Ibu Hamil 8 Bulan Keputihan, Berbahayakah ?

Ibu hamil 8 bulan masih sering mengalami keputihan adalah kondisi yang membuat kaum wanita ragu, apakah hal itu wajar atau sebagai tanda bahaya kehamilan. Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya keputihan adalah hal yang wajar dialami oleh semua kaum hawa, baik yang sedang hamil maupun yang tidak hamil.

Pada usia kehamilan muda, keputihan sering kali dikaitkan dengan tanda kehamilan karena umumnya orang hamil itu mengalami keputihan meski sebenarnya keputihan itu bisa terjadi karena selain kehamilan.

Keputihan terkadang muncul beberapa hari jelang menstruasi, sehingga banyak orang yang ingin mengetahui sebenarnya perbedaan keputihan tanda hamil atau haid itu seperti apa. Untuk itu, coba simak penjelasannya pada artikel berjudul ciri keputihan tanda hamil atau menstruasi.

ibu-hamil-8-bulan-keputihan
image from pixabay

Keputihan pada Ibu hamil 8 Bulan


Di usia kehamilan trimester ketiga, banyak keluhan yang disampaikan oleh ibu hamil seperti susah tidur, sakit punggung, sembelit atau susah BAB dan lain lain.

Semua keluhan itu adalah hal yang wajar dan hampir semua ibu hamil mengalaminya. Apabila Anda menjumpai keraguan pada kondisi yang sedang Anda alami silakan langsung konsultasi ke dokter atau bidan terdekat.

Lantas, bagaimana dengan keputihan yang dialami oleh ibu hamil 8 bulan ? apakah termasuk tanda bahaya atau wajar ? Silakan lanjut membaca untuk informasi lebih lanjut..

Perlu kami sampaikan bahwa keputihan yang dialami oleh kaum wanita adalah satu kondisi yang wajar dialami baik pada wanita yang sedang hamil atau wanita yang tidak hamil.

Pada dasarnya keputihan adalah mekanisme tubuh secara alami yang berkhasiat untuk membersihkan daerah v!tal. Selama cairan keputihan tidak menunjukkan tanda tanda bahaya berarti ibu hamil tetap dalam kondisi aman sehingga tidak perlu khawatir.

Ciri Keputihan Normal dan tidak Normal


Keputihan yang dialami oleh kaum wanita itu ada yang tergolong aman dan ada yang tidak aman, tergantung penyebab dari keputihan tersebut. Normal dan tidaknya keputihan yang dialami oleh wanita (termasuk ibu hamil) bisa dikenali dari beberapa hal. Adapun ciri keputihan yang normal diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Cairan keputihan berwarna bening atau putih seperti air susu
  • Cairan keputihan tidak mengeluarkan bau busuk
  • Tidak menimbulkan gatal gatal di area kewan!taan
  • Tidak dibarengi dengan keluhan tak wajar seperti kram perut dan lainnya

Apabila ibu hamil 8 bulan mengalami keputihan dengan ciri seperti tersebut di atas maka tak perlu khawatir karena kondisi yang sedang Anda alami adalah hal yang wajar. Namun demikian, Anda bisa langsung konsultasi ke dokter jika hati masih kurang yakin.

Keputihan memang sangat wajar dialami oleh ibu hamil, namun tidak semua jenis keputihan aman bagi ibu hamil karena ada keputihan yang menjadi pertanda bahaya kesehatan. Adapun tanda keputihan berbahaya antara lain adalah sebagai berikut :

  • Cairan keputihan sudah berubah warna menjadi kekuningan atau kehijauan
  • Keputihan terlalu banyak
  • Mengeluarkan bau busuk atau tak sedap
  • Disertai dengan gatal tak tertahankan di area v!tal
  • Disertai dengan keluhan tak wajar seperti kram perut dan lainnya

Keputihan tak normal bisa terjadi karena beberapa sebab seperti karena infeksi jamur, bakteri, infeksi virus, penyakit tertentu, parasit dan lainnya.

Apabila Anda menjumpai tanda keputihan tak normal, sebaiknya segera saja konsultasikan ke dokter untuk memastikan penyebab dari keputihan yang Anda alami. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter akan memberikan penanganan tepat sesuai dengan hasil pemeriksaan. Pemberian obat akan dilakukan dengan resep yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Penanganan Keputihan Ibu Hamil


Cairan keputihan yang keluar terlalu banyak bukan semata mata sebagai tanda keputihan berbahaya karena perubahan hormonal pada tubuh ibu hamil ada kalanya membuat cairan keputihan terlalu banyak. Berikut ini adalah tips ringan yang bisa anda terapkan untuk menangani keputihan saat hamil :

  • Pakai CD dengan bahan katun
  • Ganti CD sebelum lembab
  • Jangan menahan pipis meski biasanya ibu hamil sering sekali merasa ignin pipis
  • Keringkan area kew@n!taan setelah BAK
  • Jangan menggunakan cairan pembersih organ kew@n!taan
  • Bersihkan area v!tal dengan air bersih saja
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih

Demikian informasi terkait ibu hamil 8 bulan keputihan yang dapat kami sampaikan. Keluhan yang dihadapi oleh ibu hamil seakan tak ada hentinya, namun jangan khawatir semua akan terbayar dengan kehadiran si jagoan kecil kelak setelah lahir di dunia. Semoga kehamilan Anda menyenangkan..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top