Ciri2 Orang Hamil 1 Bulan Lebih, Sudah tahukah Anda ??

Ciri orang hamil 1 bulan lebih ⏩ Hamil adalah momen yang sangat ditunggu tunggu oleh setiap pasangan sumi istri, terutama pasangan suami istri yang telah lama menikah tapi belum diberi momongan. Demi mendapatkan kehamilan, ada pasangan suami istri yang rela mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan pengobatan maupun cara cepat hamil lainnya.

Pasangan yang telah diberi kehamilan perlu memperhatikan sekaligus merawat kehamilannya dengan baik, kenapa ? karena kehamilan tidak bisa dibiarkan begitu saja, perlu perawatan ekstra.

Mulai dari pola makan hingga aktivitas sehari hari harus benar benar berhati hati, jangan sampai melanggar pantangan ibu hamil, apalagi jika usia kehamilan baru 1 bulan lebih sedikit. Hal ini tentu erat kaitannya dengan pengetahuan tentang ciri wanita hamil muda.

ciri2-orang-hamil-1-bulan-lebih
image from pixabay

Ciri2 Orang Hamil 1 Bulan


Dengan mengetahui kehamilan sejak dini, pasangan suami istri dapat segera memperlakukan kehamilan dengan sebaik baiknya. Seorang wanita yang tak menyadari kalau dirinya sedang hamil bisa saja melakukan aktivitas yang dapat membahayakan kehamilannya.

Kebanyakan kaum wanita menyadari kalau dirinya lagi hamil ketika ia tahu kalau dirinya telat datang bulan. Perlu Anda ketahui bahwa telat haid bukanlah satu satunya tanda kehamilan, justru telat haid itu bisa terjadi karena selain hamil.

Untuk itu, penting kiranya bagi setiap pasangan suami istri untuk mencari informasi tentang tanda dan gejala kehamilan muda serta ciri2 orang hamil 1 bulan lebih sedikit. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ibu hamil 1 bulan mual muntah


Salah satu tanda wanita hamil di bulan pertama adalah mual disertai muntah terutama pada waktu pagi (morning sickness). Hampir semua wanita hamil mengalami morning sickness di awal kehamilannya meski ada sebagian yang tidak mual.

Wanita hamil muda yang tidak mual (dalam istilah jawa disebut dengan hamil ngebo) terkadang merasa was was tentang keadaan janin dalam kandungan, apakah sehat atau bermasalah. Coba baca ulasan berjudul hamil muda tidak mual, normalkah ?

Mual disertai muntah ini terjadi karena perubahan hormon ibu hamil beberapa hari sejak terjadinya proses pembuahan. Ini merupakan respon tubuh terhadap kehamilan, maka Anda tak perlu takut.

Morning sickness yang terlalu parah bisa membuat tubuh ibu hamil jadi lemas karena asupan nutrisi tidak terpenuhi dengan baik. Jika keadaan ini sedang Anda alami, silakan datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis.

2. Perubahan p@yud@r@ ibu hamil


Di usia kehamilan 1 bulan lebih, Anda akan menjumpai perubahan pada p@yud@r@, yaitu terasa membengkak dan lebih sensitif pada sentuhan. Kondisi ini tidak hanya terjadi di awal kehamilan, melainkan terus terjadi sampai akhir masa hamil.

Terkadang p@yud@r@ ibu hamil muda juga terasa nyeri seperti nyeri p@yud@r@ menjelang haid, hanya saja nyeri p@yud@r@ itu hanya terjadi dalam waktu singkat, ketika haid telah berakhir maka tak ada keluhan nyeri p@yud@r@ lagi.

Selain perubahan p@yud@r@, areola (daerah sekitar put!ng) juga mengalami perubahan warna yaitu menjadi lebih hitam dan terkadang dibarengi dengan rasa gatal gatal.

3. Wanita hamil 1 bulan telat haid


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa kebanyakan wanita bau menyadari kehamilannya ketika telat menstruasi. Faktanya memang demikian, orang hamil pasti telat datang bulan, namun telat datang bulan tidak selamanya sebagai tanda hamil.

Telat haid bisa saja terjadi karena faktor selain kehamilan seperti karena perubahan hormonal, kelelahan, pikiran stress dan lain lain. Untuk itu, jangan terlalu yakin kalau Anda sedang hamil hanya gara-gara telat haid. Silakan lihat tanda kehamilan lainnya serta uji kehamilan pakai test pack. Silakan baca kapan testpack dapat mendeteksi kehamilan dengan akurat ?

4. Badan terasa lelah saat hamil muda


Salah satu ciri2 orang hamil 1 bulan lebih sedikit adalah badan terasa lelah walaupun tidak habis bekerja berat. Beberapa wanita mengira kalau hal ini hanyalah lelah biasa, padahal sebenarnya kelelahan ini adalah gejala kehamilan yang disebabkan karena perubahan hormonal.

Rasa lelah yang dirasakan oleh ibu hamil muda tidak lah sama dengan lelah akibat kerja berat. Kelelahan yang disebabkan karena habis beraktivitas biasanya dapat segera hilang setelah istirahat, sedangkan kelelahan pada wanita hamil muda tak kunjung hilang meski sudah istirahat seharian.

5. Ibu hamil sering keputihan


Keputihan tidak hanya dijumpai oleh wanita hamil saja, akan tetapi wanita tak hamil pun juga sering mengalami keputihan terutama saat mau datang bulan. Untuk membedakan antara keputihan tanda hamil atau bukan, silakan simak penjelasan pada artikel berjudul ciri keputihan tanda hamil dan menstruasi.

Demikian informasi terkait ciri2 orang hamil 1 bulan lebih yang dapat kami sampaikan. Silakan lakukan tes kehamilan apabila gejala ibu hamil muda telah muncul. Silakan bagikan info ini jika menurut Anda bermanfaat. Salam..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top