Hamil 4 Bulan Masih Mual, Normalkah ?

Hamil 4 bulan masih mual ⏩ Kehamilan adalah momen bahagia yang disertai dengan pengorbanan luar biasa. Betapa tidak, sejak awal kehamilan ibu hamil menjumpai keluhan keluhan yang sangat tidak menyenangkan. Mual muntah dan badan lelah adalah salah satu keluhan hamil muda yang hampir dirasakan oleh semua orang hamil.

Mual dan muntah sering muncul di pagi hari sehingga jadwal sarapan ibu hamil menjadi terganggu. Kalau menu sarapan tidak diatur dengan baik maka dapat memperparah mual muntah.

Untuk itu, dibutuhkan menu sarapan yang tepat, silakan baca post kami dengan judul menu sarapan pagi ibu hamilL sebagai referensi dalam penyajian menu sarapan harian.

hamil-4-bulan-masih-mual
image from pixabay

Masih Mual saat Hamil 4 Bulan


Menurut teori, mual dan muntah (morning sickness) yang dialami oleh ibu hamil akan segera hilang pada usia kehamilan trimester kedua (4 hingga 6 bulan). Kenyataannya memang demikian, kebanyakan ibu hamil sudah tidak mual lagi pada usia hamil trimeter 2.

Namun demikian, ada beberapa ibu hamil yang tetap mengeluhkan mual muntah meski usia kehamilan telah masuk pada bulan ke 4 sehingga hatinya merasa ragu, apakah kondisi ini normal atau tidak ?

Dari beberapa kasus yang terjadi pada kaum wanita, hamil 4 bulan masih mual adalah hal yang banyak terjadi, bahkan pada forum diskusi ibu hamil ada yang menyampaikan kalau ia mual sampai hampir melahirkan.

Terkait dengan kehamilan bulan ke 4 tapi masih mual itu normal atau tidak, maka ibu hamil harus menjalani pemeriksaan dokter, tidak bisa hanya dengan ditebak tebak.

Setelah melakukan segenap pemeriksaan dokter akan menjelaskan kepada Anda tentang penyebab mual yang Anda alami. Dari pemeriksaan itu pula dapat diketahui apakah kondisi tersebut normal atau tidak.

Penyebab Mual Saat Hamil


Mual yang dialami oleh ibu hamil muda trimester pertama (morning sickness) biasanya disebabkan karena perubahan hormonal pada tubuh ibu hamil. Ketika sel telur berhasil dibuahi maka tubuh ibu akan merespon dengan memproduksi hormon HCG.

Wanita yang sedang hamil muda hampir bisa dipastikan mengalami morning sickness meski ada sebagian yang tidak mual. Jika Anda termasuk wanita hamil yang tidak mual sama sekali, coba baca penjelasan post berjudul hamil muda tidak mual sama sekali, normalkah ?

Ketika usia kehamilan telah memasuki trimester kedua maka tubuh ibu hamil sudah bisa beradaptasi sehingga umumnya ibu hamil sudah tidak mual. Lantas, penyebab mual pada hamil 4 bulan itu apa saja ? diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mabuk perjalanan


Mual yang terjadi pada ibu hamil bisa saja terjadi karena mabuk perjalanan, baik perjalanan darat, laut maupun udara. Tak ada larangan untuk bepergian jauh saat hamil, namun kebanyakan ahli kesehatan menyarankan kepada ibu hamil terutama ibu hamil muda untuk tidak melakukan perjalanan jauh yang melelahkan.

2. Pikiran stress


Rasa takut, galau dan cemas yang berlebihan juga dapat menyebabkan ibu hamil mengalami mual. Tak hanya itu, pikiran stress juga dapat mengakibatkan masalah kehamilan yang tidak menguntungkan. Info selengkapnya bisa Anda baca akibat stress pada ibu hamil dan janin.

3. Keracunan obat atau makanan


Makanan kotor dan basi sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena dapat mengakibatkan keracunan. Keracunan memberikan dampak kurang baik pada ibu hamil dan janin. Ibu hamil akan mengalami mual muntah terus terusan yang dapat berdampak buruk pada janin. Untuk meminimalkan bahaya yang mungkin bakal terjadi, silakan segera datang ke dokter apabila Anda keracunan.

4. Makan terlalu banyak


Hamil 4 bulan masih mual bisa saja disebabkan karena ibu hamil makan dalam jumlah berlebihan (kekenyangan). Cara makan yang disarankan untuk ibu hamil adalah makan sedikit tapi sering, terutama bagai ibu hamil yang masih mual muntah. Selain dapat membuat mual, makan terlalu banyak juga membuat perut begah sehingga aktivitas menjadi tak nyaman.

5. Infeksi virus


Salah satu penyebab mual adalah infeksi virus, terutama virus yang menyerang pada saluran pencernaan. Mual yang diakibatkan karena infeksi virus sebaiknya segera mendapat penanganan yang tepat sehingga tidak mempengaruhi kesehatan janin.

6. Mencium bau tak sedap


Sejak awal masa kehamilan, indra penciuman ibu hamil menjadi lebih sensitif. Ketika mencium bau menyengat, perut terasa mual dan ingin muntah terutama pada usia hamil trimester pertama. Namun demikian, meski kehamilan telah masuk usia 4 bulan tapi aroma menyengat kadang kala masih membuat perut terasa mual.

7. Masalah lambung


Masalah kesehatan lambung adalah penyebab mual yang banyak terjadi di kalangan manusia. Berawal dari pola makan kurang sehat hingga akhirnya sakit lambung yang terus membuat perut terasa mual terutama saat lapar.

Mual saat hamil di atas trimester pertama itu banyak sebabnya, maka ibu hamil disarankan untuk periksa kesehatan ke dokter jika rasa mual tak kunjung berakhir.

Demikian ulasan terkait hamil 4 bulan masih mual. Keluhan ibu hamil datang silih berganti, namun semua akan terobati dengan kelahiran sang buah hati yang mungil dan lucu. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top