Ibu Hamil 1 Bulan Keputihan, Berbahaya atau Tidak ? Begini Penjelasannya..

Ibu hamil 1 bulan keputihan itu normal gak sih ? Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu ciri atau tanda kehamilan awal adalah keluar cairan keputihan melalui jala lahir dengan warna putih seperti susu. Keputihan menjelang datang masa haid bisa jadi sebagai tanda kehamilan namun juga bisa sebagai tanda mau menstruasi. Informasi tentang perbedaan keputihan akan haid dan hamil bisa Anda baca pada artikel berjudul ciri keputihan tanda hamil atau menstruasi.

Keputihan yang muncul pada usia kehamilan 1 bulan adalah hal yang wajar dan tidak termasuk tanda bahaya kehamilan, kecuali kalau keputihan tersebut dibarengi dengan gejala lain seperti gatal dan nyeri perut yang sangat hebat.

Ibu hamil muda 1 bulan mengeluarkan cairan keputihan karena adanya peningkatan hormon esterogen setelah proses pembuahan berhasil terjadi. Kondisi ini cukup mengganggu kenyamanan, namun Anda tak perlu takut.

ibu-hamil-1-bulan-keputihan
image from pixabay

Keputihan pada Ibu Hamil 1 Bulan


Keputihan senantiasa dialami oleh ibu hamil sejak usia kehamilan awal hingga menjelang akhir kehamilan. Justru menjelang persalinan, ibu hamil akan semakin banyak mengeluarkan cairan keputihan.

Selama cairan keputihan tersebut tidak menunjukkan tanda tanda bahaya maka Anda tidak perlu takut, yang penting tetap menjaga kebersihan area v!tal dan segera ganti CD sebelum lembab.

Tanda Keputihan yang Berbahaya


Ibu hamil 1 bulan yang mengalami keputihan tidak perlu khawatir karena itu adalah keluhan yang wajar terjadi pada ibu hamil. Akan tetapi, Anda harus waspada apabila keputihan tersebut menunjukkan tanda tanda tak normal. Lantas, apa saja tanda keputihan berbahaya itu ? diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Cairan keputihan berwarna kuning atau kehijauan


Normalnya, cairan keputihan itu berwarna putih seperti air susu atau bening. Jika cairan keputihan berwarna kuning atau kehijauan dengan disertai bau tak sedap maka Anda perlu waspada.

Segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk memastikan penyebab keputihan tersebut. Jika diperlukan, dokter akan melakukan pemeriksaan secara medis dilanjutkan dengan penanganan secara tepat.

2. Area kewan!taan gatal


Apabila keputihan yang Anda alami menyebabkan gatal gatal di arena kewan!taan maka segera saja konsultasi ke dokter karena keputihan tersebut bisa saja jadi disebabkan karena infeksi jamur dan lainnya.

Untuk mencegah keluhan ini, sebaiknya jaga area kewan!taan dengan baik serta jangan membiarkan CD lembab. Segera ganti CD sebelum lembab sehingga area v!tal tidak sampai gatal gatal.

3. Disertai dengan nyeri perut hebat


Apabila ibu hamil 1 bulan keputihan dengan dibarengi nyeri perut cukup hebat maka kondisi itu perlu diwaspadai. Nyeri perut yang dialami oleh ibu hamil muda biasanya terjadi di usia kehamilan awal bersama dengan keluarnya bercak darah tanda kehamilan. Nyeri atau kram perut hanya ringan tidak sampai melilit lilit.

Gangguan Kesehatan yang ditandai Keputihan tak Normal


Keputihan tak normal bisa saja sebagai pertanda gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai. Beberapa masalah kesehatan yang ditengarahi dengan keputihan tidak normal kadang terjadi karena infeksi jamur dan bakteri.

Keputihan yang disertai dengan tanda tanda tak normal kadang kala disebabkan karena infeksi jamur atau infeksi bakteri. Hal ini tentu dapat berdampak kurang baik bagi kesehatan apabila tidak mendapatkan penanganan dengan benar. Keputihan yang dikarenakan infeksi jamur atau bakteri biasanya ditandai dengan beberapa ciri seperti :

  • Area kewan!taan gatal
  • Saat BAK v@g!na terasa nyeri, terkadang terasa seperti terbakar 
  • Cairan kekuningan atau kehijaun
  • Nyeri v@g!na saat bercinta

Untuk mencegah terjadinya keputihan berbahaya, sebaiknya Anda terus menjaga kebersihan area kewan!taan, ganti CD sebelum lembab dan jangan menggunakan pembalut yang berbau menyengat.

Demikian informasi terkait wanita hamil 1 bulan keputihan. Semoga informasi yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat menyumbangkan manfaat bagi pembaca. Silakan share jika menurut Anda artikel ini bermanfaat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top