Larangan Makanan untuk Ibu Hamil agar tidak Keguguran

Larangan makanan untuk ibu hamil ⏩ Demi menjaga kehamilan agar tidak banyak masalah, hendaknya wanita hamil berhati hati setiap akan mengkonsumsi makanan apapun. Kenapa demikian ? karena tidak semua makanan aman bagi ibu hamil. Meski banyak mengandung gizi namun beberapa jenis makanan dapat menyebabkan masalah kehamilan yang dapat memicu terjadinya keguguran.

Menghindari makanan pantangan bagi ibu hamil merupakan satu upaya sederhana untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Meremehkan dalam hal makanan dapat menyebabkan beberapa masalah kehamilan yang cukup mengganggu .

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan beberapa makanan dan minuman yang hendaknya dihindari atau dibatasi selama kehamilan berjalan. Silakan simak ulasannya di bawah ini :

larangan-makanan-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Larangan Makanan untuk Ibu Hamil


Beberapa jenis makanan bergizi tinggi tidak selamanya aman bagi kehamilan, maka ibu hamil harus selektif dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Adapun contoh larangan makanan untuk ibu hamil diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ibu hamil dilarang makan daging mentah


Daging merupakan jenis makanan yang dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi janin karena mengandung banyak protein. Akan tetapi, jika daging dimakan dalam keadaan mentah justru dapat membahayakan keselamatan janin karena sangat besar kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri berbahaya tokoplasma, bakteri coli dan salmonella.

2. Ikan yang mengandung merkuri


Ikan laut dan ikan air tawar adalah makanan sumber protein yang sangat bagus bagi manusia. Ikan memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk membantu mengoptimalkan kerja otak dan meningkatkan kecerdasan.

Namun demikian, selama kehamilan berlangsung hendaknya ibu hamil menghindari jenis ikan yang mengandung merkuri seperti ikan hiu, ikan mackerel, ikan todak dan ikan tilefish. Jika Anda sebagai penggemar sushi, hendaknya lebih waspada karena beberapa jenis sushi terbuat dari daging ikan yang mengandung merkuri.

3. Ikan asap


Meski bukan termasuk larangan mutlak untuk ibu hamil, ikan asap hendaknya dihindari oleh ibu hamil. Kenapa ? karena ikan asap umumnya tidak memiliki tingkat kematangan yang sempurna sehingga bisa terkontaminasi oleh bakteri listeria.

Bakteri ini dapat menembus plasenta hingga menyebabkan janin terkena infeksi yang mematikan. Apabila Anda adalah penggemar ikan asap, maka jangan khawatir karena ikan asap yang dimasak hingga bebar benar matang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Telur mentah atau setengah matang


Hampir sama seperti ikan asap, meski banyak mengandung protein namun telur yang dikonsumsi mentah atau setengah matang justru dapat membahayakan kehamilan. Kenapa demikian ? karena telur yang dimakan mentah atau setengah matang bisa terkontaminasi oleh bakteri berbahaya. Untuk penjelasan lebih detil terkait konsumsi telur saat hamil, silakan baca telur buat ibu hamil, bermanfaat atau berbahaya ?

5. Sayuran kotor tidak dicuci


Sayuran adalah sumber makanan yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil, pasalnya kandungan nutrisi pada sayuran sangat lah lengkap. Namun demikian, ibu hamil harus benar benar memilih sayuran yang bersih untuk menghindari hal yang tak diinginkan. Sayuran kotor dan tidak dicuci dapat menyebabkan masalah kehamilan serius karena kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri tokoplasma.

Selain memilih sayuran yang bersih, hendaknya ibu hamil memasak sayuran dengan cara yang tepat. Sayuran yang dimasak terlalu pedas atau diberi campuran bahan kimia hendaknya dihindari karena dapat membahayakan kehamilan.

Demi menjaga kehamilan agar tetap sehat dan tidak banyak masalah, hendaknya ibu hamil menghindari beberapa makanan yang tidak boleh untuk ibu hamil. Sebenarnya, tidak hanya 5 jenis makanan yang dilarang bagi ibu hamil tapi ada lebih dari itu.

Tak hanya makanan, dalam hal minuman pun ibu hamil juga harus hati hati karena ada beberapa jenis minuman yang kurang menguntungkan bagi ibu hamil seperti minuman beralkohol, terlalu banyak minum kafein, susu yang tidak dipasteurisasi dan lain lain.

Demikian ulasan singkat terkait larangan makanan untuk ibu hamil agar tidak keguguran. Setelah membaca ulasan singkat di atas, diharapkan ibu hamil akan lebih berhati hati dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top