Ibu Hamil 1 Bulan Sakit Perut Tembus Pinggang, Berbahayakah ??

Ibu hamil 1 bulan sakit pinggang dan perut ⏩ Dalam menjalani kehamilan awal, ada banyak keluhan yang dialami oleh ibu hamil. Di antara beberapa keluhan ibu hamil, ada yang tergolong normal dan wajar namun ada juga yang berbahaya. Maka dari itu, kiranya pasangan suami istri perlu mencari informasi terkait keluhan yang normal dan keluhan rak normal.

Salah satu keluhan yang muncul di awal kehamilan adalah kram perut yang biasanya terasa nyeri ringan saja. Lantas, bagaimana kalau kram perut tersebut cukup menyakitkan sampai rasa sakitnya tembus ke pinggang ?

Sebelum lanjut membaca, alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu penjelasan singkat terkait kram perut tanda kehamilan atau tanda mau haid pada post berjudul kram perut tanda hamil atau haid ?

ibu-hamil-1-bulan-sakit-pinggang-dan-perut
image from pixabay

Sakit Perut dan Pinggang pada Ibu Hamil 1 Bulan


Perlu Anda ketahui bahwa di usia kehamilan 1 bulan, ibu hamil masih banyak menjumpai keluhan yang bisa membuat hati berdebar debar seperti terlalu sering muntah, badan sangat lelah, kram perut dan lain lain.

Keluhan di awal kehamilan terjadi karena perubahan hormonal ibu hamil sehingga hampir semua ibu hamil mengalami keluhan yang sama dengan tingkat keparahan yang berbeda beda.

Terkait dengan sakit atau nyeri perut saat hamil bisa dikatakan sebagai keluhan wajar dan bisa juga dikatakan tak normal. Kram perut tanda kehamilan, normalnya hanya ringan tidak sampai terlalu sakit.

Penyebab Kram Perut Ibu Hamil


Kram perut yang dialami oleh ibu hamil terjadi karena beberapa faktor, diantaranya adalah :

  • Karena rahim mengalami peregangan
  • Pembuluh darah di bagian rahim dan v@g!na mengalami pelebaran
  • Tarikan ligamen (penyangga rahim)

Kram perut yang terjadi karena tiga faktor tersebut adalah kram normal yang biasanya akan hilang sendiri seiring berjalannya waktu. Apabila kram perut yang Anda alami dibarengi dengan keluhan lain yang membuat hati was was seperti pendarahan hebat sebaiknya segera saja datang ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Sakit perut yang dirasakan saat hamil hingga tembus ke pinggang hendaknya langsung diperiksakan ke dokter guna mendapatkan penanganan tepat. Jangan biarkan kehamilan Anda terasa tak nyaman hanya gara gara malas untuk berkunjung ke dokter.

Keluhan Ibu Hamil 1 Bulan Lainnya


Selain kram perut, ibu hamil 1 bulan sering kali menjumpai keluhan yang membuat malas untuk melakukan aktivitas normal. Beberapa keluhan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Badan ibu hamil 1 bulan terasa sangat lelah


Perubahan hormonal yang dialami oleh ibu hamil muda membuat badannya terasa sangat lelah dan letih. Keadaan itu membuat ibu hamil tak ingin beraktivitas, inginnya hanya tiduran saja.

Badan lelah yang dialami oleh ibu hamil muda tidak disebabkan karena habis melakukan aktivitas berat sehingga walaupun tidak habis beraktivitas badan tetap terasa sangat lelah.

Keluhan ini juga bisa disebabkan karena kurang darah di awal kehamilan. Badan lelah yang terjadi karena anemia tidak hanya membuat badan letih tapi bisa sampai pingsan. Untuk itu, silakan konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi selama kehamilan berlangsung. Baca : makanan penambah darah ibu hamil.

2. Ibu hamil sering pipis


Sering buang air kecil (BAK) adalah keluhan yang normal terjadi pada ibu hamil karena pengaruh hormonal. Peningkatan hormon pada ibu hamil membuat aliran darah ke organ ginjal semakin meningkat sehingga kantung kemih mudah penuh dengan air seni. Dengan demikian, ibu hamil akan mudah terasa ingin pipis.

3. Ibu hamil muda mengalami mual dan muntah


Mual dan muntah di pagi hari adalah gejala kehamilan awal yang tidak perlu Anda takutkan. Kenapa demikian ? karena mual dan muntah ini termasuk kondisi normal yang terjadi pada wanita hamil.

Apabila mual dan muntah Anda alami terllau parah, sebaiknya jangan sembarangan minum obat anti mual tapi silakan datang ke dokter untuk mendapatkan resep obat mual yang aman bagi janin.

Demikian penjelasan terkait ibu hamil 1 bulan sakit pinggang dan perut serta keluhan lainnya. Semoga ulasan singkat pada artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top