Apa yang dirasakan wanita hamil 1 bulan ? Badan lemas normal atau tidak ?

Apa saja yang dirasakan wanita hamil 1 bulan itu ? Pada saat usia kehamilan 1 bulan, wanita hamil akan menjumpai keadaan dimana tubuh terasa tak nyaman karena adanya keluhan keluhan yang cukup mengganggu. Beberapa keluhan yang banyak dirasakan oleh ibu hamil muda adalah mual disertai muntah, badan lemas, kram perut dan lainnya.

Lantas, normal kah keadaan itu ? Beberapa ibu hamil merasa ragu dengan keadaan yang ia alami, apakah termasuk keluhan normal atau tidak ? Untuk itu, kaum wanita perlu tahu apa saja tanda dan gejala wanita hamil 1 bulan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait keluhan yang terjadi pada ibu hamil, silakan baca artikel ini sampai selesai karena di sini akan dibahas beberapa hal yang umum dirasakan oleh ibu hamil muda.

apa-yang-dirasakan-wanita-hamil-1-bulan
image from pixabay

Keluhan apa yang dirasakan oleh ibu hamil 1 bulan ?


Sebagaimana kita ketahui bahwa perubahan hormon yang terjadi di awal kehamilan membuat ibu hamil merasakan beberapa keluhan yang cukup membuatnya tak nyaman seperti mual muntah, kepala pusing, badan lelah, p@yud@r@ terasa nyeri dan lain lain.

Beberapa keluhan tersebut bisa dikatakan sebagai gejala kehamilan normal, namun Anda harus tetap waspada apabila keluhan tersebut ternyata adalah sebuah TANDA BAHAYA KEHAMILAN. Lantas, keluhan apa saja yang dirasakan wanita hamil 1 bulan yang termasuk kategori wajar atau normal ? Berikut penjelasannya :

1. Ibu hamil muda merasakan mual adalah hal wajar


Mungkin Anda merasa khawatir dengan keadaan yang Anda jumpai di awal masa hamil, yaitu perut terasa mual dan ingin muntah terutama di waktu pagi. Mual di awal kehamilan adalah keluhan yang wajar dirasakan oleh ibu hamil dan hampir semua ibu hamil mengalami nya.

Mual muntah (morning sickness) terkadang sudah mulai muncul 1 minggu setelah proses pembuahan dengan tingkat keparahan yang berbeda beda. Ada yang merasakan mual ringan saja, ada yang sedang dan ada yang cukup berat.

Beberapa wanita hamil merasakan mual muntah begitu berat sampai tidak mau kemasukan makanan sama sekali. Jika mual yang Anda alami cukup berat seperti ini maka segera saja datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan tepat.

Apabila mual parah dibiarkan saja maka bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan karena tubuh ibu hamil butuh asupan nutrisi. Kalau setiap kali makan langsung muntah, lantas dapat nutrisi dari mana ? Untuk itu, silakan datang ke dokter sehingga penanganan medis akan segera dilakukan dengan tepat.

2. Badan ibu hamil terasa sangat lelah


Selain mual muntah, wanita hamil 1 bulan juga merasakan badan lelah, letih dan lemas hingga membuat dirinya ingin tiduran saja di kamar. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh ibu hamil muda.

Kondisi ini sungguh membuat aktivitas terganggu, namun jangan khawatir karena keluhan ini tidak akan berlangsung lama. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, badan akan normal kembali.

Meski tidak habis melakukan aktivitas berat, badan ibu hamil akan terus merasakan letih dan lelah sehingga beberapa ibu hamil merasa takut dengan keadaan ini dan ingin mengatasinya dengan minum obat atau jamu.

Langkah tersebut sebaiknya tidak dilakukan karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif. Jika terpaksa harus minum obat, maka harus dengan resep dokter. Coba lah lakukan tips sederhana untuk mengatasi kondisi ini dengan mengikuti tips yang telah kami tulis pada artikel berjudul tips hamil sehat dan bugar secara alami.

3. Kram perut ringan


Kram perut adalah keluhan yang banyak dirasakan oleh ibu hamil pada bulan pertama. Menurut penjelasan dari beberapa sumber, kram perut ini akan dirasakan oleh ibu hamil bersamaan dengan keluarnya bercak darah akibat implantasi.

Kram perut yang normal adalah kram perut ringan yang tidak terjadi secara terus menerus. Apabila kram perut yang Anda rasakan sangat berat dan tak kunjung henti, alangkah baiknya diperiksakan ke dokter.

4. P@yud@r@ nyeri


Salah satu tanda kehamilan awal yang banyak dialami oleh kaum wanita adalah perubahan pada p@yud@r@, yaitu p@yud@r@ membengkak dan menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan, meski hanya sentuhan kain. Nyeri p@yud@r@ ini akan terus terjadi selama kehamilan berlangsung dan akan berhenti setelah persalinan.

5. Sering BAK


Di awal kehamilan, frekuensi BAK (buang air kecil) akan meningkat karena perubahan hormon membuat aliran darah ke ginjal meningkat sehingga kantung kemih cepat terpenuhi cairan urine. Semakin membesarnya perut ibu hamil membuat frekuensi BAK jadi terus meningkat karena kantung kemih semakin tertekan oleh rahim yang kian membesar.

Kesimpulan

Apa yang dirasakan wanita hamil 1 bulan itu ? Beberapa diantaranya adalah seperti yang telah kami sampaikan di atas. Apabila Anda menjumpai keluhan yang tak wajar, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top