Orang hamil boleh minum kopi atau tidak ? Ini penjelasannya..

Orang hamil itu boleh minum kopi atau tidak sih ? Pertanyaan ini kerap muncul dari pasangan suami istri yang suka minum kopi. Beberapa orang menganggap minum kopi adalah hal yang biasa sehingga tidak minum kopi juga tidak apa apa, namun ada juga orang yang sangat hobi minum kopi sehingga tiap hari harus minum kopi, kalau tidak minum kopi rasanya seperti ada yang kurang dalam hidupnya.

Para pecinta kopi tidak hanya dari kalangan pria melainkan dari golongan kaum wanita juga banyak yang suka minum kopi. Apabila Anda adalah seorang wanita yang sedang hamil dan termasuk pecinta kopi, coba luangkan waktu untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Perlu Anda ketahui bahwa minum kopi bukan sebagai pantangan atau larangan ibu hamil, namun ibu hamil perlu membatasi dalam minum kopi agar tidak berdampak buruk pada janin. Lantas, berapa batas minum kopi bagi ibu hamil dalam setiap harinya ??

orang-hamil-boleh-minum-kopi-atau-tidak
image from pixabay

Orang Hamil Boleh Minum Kopi


Ibu hamil diperbolehkan minum kopi asal tidak berlebihan karena jika ibu hamil terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan dampak yang kurang baik bagi janin.

Hal itu dapat terjadi karena kopi mengandung kafein yang cukup banyak, sedangkan kafein itu sendiri dapat mengakibatkan masalah pada denyut jantung janin.

Beberapa ahli kesehatan menyarankan bahwa batas maksimal orang hamil boleh minum kafein adalah 200 mg dalam setiap harinya atau setara dengan 2 cangkir kecil. Untuk itu, ibu hamil pecinta kopi hendaknya membatasi diri dalam minum kopi, jangan terlalu banyak.

Bahaya Ibu Hamil Minum Kopi Berlebihan


Apabila ibu hamil nekat minum kopi dalam jumlah banyak, maka dikhawatirkan akan muncul beberapa resiko kehamilan yang cukup membuat hati deg degan. Ada beberapa hal yang kemungkinan terjadi pada ibu hamil yang minum kopi berlebihan, diantaranya adalah  :

  • Ibu hamil sering mengalami kecemasan
  • Detak jantung ibu hamil berdenyut terlalu kencang
  • Insomnia / susah tidur
  • Mengalami gangguan pencernaan

Selain empat poin di atas, kalau ibu  hamil minum kopi dalam jumlah terlalu banyak juga dapat meningkatkan resiko masalah kehamilan serius diantaranya adalah :

  • Ibu hamil mengalami anemia
  • Nyeri ulu hati yang cukup menyiksa
  • Kelahiran berat badan bayi di bawah normal
  • Bayi tidak berkembang [silakan baca : ciri janin tidak berkembang]
  • Meningkatkan resiko keguguran

Berapa sih takaran tepat minum kopi saat hamil ?


Tidak ada yang membuat aturan pasti tentang takaran pas minum kopi saat hamil, namun demi menjaga kehamilan agar tetap sehat dan ibu hamil tidak menjumpai masalah kesehatan yang dapat merugikan diri sendiri dan janin dalam kandungan maka beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk tidak berlebihan dalam minum kopi.

Kenapa tidak boleh berlebihan ? karena kandungan kafein dalam kopi sangat tinggi, sedangkan ibu hamil itu tidak dianjurkan mendapat asupan kafein terlalu banyak.

Tak hanya kopi, konsumsi segala jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein hendaknya dibatasi guna mencegah hal tidak diinginkan. Beberapa minum yang mengandung kafein diantaranya adalah cokelat, teh, soda dan lain lain.

Dari beberapa jenis minuman yang banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia, kopi termasuk minuman yang memiliki kandungan kefein cukup tinggi sehingga ibu hamil harus membatasinya.

Anjuran minum kopi bagi ibu hamil maksimal adalah 2 cangkir per hari atau 200 mg per hari. Adanya anjuran untuk membatasi minum kopi ini dimaksudkan agar ibu hamil tidak mengalami berbagai macam masalah kehamilan seperti yang telah kami sampaikan di di atas.

Selain kopi, apabila Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein seperti teh dan coklat hendaknya juga dibatasi, jangan terlalu banyak hingga melebihi batas maksimal konsumsi kafein harian bagi ibu hamil yaitu 200 mg per hari.

Kalau Anda suka minum god day, apakah takarannya juga seperti itu ? coba simak penjelasannya pada artikel berjudul bolehkah ibu hamil minum kopi god day ?

Menjaga kehamilan adalah hal wajib dilakukan oleh semua ibu hamil karena keselamatan janin dalam kandungan sangat bergantung pada ibu. Sembrono dalam memperlakukan kehamilan dapat menyebabkan dampak yang kurang baik bagi janin.

Demikian informasi terkait orang hamil boleh minum kopi atau tidak ? Semoga tulisan singkat ini bisa menyumbangkan manfaat bagi para pembaca. Terimakasih atas kunjungannya, semoga kehamilan Anda menyenangkan..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top