Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil, Bunda Wajib Tahu

Kosmetik yang aman untuk ibu hamil ⏩ Kehamilan bukan lah penghalang bagi Anda untuk tetap tampil cantik. Penampilan ibu hamil akan tetap terlihat mempesona apabila perawatan tubuh dilakukan dengan rajin. Hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil dalam menjaga penampilan adalah memilih kosmetik yang aman, jangan hanya asal pilih kosmetik tanpa mempedulikan efek samping yang bisa ditimbulkan.

Kosmetik wardah adalah salah satu produk perawatan kecantikan yang banyak dipilih oleh kaum wanita. Apakah kosmetik wardah untuk ibu hamil itu aman ? Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel ini hingga selesai..

Saat ini ada banyak rekomendasi kosmetik untuk ibu hamil, sayangnya tak banyak ibu hamil yang mengetahuinya. Banyak kita jumpai ibu hamil yang memilih tampil ala kadarnya saja, padahal sebenarnya kehamilan justru bisa membuat penampilan semakin oke. Apabila Anda suka tampil pakai hijab, silakan baca tips hamil berhijab tetap cantik.

kosmetik-yang-aman-untuk-ibu-hamil
 image from pixabay

Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil


Semau wanita pasti menginginkan penampilannya terlihat menarik, tak terkecuali ibu hamil. Namun demikian, jangan sembarangan memakai kosmetik karena ada beberapa kosmetik yang dilarang untuk ibu hamil karena mengandung bahan yang kurang baik bagi janin.

Pemakaian kosmetik menjadi sangat urgent ketika berat badan ibu hamil semakin meningkat. Kalau berat badan sudah naik tapi tetap tidak mau dandan, dikhawatirkan sang suami akan melirik wanita lain..

Panduan Pemilihan Kosmetik yang Aman bagi Ibu Hamil


Perlu Anda ketahui bahwa pemakaian kosmetik yang dioleskan pada kulit bisa saja membahayakan janin karena kandungan zat pada kosmetik itu bisa meresap ke pembuluh darah ibu hamil melalui pori pori dan akhirnya bisa menembus plasenta. Untuk itu, pastikan untuk memilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil. Di bawah ini adalah panduan singkat yang bisa Anda lakukan sebelum benar benar menggunakan produk kosmetik, baik berupa lipstik, pelembab maupun sabun muka.

1. Kosmetik anti jerawat


Perubahan hormonal ibu hamil kadang menyebabkan muncul jerawat terutama di bagian wajah / muka. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan untuk memilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil berjerawat.

Produk anti jerawat yang berupa obat telan hendaknya dihindari, terutama produk anti jerawat yang mengandung isotretinoin atau tretinoin dan tetrasiklin karena zat tersebut dapat menyebabkan kelainan pada janin.

Selain itu, produk anti jerawat yang mengandung asam salisilat hendaknya dihindari dulu selama hamil. Apabila jerawat Anda terasa sangat mengganggu penampilan, silakan konsultasikan ke dokter. Krim anti jerawat dengan kandungan benzoil mungkin bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat saat hamil.

2. Kutek (pewarna kuku)


Saat hamil, Anda tidak boleh sembarangan menggunakan produk pewarna kuku. Pewarna kuku yang mengandung phthalates termasuk kosmetik yang dilarang untuk ibu hamil karena dapat memperbesar resiko kelainan lahir pada bayi.

Selain terdapat pada pewarna kuku, phthalates juga dijumpai pada beberapa produk hairspray, untuk itu  Anda supaya lebih selektif dalam menentukan pilihan. Apabila Anda akan mewarnai kuku, hendaknya lakukan di tempat terbuka dengan tujuan lebih meminimalkan menghirup aroma bahan pewarna itu.


3. Kosmetik anti penuaan


Produk anti penuaan yang memiliki kandungan retinoid berbentuk 0ral hendaknya tidak digunakan oleh ibu hamil. Memang produk ini bermanfaat untuk memperbaiki warna kulit dan mengurangi kerutan kulit, namun menurut beberapa peneletian, bahan ini kurang baik bagi janin dalam kandungan.

Untuk menjaga kulit tetap segar, Anda bisa menggunakan sabun muka dan pelembab untuk ibu hamil yang aman. Informasi lebih detil bisa Anda baca pada artikel berjudul sabun cuci muka yang aman untuk ibu hamil.

4. Produk tabir surya


Sebelum menggunakan kosmetik, pastikan Anda pilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil. Dalam memilih produk tabir surya, sebaiknya hindari produk yang memiliki kandungan bahan oksibenzon karena ada hasil penelitian yang menyatakan bahwa bahan oksibenzon ini dapat mempengaruhi berat badan bayi saat lahir, yaitu berat badan jadi rendah.

Adapun produk tabir surya yang aman bagi ibu hamil adalah produk yang mengandung seng oksida dan titanium dioksida. Kosmetik dengan kandungan kedua bahan tersebut bermanfaat untuk melindungi kulit sehingga kulit tetap segar meski terkena paparan sinar matahari. Selain menggunakan produk tabir surya, hendaknya Anda tetap menggunakan baju tertutup dan tidak terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung.

5. Pewarna rambut


Bahan kimia yang digunakan untuk membuat pewarna rambut kemungkinan dapat masuk ke dalam tubuh ibu hamil melalui pori pori kulit kepala. Pewarna rambut dengan kandungan ammonia banyak dikaitkan dengan peningkatan mual saat hamil. Meski belum ada kepastian tentang bahaya pewarna rambut bagi ibu hamil namun kebanyakan ahli kesehatan menyarankan ibu hamil untuk tidak menggunakan pewarna rambut. Adapun cara perawatan rambut ibu hamil yang aman bisa Anda baca perawatan rambut yang aman untuk ibu hamil.

Apabila saat ini Anda menggunakan produk kosmetik yang kurang aman, segera hentikan dan gunakan kosmetik yang aman untuk ibu hamil agar janin dalam kandungan tetap sehat. Bila perlu konsultasikan ke dokter tentang kosmetik yang baik Anda gunakan selama hamil. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top