Bolehkah ibu hamil 1 bulan minum air kelapa muda ? Ini penjelasannya..

Bolehkah ibu hamil 1 bulan minum air kelapa muda ? Selektif dalam memilih makanan dan minuman harus dilakukan oleh setiap ibu hamil, pasalnya janin dalam kandungan masih sangat sensitif. Makan dan minum tanpa memperdulikan efek negatif terhadap kehamilan sungguh tidak baik karena kesehatan janin sangat bergantung pada sang ibu.

Kabar yang menyebutkan bahwa minum air kelapa muda tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil muda dapat membuat hati kita was was untuk minum air kelapa muda, jangan jangan kabar itu benar.

Pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan beberapa hal terkait minum air kelapa muda saat usia kehamilan 1 bulan, berbahaya atau tidak ? Silakan simak penjelasan berikut ini..

bolehkah-ibu-hamil-1-bulan-minum-air-kelapa-muda
image from pixabay

Bolehkah ibu hamil 1 bulan minum air kelapa muda ?


Minum air kelapa muda sungguh menyegarkan, apalagi kalau cuaca sedang panas. Terkadang keinginan ingin menikmati segarnya kelapa muda terhalang dengan adanya kabar bahwa air degan dapat membahayakan kehamilan muda.

Perlu Anda ketahui bahwa air kelapa muda itu tidak lah memberikan pengaruh buruk terhadap janin, justru air degan ini mampu menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu hamil karena dapat mengganti cairan tubuh yang hilang.

Selain itu, minum kelapa muda saat hamil juga dapat mencegah dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Ibu hamil perlu mendapatkan asupan cairan yang cukup agar tidak sampai kekurangan cairan.

Dengan demikian, jika Anda bertanya bolehkah ibu hamil 1 bulan minum air kelapa muda ? jawab : boleh boleh saja asalkan tidak terlalu berlebihan. justru minum air kelapa muda itu dapat memberikan beberapa manfaat bagi ibu hamil.

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil


Di balik kesegaran air kelapa muda yang sangat segar menggelegar, ternyata air kelapa muda dapat memberikan beberapa manfaat bagi wanita hamil. Adapun manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Air kelapa muda sebagai elektrolit alami


Salah satu manfaat air degan bagi ibu hamil adalah sebagai elektrolit alami. Pada usia kehamilan muda, sering kali ibu hamil merasakan badan letih dan lelah meski tidak habis beraktivitas.

Selain karena perubahan hormonal, kondisi itu juga dipengaruhi oleh cairan tubuh yang banyak terbuang hingga mengakibatkan dehidrasi. Dehidrasi yang dialami oleh ibu hamil dapat menimbulkan beberapa dampak buruk seperti kram perut, diare, sakit kepala, kelelahan dan lain lain. Di sini lah air kelapa muda hadir sebagai elektrolit alami yang mampu mencegah dehidrasi.

Air kelapa muda banyak mengandung mineral dan elektolit alami yang sama dengan elektrolit tubuh manusia. Dengan demikian minum air kelapa muda akan segera mengganti elektrolit tubuh yang hilang bersama keringat.

2. Air kelapa muda dapat membantu melancarkan pencernaan


Peningkatan hormon progesteron ibu hamil berdampak pada kerja lambung yang menjadi lambat sehingga ibu hamil banyak yang mengeluhkan sembelit (susah BAB). Kondisi ini memang wajar, namun jika dibiarkan bisa membuat aktivitas jadi tak nyaman bahkan bisa membuat sakit perut. Minum air kelapa muda bisa dijadikan solusi untuk membantu mengatasi sembelit saat hamil. Adapun tips lebih lengkap mengenai cara mengatasi sembelit ibu hamil bisa Anda baca pada artikel berjudul cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil


Air kelapa muda memiliki kandungan asam laurat yang berkhasiat untuk menghalau penyait yang akan menyerang tubuh, sebagai anti bakteri, anti jamur dan ati virus. Dengan demikian, minum air kelapa muda saat hamil tidak hanya bagus bagi sang ibu tapi janin dalam kandungan juga mendapatkan dampak positifnya.

Oleh karena banyak mengandung manfaat, minum air kelapa muda saat hamil muda itu boleh asalkan tidak terlalu berlebihan. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan sebaiknya air kelapa muda tidak usah dibuat sebagai es degan.

Kenapa demikian ? karena minum es dalam jumlah banyak di saat kondisi tubuh tidak fit bisa menyebabkan flu sehingga dapat membuat kehamilan tak nyaman. Sebenarnya minum es degan tidak dilarang bagi ibu hamil namun jangan berlebihan sebagai langkah pencegahan terhadap hal yang tak diharapkan. Silakan baca : bolehkah ibu hamil minum es kelapa muda ?

Demikian lah ulasan terkait bolehkah ibu hamil 1 bulan minum air kelapa muda ? Apabila Anda masih ragu untuk minum air degan, silakan konsultasi ke dokter terdekat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top