Ciri Ciri Wanita Hamil di Bawah 1 Bulan yang Jarang Disadari

Ciri wanita hamil di bawah 1 bulan ⏩ Pasangan suami istri yang telah lama menikah tentu sangat mengharapkan kehadiran sang buah hati untuk melengkapi kebahagiaannya. Hadirnya sang buah hati tentu diawali dengan kehamilan yang dijalani oleh sang istri selama kurang lebih sembilan bulan. Di saat menjalani kehamilan, ibu hamil akan menjumpai beberapa keadaan yang membuat dirinya tak nyaman, namun semua harus dihadapi dengan hati legowo dan penuh dengan semangat.

Ciri wanita hamil hendaknya diketahui oleh setiap pasangan suami istri agar kehamilan segera mendapatkan perawatan tepat. Kehamilan yang tidak disadari kehadirannya memungkinkan ibu hamil melakukan aktivitas yang membahayakan kehamilan.

Oleh karena tidak menyadari kalau dirinya hamil, ibu hamil malah mengkonsumsi makanan pantangan saat hamil yang akhirnya dapat membahayakan keselamatan janin dalam kandungan.

ciri-ciri-wanita-hamil-di-bawah-1-bulan
image from pixabay

Ciri Wanita Hamil di bawah 1 Bulan


Maka dari itu, pengetahuan tentang ciri kehamilan sangat dibutuhkan oleh setiap pasangan suami istri demi menjaga kehamilannya tetap sehat. Sebenarnya, tak sulit untuk mengenali kehamilan seorang wanita, yaitu hanya dengan melihat gejala awal kehamilan yang biasa muncul seminggu atau dua minggu setelah pembuahan.

Beberapa gejala hamil muda yang dialami oleh kaum wanita sangat erat kaitannya dengan perubahan hormonal pada tubuhnya. Lantas, apa saja ciri ciri wanita hamil di bawah 1 bulan itu ? diantaranya adalah sebagai berikut..

1. Mual muntah sebagai ciri wanita hamil


Mual dan muntah adalah gejala hamil muda yang terjadi karena perubahan hormon ibu hamil. Mual dan muntah ini banyak dialami oleh wanita hamil di pagi hari meski sebagian ada yang mengalaminya tak hanya pada waktu pagi.

Ada sebagian ibu hamil yang mengira  mual muntah ini disebabkan karena masuk angin lantas kerokan. Padahal kerokan itu tidak direkomendasikan bagi ibu hamil, silakan baca penjelasannya pada kerokan saat hamil, amankah ?

Ibu hamil tidak perlu minum obat anti mual untuk meringankan keadaan ini karena mual muntah saat hamil muda adalah ciri wanita hamil normal yang nantinya akan hilang sendiri seiring dengan bertambahnya usia kehamilannya. Apabila terpaksa harus minum obat mual, pastikan dengan resep dokter agar tidak salah obat.

2. P@yud@ra ibu hamil berubah


Pada usia kehamilan di bawah 1 bulan, wanita hamil sudah bisa merasakan adanya perubahan pada p@yud@r@ yaitu jadi membengkak dan sensitif. Perubahan p@yud@r@ ini juga dipengaruhi karena perubahan hormonal wanita hamil.

Keadaan ini hampir sama dengan ciri wanita mau haid dimana p@yud@r@ juga mengalami perubahan menjadi sensitif dan membesar. Perubahan p@yud@r@ pada wanita hamil muda akan terus berlanjut hingga akhir masa hamil.

Selain menjadi lebih sensitif dan membengkak, areola (area put1ng) ibu hamil juga mengalami perubahan yaitu menjadi lebih gelap. Selain gelap, ada juga ibu hamil yang merasakan gatal di bagian areola.

3. Flek ciri kehamilan


Salah satu ciri wanita hamil di bawah 1 minggu adalah keluarnya flek atau bercak darah ringan beberapa hari setelah proses pembuahan. Flek darah ini keluar dari jalan lahir dalam jumlah tak terlalu banyak dan tidak terus terusan.

Apabila pendarahan terjadi dalam jumlah terlalu banyak dan terus menerus, apalagi kalau dibarengi dengan kram hebat, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan tepat.

Sebagian wanita hamil ada yang mengira flek ini adalah darah menstruasi padahal sebenarnya sangat jauh berbeda. Untuk lebih jelasnya, silakan baca post berjudul bercak darah tanda kehamilan berapa lama ?

4. Badan wanita hamil terasa lungkrah


Termasuk gejala kehamilan di bawah 1 bulan adalah badan menjadi lungkrah atau lelah meski tidak habis melakukan aktivitas berarti. Keadaan ini memungkinkan ibu hamil suka bermalas malasan di rumah dan ingin banyak istirahat.

Badan lelah yang dialami oleh wanita hamil muda ini disebabkan karena pengaruh perubahan hormon sehingga badan ibu hamil muda tetap terasa lelah meski sudah tidak melakukan aktivitas berat.

Langkah sederhana untuk melawan rasa malas adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi, menerapkan pola hidup sehat dan tetap melakukan gerakan olahraga ringan seperti jalan kaki dan sejenisnya.

5. Ibu hamil ngidam makanan tertentu


Ngidam merupakan salah satu tanda hamil yang banyak dialami oleh wanita hamil, baik wanita yang baru pertama kali hamil atau wanita yang sudah berkali kali hamil.

Makanan yang diidamkan setiap ibu hamil berbeda beda, ada yang ingin makan makanan kecut, ada yang ingin makanan manis, asin dan lain lain. Terkadang makanan yang diidamkan oleh ibu hamil adalah makanan yang aneh misalnya ingin makan buah jambu air padahal lagi tidak musim jambu air.

Untuk itu, silakan turuti keinginan istri yang lagi hamil sesuai dengan kemampuan, kalau tidak mampu ya sudah. Anda tak perlu takut dengan mitos yang mengatakan bahwa bayi suka ngeces kalau apa yang diidamkan ibu tidak dituruti.

Itulah beberapa ciri ciri wanita hamil di bawah 1 bulan yang perlu Anda ketahui sehingga sewaktu waktu hamil dapat terdeteksi sejak dini. Apabila beberapa tanda tersebut telah muncul, silakan lakukan tes kehamilan dengan menggunakan alat test pack atau langsung periksa ke dokter. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top