Hamil 25 Minggu Perkembangan Janin dan Keluhan Ibu

Hamil 25 minggu ⏩ Perkembangan janin dari minggu ke minggu terjadi sangat pesat, terutama ketika kehamilan telah masuk pada trimester kedua. Tumbuh kembang janin di usia 25 minggu hampir sama dengan perkembangan janin pada usia 22 minggu, hanya saja ada tambahan peningkatan fungsi dan penyempurnaan 0rgan tubuh.

Sebelum lanjut membaca, alangkah baiknya Anda baca dulu artikel tentang perkembangan janin 22 minggu yang telah kami tulis beberapa waktu lalu dengan judul hamil 22 minggu perkembangan janin dan keluhan ibu.

Di usia 25 minggu, janin sudah mirip dengan manusia sempurna karena hampir semua oragan sudah lengkap, tinggal penyempurnaan fungsinya 0rgan dan menunggu janin siap untuk hidup di dunia. Silakan lanjut membaca untuk informasi selengkapnya..

perkembangan-janin-dan-keluhan-ibu-hamil-25-minggu
image from pixabay

Perkembangan Janin 25 Minggu


Di usia hamil 25 minggu, janin sudah mengalami peningkatan berat badan dari sebelumnya. Di usia 22 minggu berat badan kurang lebih 500 gram, sedangkan di usia 25 minggu ini sekitar 660 hingga 700 gram. Kondisi ini membuat perut ibu hamil terlihat semakin membuncit.

0rgan pendengaran dan penglihatan yang tadinya sudah berfungsi sekarang lebih menyempurnakan fungsinya sehingga janin akan merespon dengan gerakan jika diajak komunikasi.

Rambut janin yang tadinya sudah tumbuh dengan baik namun belum terlalu lebat, sekarang sudah tubuh semakin lebat sehingga janin sudah terlihat seperti bayi yang siap untuk lahir ke dunia.

Perkembangan janin pada usia 25 minggu ini juga terlihat pada respon janin terhadap cahaya dan sentuhan. Apabila perut ibu hamil disentuh maka janin bisa meresponnya dengan gerakan.

Beberapa orang menyarankan pada pasangan suami istri agar mulai melatih respon janin dengan cara mengajak komunikasi dan memberikan sentuhan hangat pada perut ibu sambil mengajak komunikasi.

Pada usia ini, janin akan terlihat lebih ramping daripada sebelumnya karena lemak dalam tubuhnya sudah mulai tersebar ke bagian tubuhnya sehingga kulit janin di usia 25 minggu ini sudah halus, tidak keriput lagi. Kulit janin kini menjadi agak merah karena suhu ruang pada rahim menyesuaikan dengan suhu yang dibutuhkan oleh janin.

Perubahan Fisik dan Keluhan Ibu Hamil 25 Minggu


Oleh karena janin berkembang dengan cukup signifikan maka tubuh ibu hamil akan menyesuaikan perkembangan janin dalam rahimnya, terutama di bagian perut yaitu menjadi buncit.

Perut ibu hamil akan semakin bertambah buncit seiring dengan bertambahnya usia hamil. Jangan merasa kalau penampilan Anda saat ini jadi jelek karena sebenarnya penampilan bisa disiasati. Bagi Anda yang berpenampilan pakai hijab, silakan baca tips hamil berhijab tetap tampil cantik.

Beberapa ibu hamil usia trimester kedua merasakan kontraksi ringan dan sedikit mulas hingga membuat selera makan terganggu. Agar keluhan ini tidak terlalu menyakitkan, hendaknya ibu hamil tetap mengkonsumsi makanan bergizi dan menghindari makanan pedas.

Perkembangan janin yang semakin besar membuat ibu hamil merasakan beban yang mengakibatkan punggung terasa sakit. Sakit punggung banyak dialami oleh ibu hamil usia trimetser kedua, Anda tak perlu takut. Ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat nyeri punggung karena janin dalam kandungan masih sensitif terhadap zat kimia.

Selain sakit pinggang, ibu hamil juga merasakan kelelahan, apalagi kalau habis melakukan aktivitas berat. Untuk itu, ibu hamil perlu istirahat cukup agar tidak terlalu lemas.

Keluhan susah tidur juga banyak disampaikan oleh ibu hamil 25 minggu karena di usia ini, perut yang membesar membuat posisi tidurnya tak nyaman. Apabila Anda mengalami susah tidur, silakan lakukan tips sederhana  seperti yang telah kami sampaikan pada artikel berjudul cara mengatasi susah tidur saat hamil 6 bulan.

Tak hanya susah tidur dan sakit pinggang, ibu hamil di usia ini juga ada yang mengalami bengkak kaki. Untuk itu, disarankan bagi ibu hamil untuk tidak memakai sepatu atau sandal hak tinggi.

Hal penting yang harus dilakukan oleh ibu hamil trimester kedua, yaitu menjaga pola makan sehat, mencukupi kebutuhan nutrisi harian, olahraga ringan degan teratur dan cukup mendapatkan istirahat.

Demikian informasi terkait perkembangan janin dan perubahan fisik ibu hamil 25 minggu. Semoga apa yang kami sampaikan dalam artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top