Contoh Tanda Keguguran Hamil Muda yang Harus Anda Ketahui

Contoh tanda keguguran hamil muda ⏩ Keguguran meninggalkan trauma mendalam bagi wanita yang telah mengalaminya. Keguguran kadang terjadi secara tiba tiba tanpa ada tanda keguguran sebelumnya. Keguguran memupus harapan pasangan suami istri untuk segera menimang sang buah hati. Pasca keguguran, ibu hamil harus melakukan beberapa prosedur medis untuk membersihkan sisa jaringan janin.

Pada umumnya keguguran terjadi dengan dibarengi pendarahan dan kram perut hebat. Rasanya keguguran sungguh berat, tidak bisa diungkapkan dengan kata kata. Keguguran kadang terjadi tanpa pendarahan, simak penjelasannya ciri ciri keguguran tanpa pendarahan.

Keguguran sering kali terjadi pada usia kehamilan muda trimester pertama, meski ada sebagian ibu hamil yang mengalami keguguran meski usia kehamilan di atas trimester pertama. Proses terjadinya keguguran memang sangat cepat, namun keguguran tetap akan menunjukkan beberapa tanda. Silakan simak penjelasan pada artikel ini..

contoh-tanda-keguguran-hamil-muda
image from pixabay

Contoh Tanda Keguguran Hamil Muda


Banyak ibu hamil yang tidak menyadari kalau dirinya mengalami keguguran karena proses keguguran ini terjadi sangat singkat. Meski sangat singkat namun sebenarnya keguguran itu akan menunjukkan beberapa tanda. Berikut ini adalah beberapa contoh tanda keguguran hamil muda yang perlu Anda ketahui :

1. Keguguran ditandai dengan pendarahan


Salah satu ciri keguguran yang banyak dialami oleh kaum hawa adalah pendarahan yang terjadi secara terus menerus. Pendarahan di awal kehamilan tidak selamanya sebagai tanda keguguran, justru bisa sebagai tanda awal kehamilan yang disebabkan karena proses implantasi. Kondisi ini terkadang membuat bu hamil panik dan segera ingin tahu apa sebenarnya yang membuat keluarnya bercak darah.

Untuk mematikan penyebab dari bercak darah tersebut, Anda bisa langsung datang ke dokter untuk konsultasi, namun alangkah baiknya Anda baca dulu penjelasan mengenai bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?

2. Tidak ada tanda tanda kehamilan


Di awal usia kehamilan, biasanya ibu hamil mengalami beberapa perubahan fisik dan psikis karena pengaruh perubahan hormon. Perubahan fisik tersebut antara lain adalah morning sickness (mual dan muntah), badan terasa lelah, kram perut, implantation bleeding, sering BAK, susah BAB, keluar cairan keputihan, ngidam dan lain lain.

Ketika wanita hamil tidak merasakan adanya ciri kehamilan tersebut, ada kemungkinan ia telah mengalami keguguran. Namun jangan tergesa gesa mengambil kesimpulan karena ada wanita yang hamil tanpa merasakan adanya perubahan dalam tubuhnya. Untuk itu, pastikan penyebab keadaan Anda dengan konsultasi ke dokter.

3. Keguguran ditandai dengan nyeri perut


Nyeri atau kram perut di awal masa kehamilan bisa saja menjadi tanda kehamilan, namun nyeri perut ini berbeda dengan tanda keguguran. Kram perut tanda keguguran dirasakan terlalu sakit terutama di bagian perut bawah hingga tembus di bagian punggung.

Kram perut ini memang mirip sekali dengan kram saat PMS, sehingga ada sebagian ibu hamil yang mengira dirinya mau haid. Informasi lebih detil tentang kram perut kehamilan, silakan baca kram perut tanda hamil atau haid ?

4. Tidak mual


Keguguran yang dialami oleh ibu hamil mengakibatkan hilangnya beberapa gejala awal kehamilan, salah satunya adalah mual yang disertai muntah terutama saat pagi hari. Biasanya, kehamilan trimester pertama selalu diiringi dengan mual dan muntah dengan tingkat keparahan yang berbeda beda.

Sessitifitas indra penciuman di awal kehamilan menjadikan ibu hamil semakin mudah mual ketika ada aroma yang menyengat. Ketika keguguran telah terjadi maka ibu hamil sudah tidak merasakan mual seperti umumnya wanita hamil. Namun demikian, Anda tidak boleh terlalu cepat mengambil kesimpulan karena ada sebagian ibu hamil yang tidak mual sama sekali dan kehamilannya tetap sehat normal.

5. Keputihan terlalu banyak


salah satu contoh tanda keguguran hamil muda adalah terjadi keputihan yang terlalu berlebihan. Keputihan memang sering terjadi pada kaum wanita entah yang hamil atau yang tidak hamil, namun keputihan tanda keguguran ini berbeda dari biasanya, yaitu cairan keputihan sangat banyak.

Keputihan ini kadang membuat area sekitar kem@lu@n iritasi. Apabila janin dalam kandungan benar benar telah meninggal maka keputihan tersebut akan berlanjut dengan pendarahan hebat. Jika keadaan ini telah terjadi maka segera datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Cara Mencegah Keguguran Hamil Muda


Menjaga dan merawat kehamilan dengan dengan baik perlu dilakukan oleh setiap wanita hamil agar terhindar dari hal mengerikan yaitu keguguran. Setelah membahas tentang contoh tanda keguguran hamil muda, perlu kiranya kami sampaikan beberapa cara untuk mencegah keguguran di usia kehamilan muda.

Mengkonsumsi makanan bernutrisi adalah langkah awal yang harus dilakukan oleh setiap ibu hamil untuk menjaga kehamilannya. Aneka macam makanan yang bagus untuk kehamilan perlu dikonsumsi guna membantu proses pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, hindari beberapa makanan yang menyebabkan keguguran janin.

Dalam beraktivitas, hendaknya ibu hamil muda tidak terlalu berlebihan. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya keguguran karena ibu hamil terlalu kelelahan.

Periksa kehamilan secara rutin adalah langkah bijak yang harus dilakukan oleh ibu hamil. Dengan melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin, akan segera diketahui jika ada masalah pada kehamilan Anda sehingga dokter atau bidan dapat segera memberikan perawatan yang tepat.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh hendaknya terus dilakukan oleh ibu hamil selama kehamilan berlangsung. Untuk memenuhi kebutuhan cairan, ibu hamil bisa memperbanyak minum air putih. Adapun minuman yang mengandung alkohol dan kafein hendaknya dihindari oleh ibu hamil.

Apabila anda mengalami masalah berat badan, silakan lakukan program diet sehat ibu hamil. Jangan sembarangan melakukan program diet karena cara diet yang salah justru dapat menyebabkan masalah kehamilan.

Demikian lah contoh tanda keguguran hamil muda dan beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah keguguran kandungan. Periksa kehamilan hendaknya tetap dilakukan meski tidak ada keluhan apa apa. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top