Hamil 6 Bulan Susah Tidur, Bagaimana cara mengatasinya ?

Hamil 6 bulan susah tidur ⏩ Di usia kehamilan trimester 2, ibu hamil akan menjumpai beberapa keluhan yang membuatnya tak nyaman, salah satunya adalah susah tidur. Mengambil posisi tidur yang tepat adalah langkah awal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mendapatkan tidur nyenyak sehingga istirahat dapat didapat dengan sempurna.

Susah tidur saat hamil trimester 2 dan 3 banyak dialami oleh ibu hamil, namun bukan berarti Anda harus diam tanpa melakukan langkah apapun untuk mengatasi masalah ini.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan informasi terkait tips dan cara untuk mengatasi sulit tidur pada ibu hamil terutama pada usia hamil 6 bulan.

hamil-6-bulan-susah-tidur
image from pixabay

Cara mengatasi hamil 6 bulan susah tidur


Untuk mengatasi keluhan ini, Anda tidak perlu mengkonsumsi obat tidur atau obat penenang karena dapat memberikan dampak kurang baik bagi janin. Cukup dengan melakukan langkah sederhana, Anda bisa mendapatkan tidur nyenyak sehingga badan terasa segar dan bugar meski kehamilan sudah berjalan pada usia trimester kedua dan ketiga.

Lantas, apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi hamil 6 bulan susah tidur ? diantaranya adalah sebagai berikut..

1. Ibu hamil hendaknya memilih posisi tidur yang nyaman


Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi susah tidur adalah dengan memilih posisi tidur yang paling nyaman. Beberapa orang menyarankan agar ibu hamil memilih posisi tidur miring ke sebelah kiri karena dengan posisi ini dapat mengoptimalkan aliran darah ke plasenta sehingga posisi tidur ini tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil melainkan janin dalam kandungan juga mendapatkan manfaatnya.

2. Mandi air hangat


Mandi air hangat (tidak terlalu panas) termasuk langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi susah tidur di usia kehamilan 6 bulan. Mandi air hangat dengan sabun beraroma segar dapat membantu menenangkan suasana hati sehingga ibu hamil bisa tidur dengan nyenyak.

3. Jangan makan berlebihan jelang tidur


Beberapa wanita hamil merasakan rasa lapar yang berlebihan di waktu malam sehingga ia perlu mengkonsumsi makanan untuk mengganjal perutnya. Oleh karena perut terasa sangat lapar sehingga ada beberapa ibu hamil yang lepas kontrol sehingga makan terlalu banyak, wal hasil mata sulit untuk terpejam tidur.

Untuk itu, meski perut terasa lapar namun sebaiknya jangan makan berlebihan, makan lah dalam porsi wajar saja. Anda juga dapat menghilangkan rasa lapar dengan mengkonsumsi cemilan sehat ibu hamil dan segelas susu. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan tidur lebih nyenyak sehingga badan terasa bugar di pagi hari.

4. Minum susu


Untuk membantu mengatasi susah tidur, Anda bisa minum susu di waktu malam sebelum tidur. Asam amino trytophan yang terkandung di dalam susu dapat membantu meningkatkan serotonin di otak sehingga membantu ibu hamil cepat tidur. Informasi terkait dengan waktu untuk minum susu ibu hamil yang baik, silakan baca kapan sebaiknya minum susu ibu hamil ?

5. Dengarkan bacaan Al-Quran


Beberapa orang menyarankan ibu hamil untuk mendengarkan musik klasik untuk mengatasi susah tidur, dan memang kenyataannya dengan mendengarkan musik ibu hamil bisa cepat tidur. Selain itu, Anda bisa mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran untuk membantu menenangkan pikiran sehingga ibu hamil lebih mudah tidur.

6. Tarik napas


Perubahan mood pada ibu hamil terkadang membuat ibu hamil susah tidur karena ada beban pikiran. Untuk mengurangi ketegangan pada otak, Anda bisa menarik napas panjang dengan posisi duduk kemudian mengeluarkannya dengan pelan. Prakteknya, tarik napas dalam dalam melalui mulut, tahan sebentar lalu keluarkan melalui hidung.

7. Istirahatlah  kalau sempat


Tidur tidak harus dilakukan pada waktu malam karena di malam hari belum tentu Anda gampang tidur. Jika ada kesempatan yang memungkinkan Anda untuk bisa tidur, silakan tidur meski hanya sebentar.

Demikian lah cara mengatasi hamil 6 bulan susah tidur. Banyak keluhan yang kita alami saat hamil hingga membuat kita merasa berat, namun jangan khawatir karena semua akan terbayar dengan kelahiran sang buah hati yang akan menghibur hari hari kita.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top