muntah dan kelelahan sudah tidak dirasakan lagi oleh ibu hamil. Meski keluhan awal hamil sudah hilang namun bukan berarti di usia ini tidak ada keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil tapi ada keluhan baru yang dirasakan di usia kehamilan ini.

Perkembangan janin di usia kehamilan trimester kedua sudah mempengaruhi bentuk perut ibu, dari yang tadinya masih rata kini sudah mulai membuncit dan akan terus berkembang hingga perut terlihat membesar.

Pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan informasi kepada pembaca terkait perkembangan janin di usia kehamilan 22 minggu dan keluhan apa saja yang banyak dialami oleh sang ibu, silakan simak hingga akhir artikel..

hamil-22-minggu-perkembangan-janin
image from pixabay

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 22 Minggu


Sebagaimana  yang telah kami sampaikan di atas bahwa di usia ini janin sudah mengalami pertumbuhan hingga membuat perut ibu hamil mulai terlihat membuncit. Adapun perkembangan janin di minggu 22 antara lain adalah sebagai berikut :

1. Ukuran janin kurang lebih sebesar pepaya


Apabila Anda penasaran dan ingin tahu sebesar apa janin yang ada di kandungan pada usia 22 minggu, maka perlu Anda ketahui bahwa ukuran janin di usia ini kurang lebih baru sebesar buah pepaya dengan bobot sekitar 500 gram. Oleh karena telah memiliki bobot kurang lebih 500 gram maka ibu hamil telah merasakan beban di dalam perutnya.

2. Gusi janin sudah tumbuh


Di usia ini, gusi janin sudah mulai tumbuh dan terus berkembang seiring bertambahnya usia kehamilan. Dengan bertambahnya usia hamil maka gusi janin akan terbentuk dengan rapi sehingga setelah lahir gusi tersebut akan ditumbuhi dengan gigi susu.

3. Janin punya waktu bangun dan tidur


Ada sebuah fakta unik yang disampaikan oleh para pakar, yaitu janin di usia 22 minggu akan tidur dan bangun dengan waktu yang teratur, yaitu tidur dan bangun dalam waktu kurang lebih 12 jam per hari. Waktu tidur janin tidak lah sama dengan waktu tidur sang ibu, maka jangan kaget apabila saat Anda tidur perut Anda ditendang oleh jagoan kecil Anda.

4. Indra penglihatan dan pendengaran janin semakin kuat


Di usia hamil 22 minggu, indra penglihatan maupun indra pendengaran janin mengalami peningkatan luar biasa sehingga janin sudah bisa mendengarkan suara dari luar. Ibu hamil dapat mengajak janin untuk berinteraksi dan memberikan lagu klasik atau bacaan ayat suci Al-quran untuk meningkatkan perkembangan indra janin agar semakin optimal.

5. Kelopak mata sudah terbentuk


Janin di usia 22 minggu sudah memiliki kelopak mata dan alis, namun bagian dalam mata belum terbentuk dengan sempurna misalnya iris mata sehingga warna mata janin belum bisa dibedakan dengan jelas. Seiring bertambahnya usia kehamilan, warna mata janin dapat terlihat dengan jelas.

6. Rambut janin sudah tumbuh


Masuk pada usia 22 minggu, rambut janin sudah mulai tumbuh di sebagian kepala janin meski belum terlalu lebat. Di usia ini, rambut janin masih sangat halus dan dengan bertambahnya usia, rambut akan menjadi semakin lebat.

7. Janin aktif bergerak


Jangan kaget jika di usai ini, Anda merasakan gerakan janin di di dalam perut karena di usia 22 minggu janin sudah aktif bergerak. Terkadang janin memberikan respon suara dari luar dengan gerakan menendang perut ibu.

Selain itu, di usia ini indra pengecap janin dan 0rgan repr0duks! janin sudah berkembang dengan baik sehingga janin sudah bisa dilihat jenis kelam!nnya, apakah laki laki atau perempuan.

Keluhan Ibu Hamil 22 Minggu


Seiring dengan perkembangan janin yang sangat pesat, di usia 22 minggu kehamilan sang ibu akan mengalami keluhan yang cukup mengganggu kenyamanan. Gejala kehamilan awal seperti mual, pusing, muntah, lelah dan lainnya memang sudah hilang tapi muncul keluhan baru diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ibu hamil sakit pinggang


Di usia 22 minggu, ibu hamil biasanya mengeluhkan sakit di bagian pinggang. Keluhan ini terjadi karena rahim ibu hamil sudah mengalami pembesaran hingga membuat tulang punggung berubah bentuk dan akhirnya terasa sakit. keluhan ini adalah hal yang wajar terjadi pada ibu hamil, namun cukup mengganggu aktivitas. Untuk mengurangi sakit punggung saat hamil, silakan baca penjelasannya cara mengatasi sakit pinggang saat hamil.

2. Kaki bengkak


Rahim yang semakin membuncit akibat perkembangan janin membuat kaki ibu hamil bengkak. Memang tidak semua ibu hamil mengeluhkan kaki bengkak pada usia ini, namun kebanyakan mereka mengeluhkan kaki bengkak. Adapun penyebab kaki bengkak pada ibu hamil antara lain adalah karena kurang gerak, berdiri terlalu lama dan beban berat.

Demikian ulasan terkait perkembangan janin dan keluhan ibu hamil 22 minggu yang dapat kami sampaikan. Untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat dan tidak banyak masalah, silakan jaga pola makan sehat, olahraga rutin dan olahraga cukup. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top