Kondisi Wanita Hamil 1 Bulan yang Normal, Sudah Tahukah Anda ?

Kondisi wanita hamil 1 bulan ⏩ Wanita yang sedang hamil muda biasanya menjumpai beberapa keadaan yang cukup berat mulai dari mual muntah, badan lelah, pusing, kram perut dan lain lain. Kadang terlintas dalam hati, apakah kondisi yang ia alami normal atau tidak normal. Untuk itu, diperlukan pengetahuan tentang kondisi kehamilan trimester pertama yang wajar dan normal.

Ibu hamil muda hendaknya segera periksa ke dokter apabila ada gejala tak wajar di awal kehamilannya. Dengan demikian, jika ada yang tidak beres akan segera terdeteksi dan mendapat perawatan secara benar.

Kondisi ibu hamil muda biasanya kurang begitu nyaman karena perubahan hormonal memberikan dampak yang kurang menguntungkan seperti morning sickness, badan loyo dan lainnya. Informasi selengkapnya silakan baca hingga akhir artikel..

kondisi-wanita-hamil-1-bulan-yang-normal
image from pixabay

Kondisi Wanita Hamil 1 Bulan


Gejala hamil muda terkadang membuat ibu hamil tidak merasa nyaman bahkan ada wanita hamil yang harus mendapatkan penanganan khusus dari dokter. Segala macam kondisi yang dirasakan ibu hamil muda hendaknya selalu diperhatikan agar tidak sampai terjadi hal yang kurang menguntungkan. Berikut ini adalah beberapa kondisi wanita hamil muda 1 bulan yang normal :

1. Wanita hamil muda sering muntah


Salah satu kondisi kehamilan muda trimester pertama yang normal adalah sering merasa mual dan ingin muntah terutama di pagi hari. Meski membuat tak nyaman namun mual dan muntah adalah kondisi normal yang hampir dialami oleh semua ibu hamil.

Mual dan muntah merupakan respon alami tubuh wanita hamil atas kehadiran makhluk baru di dalam rahimnya. Ada sebagian ibu hamil yang merasakan mual sangat parah sampai tidak mau menerima makanan.

Apabila mual yang Anda alami terlalu parah sebaiknya segera datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Kenapa demikian ? karena mual parah bisa membuat ibu hamil kekurangan asupan nutrisi.

2. Kram perut


Pada usia kehamilan 1 bulan terkadang ibu hamil mengalami kram perut ringan. Kondisi ini wajar dialami oleh ibu hamil sejak awal masa kehamilan. Namun demikian Anda perlu waspada terhadap kram perut yang terasa sangat sakit melilit lilit. Normalnya, kram perut hanya terasa ringan tidak terlalu menyakitkan.

Apabila kram perut terasa sangat sakit dan dibarengi dengan pendarahan, sebaiknya segera datang ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dokter akan memberikan perawatan medis sesuai dengan hasil pemeriksaan.

3. Badan terasa sangat lelah


Mungkin Anda merasakan hal aneh dalam diri anda, yaitu terasa sangat lelah meski tidak melakukan aktivitas berat. Keadaan ini termasuk kondisi wanita hamil 1 bulan yang normal, tidak perlu dikhawatirkan.

Belum bisa dipastikan apa penyebab kelelahan saat hamil muda, namun beberapa orang menyebutkan bahwa peningkatan hormon progesteron ibu hamil lah yang menyebabkan kondisi ini. Untuk membantu mengatasi hal ini silakan baca post berjudul tips hamil sehat dan bugar secara alami.

4. P@yud@r@ terasa nyeri


Salah satu gejala awal kehamilan yang banyak dialami oleh ibu hamil adalah adanya perubahan di bagian p@yud@r@. Beberapa minggu sejak pembuahan, p@yud@r@ ibu hamil akan terlihat membengkak dan terasa nyeri.

Selain itu, p@yud@r@ menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan meski hanya sentuhan ringan. Terkadang ibu hamil juga merasakan rasa gatal pada area sekitar put!ng (areola).

5. Sering terasa ingin pipis


Jangan kaget jika Anda sering merasa ingin pipis pada usia kehamilan awal. Hal ini adalah kondisi normal yang disebabkan karena pengaruh hormonal ibu hamil. Bertambahnya usia kehamilan membuat ibu hamil lebih sering pipis karena kantung kemih semakin tertekan oleh rahim yang kian membesar seiring dengan pertumbuhan janin. Silakan baca : cara mengatasi sering buang air kecil saat hamil.

6. Kepala pusing


Kepala pusing merupakan salah satu gejala awal kehamilan yang banyak dirasakan oleh wanita hamil. Kehamilan bukan satu satunya penyebab pusing, namun ada banyak faktor yang membuat seorang wanita merasakan pusing. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel yang telah kami tulis beberapa waktu lalu dengan judul pusing tanda hamil seperti apa ?

Demikian ulasan terkait kondisi wanita hamil 1 bulan yang normal. Semoga pembahasan singkat ini dapat menambah wawasan kita dalam menjaga dan merawat kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top