Hamil Makan Durian, Amankah ? Baca ini dulu sebelum menyesal..

Hamil makan durian itu aman atau tidak sih ? mungkin saat ini Anda sedang mencari informasi tentang boleh dan tidaknya ibu hamil makan durian. Pada musim durian kali ini, mungkin Anda sedang hamil dan rasanya ingin sekali makan durian namun terkendala karena ada informasi yang menyebutkan bahwa makan durian dapat mengganggu kehamilan.

Durian adalah buah berbau menyengat yang sangat disukai oleh banyak orang karena rasanya sangat gurih dan manis. Banyak orang rela mengeluarkan duit banyak untuk menikmati lezatnya durian.

Dengan alasan menjaga kehamilan, kerap kali ibu hamil menjauhi makanan yang disukai dengan harapan janin dalam kandungan tetap sehat dan kehamilan berjalan dengan lancar tanpa banyak masalah. Lantas, bolehkah ibu hamil makan durian ?

hamil-makan-durian
image from pixabay

Hamil Makan Durian


Demi menjaga kehamilan agar tetap sehat, ibu hamil hendaknya tidak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman karena ada beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena termasuk pantangan. Buah segar dan sayur mayur adalah makanan bergizi tinggi yang sangat baik bagi kesehatan, namun tidak semuanya aman bagi kehamilan.

Salah satu buah segar yang banyak dipertanyakan oleh kaum wanita adalah durian "hamil makan durian itu boleh atau tidak ?". Perlu kami sampaikan bahwa buah durian itu memiliki kandungan zat yang dapat memicu peningkatan gula darah sehingga ibu hamil yang punya penyakit diabetes hendaknya menghindarinya.

Pada dasarnya tak ada larangan bagi ibu hamil untuk makan buah durian, namun sebagai langkah waspada banyak orang yang menyarankan ibu hamil untuk menghindari buah durian, terutama ketika usia kehamilan masih muda. Meski tidak termasuk buah yang dilarang untuk ibu hamil, namun sebagian ahli menyarankan ibu hamil untuk tidak makan durian dan jika terpaksa harus makan durian maka sedikit saja, jangan berlebihan.

Bahaya akibat makan durian terlalu banyak


Ada beberapa akibat yang bisa ditimbulkan karena makan durian terlalu banyak. Dampak buruk makan durian berlebihan tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil, akan tetapi janin ikut merasakannya. Di bawah ini adalah beberapa akibat yang bisa ditimbulkan karena makan durian berlebihan :

1. Terjadi peningkatan gula darah


Jika Anda rasakan, buah durian pasti rasanya manis bahkan ada yang sampai terasa agak pahit karena saking manisnya. Mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi tidak lah dianjurkan bagi ibu hamil karena bisa membuat janin tumbuh terlalu pesat sehingga kelebihan berat badan.

Hal ini tentu kurang menguntungkan bagi ibu hamil terutama saat proses persalinan. Selain tumbuh besar saat masih di dalam kandungan, bayi yang sudah terlahir di dunia juga berkembang dengan cepat sehingga memperbesar resiko obesitas (kelebihan berat badan).

Dampak buruk makanan berkadar gula tinggi tidak hanya kurang menguntungkan bagi janin, tapi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit diabetes juga memperoleh dampak buruknya. Untuk itu, kalau Anda mau makan durian sebaiknya jangan sampai berlebihan demi menjaga kehamilan tetap sehat.

2. Memiliki kandungan alkohol


Selain memiliki kandungan gula yang cuku tinggi, buah durian matang juga mengandung alkohol seperti makanan yang difermentasi. Sebagaimana kita ketahui bahwa alkohol adalah merupakan salah satu zat yang perlu dihindari oleh ibu hamil karena dapat mengakibatkan kehamilan bermasalah.

Terlalu banyak makan durian sama dengan memberi asupan tubuh dengan banyak alkohol sehingga mengakibatkan beberapa masalah kesehatan pada janin bahkan alkohol dapat menghambat perkembangan otak janin.

3. Ibu hamil mengalami obesitas


Durian memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang sangat banyak sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan ibu hamil mengalami kelebihan berat badan (obesitas).

Obesitas bukan lah sebuah penyakit, namun perlu Anda waspadai karena dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit seperti infeksi saluran kemih, diabetes dan preeklamsia.

Untuk itu, meski rasanya sungguh lezat dan menggoda sebaiknya ibu hamil tidak makan durian dalam jumlah terlalu banyak. Hamil makan durian memang tidak dilarang namun perlu dibatasi demi menjaga janin tetap sehat.

Mitos Seputar Hamil Makan Durian


Ada beberapa kabar yang tersiar dari mulut ke mulut bahwa makan durian itu dapat menyebabkan kehamilan bermasalah. Sebagian orang ada yang percaya terhadap mitos itu, namun banyak juga yang tidak percaya sebelum mendapat penjelasan langsung dai dokter. Mitos hamil makan durian diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Durian membuat janin panas


Mungkin Anda sering mendengar kabar bahwa makan durian saat hamil bisa menyebabkan bayi panas hingga akhirnya terjadi keguguran. Perlu kami sampaikan bahwa mitos tersebut sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu dan sudah menjadi kepercayaan dari orang Tionghoa. Namun demikian belum ada bukti ilmiah yang menguatkan pendapat tersebut.

2. Kolesterol naik karena makan durian


Kolesterol jahat yang ada dalam tubuh manusia sudah ada batas normalnya, kalau sampai berlebihan maka dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Lantas, benarkah pernyataan yang menyebutkan kalau durian dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh ? Jawab : tidak benar karena tak ada kandungan lemak jahat pada durian, lemak jahat hanya dijumpai pada makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh seperti daging merah, ikan laut, susu dan lainnya.

Demikian penjelasan terkait hamil makan durian. Intinya, durian itu tidak termasuk makanan pantangan ibu hamil namun jangan terlalu banyak makan durian demi menjaga kehamilan agar tetap sehat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top