Ibu Hamil Rambut Rontok Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan cara mengatasi rambut rontok ibu hamil ⏩ Kehamilan adalah sebuah momen bahagia yang dapat melengkapi kebahagiaan rumah tangga. Menunggu sembilan bulan rasanya sangat lama sekali karena hati sudah tak sabar ingin segera menimang sang buah hati. Di sisi lain, ada banyak keluhan yang disampaikan oleh ibu hamil dalam menjalani masa kehamilannya, salah satunya adalah rambut rontok.

Rambut rontok adalah hal yang wajar terjadi pada ibu hamil, ribuan bahkan jutaan wanita hamil mengalaminya. Apabila Anda juga mengalami hal itu, tak usah khawatir karena banyak juga wanita hamil yang mengalami hal itu.

Rambut rontok yang dialami oleh setiap ibu hamil itu berbeda beda, ada yang masih dalam batas wajar hingga ada yang sampai parah. Kondisi ini tentu membuat ibu hamil khawatir jangan jangan rambut rontok tersebut dapat mengakibatkan kebotakan.

penyebab-dan-cara-mengatasi-rambut-rontok-pada-ibu-hamil
image from pixabay

Penyebab Rambut Rontok pada Ibu Hamil


Sebenarnya penyebab ibu hamil rambut rontok itu apa sih ? Mungkin saat ini Anda sedang bertanya tanya tentang hal itu, maka perlu Anda ketahui bahwa rambut rontok pada ibu hamil itu kebanyakan disebabkan oleh :

1. Rambut rontok karena faktor hormonal


Sebagaimana kita ketahui bahwa wanita yang sedang menjalani kehamilan secara otomatis tubuhnya akan menghasilkan hormon yang berfungsi untuk menjaga dan melindungi janin agar dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Perubahan hormon yang terjadi pada tubuh ibu hamil dapat menyebabkan berbagai macam keluhan yang biasa disebut dengan tanda awal kehamilan seperti mual muntah, badan lelah, kepala pusing dan lain lain.

Selain itu, ketidakseimbangan hormon saat hamil juga dapat mengakibatkan rambut rontok dengan tingkat keparahan yang tak sama, ada yang hanya rontok biasa, ada yang sedang sedang dan ada yang rontok parah.

Seiring dengan berakhirnya masa kehamilan, biasanya keadaan menjadi normal kembali yaitu rambut sudah tidak rontok. Namun ada beberapa ibu hamil yang tetap mengeluhkan rambut rontok meski sudah melahirkan. Hal ini bisa terjadi karena kemungkinan rambut rontok disebabkan karena selain ketidakseimbangan hormon.

2. Pikiran stress


Selain disebabkan karena perubahan hormon, rambut rontok yang dialami oleh ibu hamil juga bisa terjadi karena pikiran stress. Rambut rontok yang disebabkan karena stress bisa terus terjadi meski masa kehamilan telah usai. Untuk mencegah terjadinya rambut rontok karena stress, sebaiknya ibu hamil jangan terlalu banyak terbebani pikiran. Pikiran stress tidak hanya berdampak pada rambut rontok, namun bisa menyebabkan masalah kehamilan yang cukup mengerikan, silakan baca pembahasannya pada akibat stress pada ibu hamil dan janin.

Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Ibu Hamil


Meski termasuk hal yang banyak dialami oleh ibu hamil, namun Anda harus tetap berusaha untuk mengatasi kerontokan rambut yang mengiringi masa kehamilan Anda. Betapa tidak, rambut rontok yang dibiarkan begitu saja lambat laun akan menjadi semakin parah dan bisa menyebabkan kebotakan. Lantas, bagaimana cara mengatasi ibu hamil rambut rontok ? Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Atasi rambut rontok dengan bahan alami


Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok adalah dengan memanfaatkan bahan alam yang dipercaya bisa menguatkan rambut. Ada banyak bahan alami yang digunakan oleh masyarakat untuk mengatasi rambut rontok seperti minyak kemiri, gel lidah buaya, dan lain lain.

Untuk memanfaatkan bahan alam tersebut, Anda cukup mengoleskan bahan tersebut setelah keramas, diamkan paling tidak satu jam lalu bilas pakai air hingga benar benar bersih.

Penggunaan bahan alami yang dilakukan secara rutin setiap dua hari sekali dipercaya dapat menguatkan akar rambut sehingga rambut rontok pada ibu hamil bisa diminimalisir.

2. Cukupi kebutuhan nutrisi harian


Selain menggunakan bahan alami, Anda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi harian guna mendapatkan rambut yang sehat, terutama asupan vitamin dan zinc. Mencukupi kebutuhan nutrisi harian tidak hanya bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok, tapi juga bermanfaat bagi janin dan ibu hamil secara umum.

Konsumsi sayur mayur dan buah segar jangan sampai ditinggalkan, karena keduanya memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel berjudul contoh makanan bergizi untuk ibu hamil.

3. Minum vitamin yang dapat menguatkan rambut


Ada banyak merk vitamin untuk rambut rontok yang dijual di toko obat dan toko kecantikan, namun Anda tidak boleh sembarangan minum vitamin tersebut karena di dalam perut Anda ada sang buah hati yang masih sangat sensitif.

Demi mencegah hal yang tidak diinginkan, silakan datang ke dokter untuk mendapatkan vitamin kesuburan rambut yang tepat. Dokter akan memberikan obat penguat rambut yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Anda juga bisa menerapkan tips sederhana untuk  perawatan rambut saat hamil seperti yang telah dibahas beberapa waktu lalu pada artikel berjudul perawatan rambut untuk ibu hamil.

Sekian informasi terkait penyebab da cara mengatasi ibu hamil rambut rontok. Dengan tips sederhana di atas semoga kerontokan rambut yang Anda alami segera berakhir. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top