Orang hamil makan nangka bolehkah ? Ini penjelasannya..

Orang hamil makan nangka itu boleh atau tidak sih ? Mungkin saat ini Anda adalah salah satu dari beberapa orang yang mencari informasi tentang boleh dan tidaknya ibu hamil makan nangka. Pada musim nangka ini banyak orang yang suka membuat aneka panganan dengan bahan baku nangka seperti kolak, nangka goreng dan lain lain. Cemilan sehat berbahan dasar nangka ini rasanya sangat enak, tak heran jika banyak orang terpikat hatinya untuk makan buah nangka, tak terkecuali ibu hamil.

Di sisi lain, kehamilan adalah momen bahagia yang sangat ditunggu kehadirannya oleh semua pasangan suami istri, maka ibu hamil harus selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi guna menjaga kehamilan tetap sehat.

Ada banyak informasi yang menyebutkan larangan kehamilan mulai dari makanan, minuman, dan aktivitas tertentu. Kebenaran tentang informasi yang berkembang di kalangan masyarakat belum tentu benar, namun ibu hamil tetap harus waspada, termasuk dalam hal memilih makanan wabil khusus buah nangka.

orang-hamil-makan-nangka
image from pixabay

Bolehkah orang hamil makan nangka ?


Ada beberapa orang yang menyatakan bahwa nangka adalah pantangan makanan saat hamil karena buah ini bisa membuat ibu hamil sakit perut dan berakhir dengan keguguran.

Di lain sisi, ada juga orang yang berpendapat kalau nangka itu boleh dimakan oleh ibu hamil karena banyak mengandung nutrisi bermanfaat. Lantas yang benar yang mana ? bolehkah ibu hamil makan nangka ? Coba simak ulasan di bawah ini..

Buah Nangka Mengandung Banyak Nutrisi


Sebelum masuk pada pembahasan boleh atau tidaknya orang hamil makan nangka, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu tentang kandungan nutrisi pada buah nangka.

Buah nangka adalah buah asli Asia Tenggara dengan nama latin Artocarpus heterophyllus. Buah ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang manis sehingga cocok digunakan untuk campuran es seperti es buah, kolak dan lainnya.

Selain itu, nangka yang masih mentah (belum matang ) dapat dimasak sebagai sayur nangka. Gudeg merupakan salah satu hasil olahan nangka muda yang sangat terkenal, terutama "Gudeg Jogja".

Soal rasa, buah yang satu ini memang mantap, dibuat buah segar oke, dibuat es cocok, dimasak sebagai sayur nangka juga mantap. Lantas, apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada nangka ? Antara lain adalah vitamin A, vitamin C, riboflavin, asam folat, fruktosa, sukrosa, kalsium, kalium, magnesium, fospor, seng, selenium dan serat.

Manfaat Buah Nangka Bagi Manusia


Oleh karena banyak mengandung nutrisi penting maka buah nangka dapat menyumbangkan berbagai macam manfaat pada manusia, tak terkecuali ibu hamil. Kandungan serat dalam buah nangka cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan dan sembelit. Adapun daftar buah untuk mengatasi susah BAB, bisa Anda baca buah berserat tinggi untuk ibu hamil.

Buah nangka memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menolak berbagai macam penyakit yang akan menyerang tubuh. Vitamin B3 yang terdapat dalam buah nangka bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dan membantu mengontrol stress.

Selain itu, buah nangka juga mengandung mineral dan magnesium yang bermanfaat untuk membantu proses penyerapan kalsium oleh tubuh. Orang yang mendapat asupan kalsium dengan baik maka kesehatan tulangnya akan tetap terjaga dengan baik sehingga tidak terjadi osteoporosis (pengeroposan tulang).

Orang hamil makan nangka, amankah ?


Manfaat yang dapat disumbangkan oleh buah nangka memang sangat banyak, namun apakah manfaat tersebut tetap akan disumbangkan kepada ibu hamil ? apakah orang hamil boleh makan nangka ?

Beberapa orang beranggapan kalau buah nangka itu bisa membahayakan kehamilan, bahkan bisa menyebabkan keguguran karena makan buah nangka bisa membuat ibu hamil sakit perut dan sakit tak karuan.

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya anggapan sebagian orang terkait bahaya buah nangka untuk ibu hamil itu adalah mitos karena sebenarnya buah nangka itu mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kehamilan. Namun demikian, ibu hamil tidak dianjurkan makan buah nangka terlalu banyak sebagai langkah hati hati.

Untuk mendapatkan penjelasan lebih detil, silakan datang ke dokter setempat untuk konsultasi karena kondisi kesehatan setiap orang itu berbeda beda. Bisa jadi, satu orang tidak dilarang makan buah nangka namun yang lain dilarang makan buah nangka.

Demikian informasi terkait orang hamil makan nangka yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita dalam menjaga dan merawat kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top