Jenis Makanan Wanita Hamil 1 Bulan yang Baik untuk Ibu dan Janin

Makanan wanita hamil 1 bulan ⏩ Kehamilan merupakan momen istimewa yang paling dinantikan kehadirannya oleh setiap pasangan suami istri, terutama bagi mereka yang telah lama menikah dan belum punya momongan. Wanita yang baru pertama kali hamil sering kali dibuat penasaran dengan kehamilannya, apakah kehamilannya sehat dan normal atau justru sebaliknya. Dengan demikian, banyak pasangan suami istri muda yang mencari informasi tentang cara perawatan kehamilan yang baik dan benar.

Bagi Anda yang baru pertama kali hamil, perlu kiranya mengetahui masa kehamilan normal manusia yaitu kehamilan dibagi menjadi tiga trimester. Setiap trimester perlu mendapatkan perawatan yang berbeda beda, salah satunya adalah dalam penyusunan menu makan. Silakan baca menu makanan ibu hamil trimester 1 2 3.

Dalam mengkonsumsi makanan, ibu hamil muda umur 1 bulan hendaknya memilih makanan yang banyak mengandung nutrisi serta menghindari makanan yang dapat membahayakan kehamilan. Pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan beberapa jenis makanan yang bagus untuk ibu hamil umur 1 bulan.

jenis-makanan-wanita-hamil-1-bulan
image from pixabay

Makanan Wanita Hamil 1 Bulan


Pertumbuhan janin dalam kandungan dipengaruhi oleh asupan nutrisi ibunya. Apabila ibu hamil mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian maka janin dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Sebaliknya, jika ibu hamil kurang mendapatkan asupan nutrisi maka pertumbuhan janin akan terhambat. Sebagai referensi dalam penyusunan menu makan harian, berikut kami tulis beberapa jenis makanan wanita hamil 1 bulan yang baik bagi ibu dan janin :

1. Wanita hamil hendaknya memperbanyak makan sayur


Mengkonsumsi sayuran hijau adalah hal wajib yang tidak boleh ditinggalkan oleh ibu hamil, pasalnya sayuran hijau yang dimakan pada usia kehamilan 1 bulan dapat membantu mencegah dan mengatasi morning sickness (mual muntah di pagi hari).

Tak hanya itu, beberapa jenis sayuran hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus buat ibu hamil seperti bayam, brokoli, wortel dan lainnya. Kandungan zat besi pada sayur bayam sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi anemia (kurang darah) saat hamil. Sedangkan brokoli memiliki kandungan asam folat yang sangat besar manfaatnya untuk janin.

2. Makan buah segar tiap hari


Selain memperbanyak sayuran, ibu hamil muda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah segar setiap hari untuk membantu menjaga stamina dalam menjalani kehamilannya. Anda bisa mengkonsumsi buah segar secara langsung atau menjadikannya sebagai jus buah segar.

Adapun buah yang baik untuk ibu hamil diantaranya adalah pisang, buah apel, buah alpukat, buah stroberri, buah anggur dan lain lain. Selengkapnya bisa anda baca pada artikel berjudul buah yang baik untuk ibu hamil.

3. Ikan segar baik untuk ibu hamil


Ibu hamil trimester pertama sangat membutuhkan protein untuk membantu proses pertumbuhan jaringan janin. Protein ini bisa didapatkan dari aneka macam kacang kacangan dan daging terutama daging ikan.

Ikan segar sangat dianjurkan bagi ibu hamil karena memiliki kandungan omega 3 dan protein yang cukup banyak. Namun demikian, Anda tidak boleh sembarangan makan ikan karena ada beberapa jenis ikan laut yang mengandung merkuri.

4. Aneka macam jenis kacang cocok buat ibu hamil


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa ibu hamil muda trimester pertama sangat membutuhkan asupan protein untuk membantu perkembangan janin. Selain dari ikan segar, protein juga banyak terdapat pada aneka macam kacang kacangan.

Beberapa jenis kacang yang baik untuk ibu hamil antara lain adalah kacang polong, kacang kedelai, kacang almond, kacang hijau dan lain lain. Silakan baca manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

5. Sareal cocok buat ibu hamil muda


Wanita yang sedang hamil muda dianjurkan untuk mengkonsumsi sareal sebagai tambahan makanan harian, bukan sebagai makanan pokok. sareal mempunyai kandungan karbohidrat, vitamin, kalsium dan mineral sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga stamina ibu hamil. Jika Anda tak suka makan sareal, Anda bisa menggantinya degan roti gandum karena kandungan nutrisinya juga baik untuk ibu hamil muda.

Itulah 5 contoh makanan wanita hamil 1 bulan yang baik untuk ibu dan janin. Demi menjaga kesehatan janin, sebaiknya cukupi kebutuhan nutrisi harian dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top