Cara Mengetahui Wanita Hamil 1 Bulan Paling Akurat

Cara mengetahui wanita hamil 1 bulan ⏩ Ketika pasangan suami istri telah lama menikah namun belum segera mendapat momongan, keinginan untuk segera hamil menjadi sebuah harapan besar yang sangat dinanti nanti. Tak jarang pasangan suami istri yang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan pengobatan agar cepat hamil.

Setelah kehamilan berhasil didapat, seharusnya pasangan suami istri segera mengetahui kehamilannya. Kenapa demikian ? karena kehamilan yang segera diketahui sejak dini akan segera mendapat perawatan yang sesuai.

Untuk itu, penting kiranya bagi pasangan suami istri terutama sang istri untuk mengenali apa saja tanda kehamilan awal, jangan hanya mengandalkan telat datang bulan sebab telat haid bisa saja disebabkan karena faktor lain.

cara-mengetahui-wanita-hamil-1-bulan
image from pixabay

Cara Mengetahui Wanita Hamil 1 Bulan


Ciri orang hamil muda sudah bisa dilihat sejak usia kehamilan 1 minggu dilihat dari beberapa gejala yang muncul. Untuk lebih jelasnya silakan baca gejala orang hamil 1 minggu dan 2 minggu.

Lantas, bagaimana cara mengetahui wanita hamil 1 bulan dengan akurat ? yaitu dengan mengenali ciri cirinya lalu dipastikan dengan menggunakan alat tes kehamilan atau tast pack.

Tanda wanita Hamil


Langkah awal yang perlu diperhatikan oleh pasangan suami istri untuk mengenali kehamilannya adalah dengan mengetahui apa saja tanda ibu hamil muda baik secara fisik maupun psikis. Adapun tanda wanita hamil muda antara lain adalah sebagai berikut :

1. Keluar bercak darah dari jalan lahir


Kurang lebih seminggu atau dua minggu setelah proses pembuahan, biasanya keluar bercak darah tanda kehamilan yang disebabkan karena menempelnya janin pada dinding rahim.

Bercak darah yang keluar akibat implantasi ini tidak berlangsung lama dan tidak terlalu banyak. Untuk lebih jelasnya, silakan baca post berjudul bercak darah tan kehamilan berapa banyak ?

2. Morning sickness


Morning sickness adalah suatu kondisi dimana ibu hamil mengalami mual disertai muntah terutama pada waktu pagi. Banyak wanita hamil yang manganggap morning sickness sebagai masuk angin biasa karena memang mirip dengan orang masuk angin. Padahal sebenarnya morning sickness itu adalah respon tubuh akibat perubahan hormonal akibat adanya makhluk baru di dalam rahim.

3. Perubahan p@yud@r@


Perubahan p@yud@r@ pada wanita hamil hampir sama dengan perubahan p@yud@r@ pada wanita jelang menstruasi, yaitu p@yud@r@ membengkak dan menjadi lebih sensitif. Salah satu yang membedakan antara keduanya adalah temponya, perubahan p@yud@r@ saat PMS akan hilang seiring berakhirnya menstruasi, sedangkan perubahan p@yud@r@ tanda kehamilan akan terus berlangsung selama masa kehamilan berlangsung.

4. Sensitif terhadap bau


ketika seorang wanita telah hamil maka indra penciuman menjadi sangat sensitif terhadap aroma menyengat. Makanan dengan bau menyengat dapat membuat ibu hamil jadi mual meskipun sebelum hamil makanan tersebut sangat disukainya. Di usia kehamilan muda ini, biasanya ibu hamil lebih suka makan buah buahan yang asam atau kecut.

5. Badan loyo


Perubahan hormonal ibu hamil dapat mempengaruhi kondisi tubuh ibu hamil, salah satunya adalah tubuh menjadi loyo atau lelah walaupun tidak habis beraktivitas. Ibu hamil tidak perlu minum jamu segar bugar untuk memulihkan tenaga karena kondisi ini akan segera pulih seiring dengan bertambahnya usia hamil. Terkait dengan aman dan tidaknya jamu bagi ibu hamil, silakan baca post berjudul bolehkah ibu hamil minum jamu ?

Apabila beberapa tanda kehamilan telah muncul pada diri Anda, selanjutnya lakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack guna memastikan apakah Anda benar benar hamil atau tidak. Selain dengan menggunakan test pack, Anda juga dapat melakukan tes kehamilan dengan tes darah dan USG namun cara tersebut hanya bisa dilakukan orang yang ahli di bidangnya.

Hasil dari tes kehamilan dengan test pack memang tidak 100% akurat karena ada banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan ketidak akuratan seperti alat tes yang tidak sensitif, waktu tes kehamilan terlalu dini dan faktor lainnya. Namun demikian, kebanyakan dari hasil tes menunjukkan hasil yang cukup akurat.

Demikian ulasan terkait cara mengetahui wanita hamil 1 bulan secara akurat. Apabila test pack menunjukkan strip dua berarti Anda positif hamil namun kalau hanya strip satu berarti tidak hamil. Sekian info yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top