Penyebab Hamil Ektopik Gejala dan Cara Penanganannya

Kehamilan etopik adalah salah satu masalah kehamilan dimana pembuahan terjadi tidak di dalam rahim melainkan di luar. Penyebab kehamilan etopik itu sendiri pada umumnya adalah kerusakan pada tuba falopi dan ketidakseimbangan hormon. Penanganan terhadap kehamilan etopik perlu segera dilakukan agar tidak terjadi hal yang dapat membahayakan sang ibu. Pada kasus ini, dokter lah yang paling tepat untuk menanganinya maka kalau ada tanda masalah kehamilan segera saja konsultasi ke dokter.

Kehamilan yang normal bermula dari sel telur yang berhasil dibuahi oleh sel $perm@ kemudian menetap di tuba falopi selama beberapa hari lalu dilepaskan ke rahim sehingga bakal janin menempel di dalam rahim.

Berbeda dengan kehamilan etopik dimana bakal janin yang dilepaskan dari tuba falopi tidak menempel di rahim melainkan menempel di luar rahim sehingga kehamilan etopik ini bisa dikatakan sebagai kehamilan tak normal yang perlu segera mendapat penanganan tepat.

hamil-etopik
image from pixabay

Penyebab Hamil Etopik


Dalam beberapa kasus kehamilan etopik, tuba falopi adalah organ yang paling banyak ditempeli oleh calon janin. Selain itu, ada juga organ lain yang mungkin ditempeli oleh janin seperti serviks, ovarium, rongga perut dan leher rahim.

Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa penyebab paling umum terjadinya hamil etopik adalah kelainan pada tuba falopi meski ada juga faktor lain yang dapat menyebabkan hamil etopik. Tuba falopi yang mengalami inflamasi atau peradangan kerap kali menjadi penyebab kasus kehamilan etopik ini.

Selain karena kelainan pada tuba falopi, hamil etopik juga dapat disebabkan karena ketidakseimbangan hormon dan ketidaknormalan perkembangan sel telur setelah dibuahi. Pemicu dari faktor penyebab hamil etopik ada banyak, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Salah pilih alat k0ntr@seps! dapat menyebabkan hamil etopik


Pasangan suami istri yang sudah memiliki dua anak, biasanya ingin mencegah kehamilan berikutnya dengan menggunakan alat k0ntr@seps!. Penggunaan alat k0ntr@seps! spiral atau lainnya dimaksudkan agar sang istri tidak hamil. Namun, kalau ternyata masih tetap hamil bisa jadi terjadi masalah kehamilan seperti hamil etopik dan lainnya.

2. Hamil etopik berulang


Hamil etopik ini berbeda dengan hamil anggur dimana wanita yang pernah mengalami kehamilan etopik akan semakin besar resiko mengalami kehamilan etopik lagi pada kehamilan  berikutnya.

3. Inflamasi atau infeksi


Inflamasi atau peradangan di bagian tuba falopi diduga kuat sebagai pemicu utama hamil etopik. Selain itu, radang panggul yang terjadi karena infeksi virus juga dapat memicu kehamilan etopik.

4. Hormon tidak seimbang


Ketikseimbangan hormon yang terjadi akibat masalah kesuburan atau karena mengkonsumsi obat obatan tertentu terkadang juga dapat menyebabkan kehamilan etopik. Untuk itu, pastikan mengkonsumsi obat atas resep dari dokter.

Tanda dan Gejala Hamil Ektopik


Pada mulanya kehamilan etopik ini ditandai dengan gejala yang sama dengan kehamilan biasa, namun seiring bertambahnya waktu akan muncul beberapa gejala tak wajar seperti :

  • Sakit di bagian perut bawah
  • Terjadi pendarahan [bukan pendarahan implantasi] ➠ silakan baca bercak darah tanda kehamilan
  • Pendarahan hebat kalau tuba falopi robek
  • Nyeri di bagian panggul
  • Kepala pusing tak kunjung sembuh
  • Bahu terasa nyeri

Apabila Anda menjumpai beberapa kelainan pada gejala kehamilan yang Anda alami sebaiknya segera saja diperiksakan ke dokter. Apabila ternyata kehamilan anda adalah hamil etopik maka ini adalah kondisi darurat yang harus segera mendapat penanganan medis.

Kehamilan etopik tidak bisa dilihat hanya dengan melihat gejala di atas tapi harus ada pemeriksaan lanjutan oleh dokter. Biasanya dokter melakukan pemeriksaan USG dan tes darah. Dengan bantuan alat USG, dokter akan mengetahui lebih detil masalah kehamilan yang Anda hadapi.

Penanganan Tepat Hamil Etopik


Sel telur yang menempel pada selain rahim tidak akan dapat berkembang dengan sempurna, maka dalam kasus kehamilan etopik ini jaringan harus diangkat guna menghindari komplikasi ibu.

Sebagai langkah penanganan tepat terhadap kehamilan etopik adalah apabila wanita hamil menjumpai gejala tak wajar seperti yang telah kami tulis di atas maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Apabila kehamilan etopik sudah terdeteksi sejak awal biasanya tidak perlu operasi, dokter akan memberikan suntikan methotrexate yang berfungsi untuk menghentikan perkembangan sel dan menghancurkannya.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan dokter akan memberikan penanganan selain dengan suntikan methotrexate karena penanganan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan dokter. Yang pasti, kalau Anda menjumpai tanda dan gejala kehamilan etopik silakan segera datang ke dokter.

Demikian informasi terkait penyebab, gejala dan cara penanganan hamil etopik pada kesempatan kali ini. Semoga ulasan singkat pada artikel ini bermanfaat. Salam..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top