Makanan yang dilarang untuk Ibu Hamil 1 Bulan agar tidak Bayi Sehat

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil ⏩ Usia kehamilan muda 1 bulan perlu dirawat dengan baik agar kehamilan berjalan dengan lancar dan tidak banyak masalah. Hal penting dalam perawatan kehamilan adalah selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi  setiap hari. Memilih makanan bergizi dan menghindari makanan pantangan ibu hamil adalah langkah tepat untuk menjaga kehamilan.

Menu makanan sehat yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil adalah menu makanan yang mengandung banyak nutrisi bermanfaat serta dapat memberikan dampak positif pada kehamilan. Info detil bisa Anda baca pada artikel berjudul menu makanan ibu hamil trimester 1 2 3.

Selain mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi, ibu hamil perlu menghindari aneka macam makanan yang dapat membahayakan kehamilan. Salah dalam mengkonsumsi makanan dan minuman dapat mengakibatkan dampak buruk pada ibu hamil dan janin.

makanan-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil-1-bulan
image from pixabay

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil


Ketika kehamilan baru berusia 1 bulan, biasanya ibu hamil menjumpai banyak keluhan yang cukup mengganggu kenyamanan. Keluhan itu antara lain adalah mual, muntah, badan lelah, kepala pusing, lemas dan lain lain.

Di usia kehamilan muda itu pula banyak ibu hamil yang ngidam makanan tertentu dengan dalih janin dalam kandungan lah yang memintanya. Makanan yang diidamkan oleh setiap ibu hamil itu tak sama dan belum tentu makanan yang aman bagi kehamilan.

Untuk itu, alangkah baiknya Anda berhati hati sebelum benar benar mengkonsumsi makanan yang diidamkan. Adapun makanan yang dilarang untuk ibu hamil 1 bulan diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Makanan kotor / busuk


Ibu hamil hendaknya selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Makanan kotor atau busuk hendaknya benar benar dihindari karena besar kemungkinan mengandung bakteri berbahaya.

Ketika Anda mau makan buah segar kok ternyata sebagian ada yang busuk maka jangan nekat mengkonsumsi bagian buah yang belum busuk. Kenapa demikian ? karena bakteri pada buah yang busuk tersebut bisa jadi sudah menyebar ke seluruh bagian buah hanya saja belum terlihat jelas.

2. Ikan laut yang mengandung merkuri


Ikan laut termasuk salah satu jenis makanan yang mengandung banyak protein, namun tidak semua jenis ikan laut aman bagi ibu hamil. Ikan laut yang mengandung merkuri, sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena dapat membahayakan keselamatan janin, apalagi kalau kehamilan baru berusia 1 bulan.

Ikan hiu, ikan pari dan ikan todak adalah beberapa jenis ikan laut yang dilarang untuk ibu hamil karena disinyalir mengandung merkuri. Adapun ikan laut yang tidak mengandung merkuri boleh dimakan ibu hamil.

3. Daging mentah dan setengah matang


Beberapa orang lebih suka mengkonsumsi hasil olahan daging setengah matang atau mentah. Mungkin, mengkonsumsi daging setengah matang dapat meningkatkan selera makan, namun untuk ibu hamil 1 bulan hendaknya tidak makan daging mentah atau setengah matang karena daging tersebut besar kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri berbahaya.

Untuk mendapatkan manfaat dari kandungan nutrisi pada daging, silakan masak daging hingga benar benar matang. Hal ini juga berlaku pada telur ayam, telur bebek, telur puyuh dan lain lain, yaitu harus dimasak hingga benar benar matang. Silakan baca telur buat ibu hamil, bermanfaat atau berbahaya ?

4. Makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya


Pada saat ini, mencari makanan yang bebas dari campuran bahan kimia sangat lah sulit. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk membuat makanan sendiri tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya.

Apabila Anda ingin mengkonsumsi jajanan yang banyak dijual di toko, sebaiknya perhatikan dengan $eks@ma apakah ada izin dari BPOM atau tidak. Jajanan dengan kemasan abal abal yang tidak ada izin dari BPOM sebaiknya dihindari.

5. Minuman beralkohol


Selain makanan, ibu hamil 1 bulan juga perlu selektif dalam mengkonsumsi aneka jenis minuman. Minuman beralkohol hendaknya dihindari selama kehamilan berlangsung karena dapat membahayakan keselamatan janin dalam kandungan bahkan bisa memicu terjadinya keguguran. Penjelasan lebih lanjut bisa Anda baca makanan yang menyebabka keguguran kandungan.

Demikian ulasan terkait makanan yang dilarang untuk ibu hamil 1 bulan. Selama hamil, hendaknya Anda hindari bebrapa jenis makanan yang kami tulis di atas. Anda bisa mengkonsultasikan makanan yang akan Anda konsumsi ke dokter, terutama jenis makanan yang terindikasi dapat memberikan dampak negatif pada kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top