Hamil 8 dan 9 Bulan Kaki Bengkak, Apa Penyebabnya ?

Penyebab hamil 8 dan 9 bulan kaki bengkak itu apa sih ? Mungkin saat ini Anda sedang mengeluhkan kaki bengkak yang tak kunjung sembuh pada usia kehamilan trimester ketiga. Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya kaki bengkak adalah hal yang wajar terjadi pada ibu hamil tua karena di saat itu beban tubuh semakin berat.

Pada umumnya kaki bengkak sudah terjadi sejak kurang lebih usia kehamilan 24 minggu, setiap ibu hamil berbeda beda. Beberapa ibu hamil tidak hanya mengeluhkan bengkak di bagian kaki tapi beberapa bagian tubuh lainnya juga mengalami pembengkakan.

Penyebab umum bengkak pada ibu hamil trimester ketiga adalah penumpukan cairan pada bagian tubuh tertentu terutama di bagian kaki. Selain karena penumpukan cairan tubuh, ada faktor lain yang menyebabkan kaki bengkak. Silakan simak pembahasannya pada artikel ini hingga selesai..

hamil-8-9-bulan-kaki-bengkak
image from pixabay

Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil 8 dan 9 Bulan


Dengan mengetahui penyebab kaki bengkak pada ibu hamil 8 dan 9 bulan diharapkan ibu hamil tidak memendam rasa takut di usia kehamilan akhir ini sehingga dalam menghadapi persalinan menjadi semakin siap.

Terkadang hati merasa sangat khawatir gara gara kaki terlihat bengkak dan tak kunjung kempes meski susah berhari hari bahkan sudah berminggu minggu. Untuk itu, perlu Anda ketahui bahwa kaki bengkak saat hamil trimester ketiga itu wajar asalkan tidak dibarengi dengan keluhan lain yang membahayakan. Adapun penyebab hamil 8  dan 9 bulan kaki bengkak antara lain adalah sebagai berikut..

1. Kaki bengkak disebabkan karena cairan menumpuk


Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, rahim ibu hamil kian hari semakin membesar. Kondisi ini dapat mengakibatkan penumpukan cairan pada bagian kaki sehingga kaki tiba tiba membengkak.

Pembengkakan pada kaki ini dapat membuat aktivitas jadi tidak nyaman sehingga ibu hamil perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengatasinya. Lantas, langkah apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi hal ini ? silakan baca pembahasannya pada artikel berjudul tips atasi kaki bengkak saat hamil.

2. Kaki ibu hamil menyangga beban berat


Selain karena penumpukan cairan, kaki bengkak yang dialami oleh ibu hamil 8 dan 9 bulan juga bisa terjadi karena kaki menerima beban yang jauh lebih berat dibandingkan hari sebelumnya.

Peningkatan berat badan ibu hamil secara drastis akan terjadi pada usia kehamilan trimeter kedua dan ketiga sehingga di usia itu ada beberapa ibu hamil yang mengeluhkan kaki bengkak karena kaki menerima beban berat setiap waktu.

3. Tidak lancarnya aliran darah


Peredaran darah tak lancar pada bagian kaki bisa menyebabkan pembengkakan kaki. Hal terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah di bagian kaki sehingga aliran darah dari jantung tidak dapat tersalur dengan sempurna ke bagian kaki. Keadaan ini lah yang akhirnya membuat kaki ibu hamil membengkak.

4. Ibu hamil kurang gerak


Di usia kehamilan akhir, biasanya ibu hamil malas untuk melakukan aktivitas gerak seperti olahraga, jalan jalan dan lainnya. Padahal sebenarnya di penghujung usia kehamilan, ibu hamil perlu rutin olahraga ringan terutama senam pernapasan. Untuk itu, silakan buat jadwal rutin olahraga ringan yang bisa dilakukan tiap hari. Silakan baca olahraga sehat untuk ibu hamil.

Waspadai Kaki Bengkak Tanda Bahaya Kehamilan


Kaki bengkak yang terjadi karena beberapa sebab di atas adalah hal yang wajar terjadi bagi ibu hamil sehingga Anda tidak perlu khawatir atau takut. Namun demikian, apabila kaki bengkak yang Anda alami dibarengi dengan munculnya beberapa gejala yang tak wajar maka Anda harus segera tanggap untuk konsultasi ke dokter. Adapun ciri kaki bengkak tanda bahaya kehamilan diantaranya adalah :

1. Kaki bengkak dibarengi dengan oto yang menonjol


Kaki bengkak yang dibarengi dengan menonjolnya otot kaki ke luar adalah kondisi yang perlu Anda waspadai dan segera mendapat penanganan tepat dari dokter. Kenapa demikian ? karena pembengkakan kaki yang disertai dengan otot menonjol itu bisa saja sebagai pertanda varises.

2. Dibarengi dengan rasa sakit yang sangat


Coba diam sebentar sambil merasakan kaki bengkak yang Anda alami, apakah dibarengi dengan rasa nyeri yang sangat sakit atau tidak. Kaki bengkak normal biasanya tidak dibarengi dengan rasa sakit yang terlalu menyiksa. Untuk itu, silakan periksakan kondisi Anda ke dokter terdekat guna mengetahui penyebab kaki bengkak yang Anda alami.

3. Preeklamsia


Salah satu masalah kehamilan yang sangat ditakuti oleh ibu hamil adalah preeklamsia karena preeklamsia bisa mengakibatkan keguguran dan kematian ibu apabila tidak mendapat penanganan dengan tepat. Salah satu tanda preeklamsia adalah pembengkakan kaki yang dibarengi rasa sakit dan panas. Apabila Anda menjumpai kejanggalan pembengkakan kaki yang sedang Anda alami, silakan langsung saja datang ke dokter.

4. Selulitis


Apa selulitis itu ? Selulitis adalah infeksi dan peradangan kulit yang bisa terjadi pada bagian kaki dengan ditandai dengan kaki bengkak. Kaki bengkak akibat Selulitis biasanya dibarengi dengan rasa sakit, luka dan terkadang bernanah.

Demikian lah ulasan terkait ibu hamil 8 dan 9 bulan kaki bengkak. Semoga apa yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi para pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top