Tanda Kehamilan Sehat dan Normal yang Harus Anda Ketahui

Agar kehamilan dapat dijalani dengan sehat dan normal maka perlu diperlukan perawatan yang baik. Tanda hamil normal hendaknya diketahui oleh setiap pasangan suami istri agar sewaktu waktu ada masalah kehamilan dapat terdeteksi sejak dini sehingga dapat segera mendapat penanganan yang tepat. Kehamilan normal sangat erat kaitannya dengan kesehatan ibu hamil, untuk itu ibu hamil sangat penting dalam menjaga kesehatannya.

Selain itu, berat badan ibu hamil juga sangat mempengaruhi kesehatan kehamilan. Selama kehamilan berlangsung, ibu hamil disarankan untuk menerapkan pola makan sehat agar berat badannya ideal.

Apabila ibu hamil kelebihan berat badan dan berencana untuk melakukan diet, sebaiknya jangan melakukan program diet asal asalan. Pastikan memilih program diet sehat sehingga tidak mengganggu kesehatan janin. Informasi terkait diet saat hamil, silakan baca program diet sehat ibu hamil.

tanda-kehamilan-sehat-dan-normal
image from pixabay

Tanda Kehamilan Sehat dan Normal


Untuk menjaga kehamilan tetap sehat, ibu hamil sangat disarankan untuk berolahraga ringan secara rutin dan teratur. Sebagian ibu hamil ragu untuk berolahraga karena khawatir dapat membahayakan kehamilan, padahal sebenarnya ibu hamil perlu olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Apabila kehamilan yang Anda jalani termasuk kesehatan yang sehat, normal dan tidak bermasalah maka dapat dilihat dari beberapa tanda yang muncul. Adapun tanda kehamilan sehat dan normal diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tekanan darah ibu hamil normal


Tekanan darah normal merupakan sebuah pertanda kalau kehamilan dalam keadaan baik baik saja. Kenapa demikian ? karena tekanan darah tinggi (hipertensi) selain mengganggu kesehatan ibu hamil juga dapat membahayakan kehamilan.

Untuk itu, jika tiba tiba tekanan darah Anda melonjak dan terjadi perubahan yang cukup signifikan maka segera konsultasikan keadaan Anda ke dokter terdekat. Sebagai langkah sederhana untuk mengatasi darah tinggi bisa Anda baca pada post berjudul cara menurunkan tekanan darah tinggi ibu hamil.

2. Kadar gula darah normal


Selain tekanan darah, kadar gula darah ibu hamil yang normal juga menjadi pertanda kehamilan sehat. Betapa tidak, kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ibu hamil mengalami masalah kesehatan serius yang akhirnya dapat membahayakan keselamatan janin. Apabila Anda sudah menderita diabetes sejak sebelum hamil, sebaiknya terapkan pola hidup sehat dan jangan mengkonsumsi makanan yang dapat memicu peningkatan kadar gula darah.

3. Plasenta normal


Plasenta menempel pada dinding rahim adalah keadaan normal yang menjadi salah satu pertanda kehamilan sehat. Apabila lepas dari dinding rahim atau terletak di luar rahim maka bisa disebut sebagai kehamilan bermasalah. Jika tidak segera mendapatkan penanganan tepat maka akan memperbesar resiko terjadinya keguguran.

4. Pertumbuhan janin normal


Kehamilan normal ditandai dengan perkembangan janin yang baik sesuai dengan usianya. Agar lebih mudah dalam mengontrol perkembangan janin, ibu hamil disarankan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin paling tidak sebulan sekali ke dokter atau bidan. Jika ada indikasi perkembangan janin tidak wajar maka dokter akan memberikan saran terbaik bagi Anda.

5. Peningkatan wajar pada berat badan ibu hamil


Peningkatan berat badan adalah hal umum yang terjadi pada semua ibu hamil. Seiring bertambahnya usia kehamilan maka berat badan ibu hamil akan semakin meningkat, namun demikian ibu hamil perlu mengontrol berat badannya agar tidak terlalu berlebihan. Peningkatan berat badan hingga 15 kg masih dikategorikan wajar, namun jika lebih dari itu sebaiknya konsultasikan keadaan Anda ke dokter.

6. Terjadi peningkatan hormon


Peningkatan hormon esterogen dan progesteron merupakan salah satu tanda kehamilan sehat dan normal. Ketika pembuahan berhasil terjadi maka tubuh akan mengalami peningkatan hormon tertentu serta mulai memproduksi hormon HCG. Perubahan hormon pada tubuh ibu hamil mengakibatkan beberapa gejala kehamilan yang membuat badan teras atak nyaman seperti morning sickness, badan lelah, kepala pusing dan lain lain.

7. Perut semakin buncit


Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, perut ibu hamil akan menjadi semakin besar. Hal ini terjadi karena janin dalam kandungan semakin hari semakin bertambah besar. Perubahan bentuk perut mulai terlihat jelas pada usia kehamilan trimester kedua sehingga Anda perlu pakaian khusus ibu hamil.

8. Gerakan janin terasa


Pada usia kehamilan trimester 2, janin sudah mulai bergerak gerak aktif. Ketika mendapat rangs2ng2an suara, janin akan merespon dengan gerakan menendang dan menonjok. Apabila Anda tidak merasakan gerakan janin sedangkan usia kehamilan sudah tergolong tua, maka Anda harus waspada karena bisa jadi itu adalah tanda bahaya kehamilan.

Itulah tanda kehamilan sehat dan normal yang dapat kami sampaikan. Jika Anda merasakan hal tak wajar dalam kehamilan, silakan segera datang ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top