Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil 7 Bulan agar Janin Sehat

Ibu hamil 7 bulan perlu mendapatkan menu makanan sehat agar janin dalam kandungan dapat tumbuh berkembang dengan baik. Selain baik untuk perkembangan janin, mengkonsumsi makanan sehat juga bermanfaat bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya. Pada usia kehamilan 7 bulan, ibu hamil banyak menjumpai keluhan keluhan sehingga perlu menu makanan sehat dan bergizi untuk menghadapi segala macam keluhan kehamilan yang ada sehingga bayi sehat dan terhindar dari kelahiran prematur.

Di usia 7 bulan kehamilan, janin dalam kandungan mengalami penyempurnaan organ tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Paru paru janin di usia ini sudah berkembang dengan sempurna hingga dapat menjalankan tugasnya.

Tak hanya itu, di awal trimester ketiga ini indra pendengaran janin juga sudah berfungsi dengan baik sehingga mampu merespon ran9sangan suara dari luar. Untuk itu, ibu hamil perlu memberikan stimulan kepada janin berupa sajian musik klasik atau bacaan ayat suci Al-Quran.

menu-makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-7-bulan
image from pixabay

Menu Makanan Sehat Ibu Hamil 7 Bulan


Perlu Anda ketahui bahwa pada usia kehamilan 7 bulan, janin dalam kandungan membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap untuk membantu perkembangan organ tubuhnya. Pada usia ini, rambut dan bulu mata janin berkembang sempurna, tubuh sudah bisa menyimpan lemak.

Di usia ini janin sudah bergerak lincah hingga menimbulkan keluhan bagi ibu hamil yang cukup membuat tak nyaman seperti sakit pinggang, sakit punggung, sakit tulang belakang, kram perut dan lain lain.

Sebagai upaya untuk membantu mengoptimalkan perkembangan janin serta mengurangi segala macam keluhan yang muncul pada ibu hamil 7 bulan maka diperlukan menu makan sehat dengan kandungan gizi yang lengkap.

Perlu kami sampaikan bahwa asupan nutrisi adalah hal penting yang sangat mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan. Terlebih lagi ketika usia kehamilan telah masuk pada bulan ke 7 dimana janin sedang menyempurnakan organ tubuhnya. Untuk itu, hendaknya ibu hamil benar benar memperhatikan asupan gizi ibu hamil trimester 3.

Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan sehat, segala macam keluhan yang ada bisa diminimalisir sehingga kehamilan bisa dijalani dengan aman dan nyaman. Adapun menu makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menu makan yang mengandung omega 3


Omega 3 sangat diperlukan oleh janin untuk membantu proses perkembangan otak serta meningkatkan kecerdasan bayi kelak setelah lahir. Ada banyak makanan yang mengandung omega 3, antara lain adalah ikan salmon, ikan segar, buah alpukat dan lain lain. Bila perlu konsumsi suplemen minyak ikan untuk menambah asupan omega 3.

2. Makanan berkalsium


Selain makanan yang mengandung omega 3, ibu hamil 7 bulan juga membutuhkan makanan yang banyak mengandung kalsium. Kalsium sangat bermanfaat bagi janin untuk membantu menguatkan tulang ibu hamil dan janin. Adapun makanan yang banyak mengandung kalsium adalah susu, telur, keju dan lain lain. Apabila Anda tidak suka minum susu, coba baca ulasan berjudul kalsium untuk ibu hamil selain susu.

3. Vitamin B


Pada usia kehamilan trimester akhir ( 7 hingga 9 bulan) ibu hamil butuh makanan yang mengandung vitamin B untuk melancarkan proses metabolisme tubuh. Apabila metabolisme tubuh berjalan dengan baik maka janin bisa mendapatkan asupan nutrisi dengan sempurna sehingga berdampak baik pada tumbuh kembang janin. Adapun makanan yang mengandung vitamin B antara lain adalah daging sapi, daging ayam, ikan segar dan lainnya.

4. Makanan beryodium


Yodium dibutuhkan oleh janin untuk membantu proses pembentukan sela baru. Tiroksin yang terdapat pada yodium bermanfaat bagi janin untuk mengoptimalkan pertumbuhan sehingga janin tidak tumbuh kerdil.

Tak hanya itu, yodium juga diperlukan oleh janin untuk membantu proses perkembangan otak. Untuk mendapatkan zat yodium Anda bisa mengkonsumsi ikan laut dan garam beryodium. Dalam mengkonsumsi ikan laut hendaknya dimasak hingga benar benar matang untuk menghindari dampak buruk dari bakteri berbahaya.

5. Vitamin K


Ibu hamil 7 bulan membutuhkan makanan yang mengandung vitamin K untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri dan janin dalam kandungannya. Vitamin K sangat berperan dalam proses pembekuan darah sehingga sangat baik untuk mempersiapkan diri jelang persalinan. Beberapa macam sayur banyak mengandung vitamin K seperti bayam dan brokoli.

Itulah beberapa menu makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan yang bisa anda siapkan sebagai menu makan harian. Jangan meremehkan urusan makan karena janin masih sangat bergantung pada sang bunda. Sekian dan semoga kehamilan Anda berjalan dengan baik tanpa banyak kendala.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top