Ibu hamil 1 bulan boleh puasa senin kamis atau tidak ? Ini penjelasannya..

Ibu hamil 1 bulan bolehkah puasa senin kamis ? Mungkin saat ini Anda punya kebiasaan mengerjakan puasa senin kamis namun setelah hamil merasa ragu apakah puasa itu dapat mempengaruhi kesehatan janin atau tidak. Memang saat ini banyak kabar yang menyebutkan bahwa ibu hamil muda tidak diperkenankan puasa karena dapat mempengaruhi kesehatan janin.

Sebelum lanjut membaca artikel ini, alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu penjelasan terkait boleh dan tidaknya puasa bagi ibu hamil dalam post berjudul puasa bagi ibu hamil muda, bolehkah ?

Dalam artikel tersebut dijelaskan mengenai boleh dan tidaknya puasa ramadhan bagi ibu hamil serta saran bagi ibu hamil dalam menjalankan puasa ramadhan. Lantas, bagaimana dengan puasa senin kamis ? bolehkah dilakukan ibu hamil muda ? silakan simak penjelasan berikut ini..

ibu-hamil-1-bulan-boleh-puasa-senin-kamis
image from pixabay

Ibu hamil 1 bulan bolehkah puasa ?


Puasa senin kamis termasuk puasa sunah yang banyak dikerjakan oleh masyarakat tak terkecuali kaum wanita. kebiasaan mengerjakan puasa senin kamis seakan terhalang dengan adanya kabar yang menyebutkan bahwa puasa tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil.

Benarkah kabar tersebut ? apakah ibu hamil 1 bulan boleh puasa senin kamis ?
Perlu Anda ketahui bahwa puasa bukan lah pantangan  bagi ibu hamil, ibu hamil itu boleh berpuasa apa saja baik puasa ramadhan, puasa senin kamis atau puasa lainnya.

Akan tetapi, ibu hamil tetap harus mempertimbangkan secara bijak terhadap kondisi kehamilannya. Sebagaimana kita ketahui bahwa ibu hamil muda banyak menjumpai beberapa gejala kehamilan yang cukup mengganggu kenyamanan seperti mual, muntah, badan lemas, kepala pusing dan lain lain.

Oleh karena keadaan ibu hamil yang cukup berat, agama tidak memaksa ibu hamil untuk melakukan ibadah puasa. Justru dalam hal puasa wajib pun (puasa ramadhan), ibu hamil diberi kemurahan untuk tidak puasa dan mengganti puasa di hari lain.

Puasa wajib saja diberi kemurahan untuk tidak puasa apalagi puasa sunah, jelas tidak puasa tidak apa apa. Namun demikian jika Anda tetap ingin mengerjakan puasa senin kamis saat hamil muda, silakan pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Kondisi Ibu Hamil Muda 1 Bulan


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa ibu hamil muda itu akan menjumpai keadaan yang membuat dirinya tidak nyaman. Dengan kondisi tersebut jika nekat untuk berpuasa maka dikhawatirkan bisa menambah berat kehamilan yang ia jalani. Beberapa gejala ibu hamil muda yang banyak dikeluhkan oleh kaum wanita antara lain adalah :

 Ibu hamil muda mual muntah


Mual dan muntah pada ibu hamil dapat membuatnya mengalami dehidrasi sehingga ibu hamil perlu mendapatkan banyak asupan cairan. Dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan yang kurang menguntungkan bagi ibu dan janin.

Ibu hamil muda kelelahan


Selain mual dan muntah, biasanya ibu hamil muda trimester pertama (usia satu sampai 3 bulan) mengalami kondisi dimana tubuh terasa sangat lelah meski tidak melakukan aktivitas berat. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu mendapatkan nutrisi cukup selama kehamilan berlangsung. Untuk itu, apabila Anda tetap akan berpuasa maka penuhi kebutuhan nutrisi harian dengan baik. Silakan baca menu buka puasa bagi ibu hamil.

Hal penting yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk menjalankan puasa senin kamis adalah konsultasi ke dokter tentang kondisi kesehatan dan kehamilan Anda.

Dokter akan melakukan segenap pemeriksaan kemudian memberikan saran terbaik bagi Anda, apakah Anda boleh lanjut menjalankan puasa senin kamis atau sebaiknya berhenti karena alasan tertentu.

Memang terasa berat untuk meninggalkan kebiasaan yang telah lama kita lakukan namun jika keadaan mengharuskan untuk itu maka kita harus bersikap bijak, toh puasa wajib pun ibu hamil diberi kemurahan untuk tidak puasa dan mengganti di hari lain.

Apabila usai kehamilan trimester pertama telah lewat, maka beberapa gejala kehamilan muda telah berakhir sehingga puasa di saat itu akan terasa lebih nyaman. Namun demikian, tetap konsultasi dulu ke dokter sebelum memutuskan untuk puasa.

Apabila Anda benar benar memutuskan untuk mengerjakan puasa senin kamis, sebaiknya tetap perhatikan kondisi kehamilan Anda yaitu dengan mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Apabila lagi tak enak badan sebaiknya jangan memaksa diri untuk berpuasa.

Demikian informasi terkait "ibu hamil 1 bulan puasa senin kamis" yang dapat kami sampaikan. Semoga ulasan singkat yang kami tulis dalam artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top