Makanan Ibu Hamil 1 Bulan Pertama Agar Badan tidak Lemas dan Bayi Sehat

Makanan ibu hamil 1 bulan pertama ⏩ Merawat kehamilan dengan baik merupakan satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap ibu hamil, pasalnya kesehatan janin dalam kandungan sangat bergantung pada perlakukan sang ibu. Aktivitas yang dapat membahayakan kehamilan hendaknya dihindari sebisa mungkin demi mendapatkan kehamilan yang sehat dan tidak banyak kendala.

Dalam memilih makanan, ibu hamil tidak boleh sembarangan karena tidak semua makanan aman bagi janin, bahkan ada beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Silakan baca makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil.

Pada usia kehamilan 1 bulan, ibu hamil harus benar benar memperhatikan asupan makanan harian untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga janin dalam kandungan bisa tumbuh berkembang dengan baik. Di usia 1 bulan, biasanya ibu hamil mengeluhkan mual dan muntah yang dapat membuatnya malas untuk mengkonsumsi makanan.

makanan-ibu-hamil-1-bulan-pertama
image from pixabay

Makanan Ibu Hamil 1 Bulan Pertama


Pemilihan makanan yang tepat sangat penting dilakukan oleh ibu hamil usia 1 bulan sehingga asupan nutrisi tetap terpenuhi meski ia sering merasakan mual dan muntah.

Sebaiknya ibu hamil muda jangan sembarangan mengkonsumsi makanan karena ada beberapa jenis makanan lezat yang kurang baik bagi janin. Ada kabar yang berkembang di masyarakat tentang larangan makan buah durian bagi ibu hamil, benarkah kabar itu ? silakan baca penjelasannya hamil makan durian, bolehkah ?

Adapun makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil 1 bulan adalah aneka jenis makanan mengandung nutrisi yang diperlukan oleh wanita hamil. Makanan empat sehat lima sempurna adalah makanan yang sangat dianjurkan bagi semua orang tak terkecuali ibu hamil. Adapun makanan ibu hamil 1 bulan pertama agar bayi sehat antara lain adalah sebagai berikut :

1. Makanan yang mengandung asam folat


Banyak kaum wanita yang tidak menyadari kalau dirinya sedang hamil, ia baru sadar kalau sedang hamil setelah kehamilan berusia dua atau tiga minggu. Wanita yang telah mengetahui kalau dirinya sedang hamil hendaknya segera menyesuaikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Asam folat sangat diperlukan oleh ibu hamil terutama pada usia hamil trimseter pertama. Asam folat dapat diperoleh dari beberapa jenis sayur seperti brokoli, kembang kol, kacang kedelai, wortel, alpukat dan lainnya. Selengkapnya bisa Anda baca pada post berjudul makanan yang mengandung asam folat tinggi.

Asa folat mempunyai peranan penting di awal kehamilan, diantaranya adalah membantu mencegah kecacatan syaraf sehingga asam folat dan memperkecil resiko bayi cacat lahir. Jangan meninggalkan sayuran hijau untuk mendapatkan asupan asam folat meski Anda tidak suka makan sayur.

2. Makanan yang mengandung zat besi


Salah satu makanan ibu hamil 1 bulan pertama adalah makanan yang mengandung zat besi. Manfaat dari zat besi adalah membantu pembentukan sel darah merah sehingga ibu hamil dapat terhindar dari anemia (kurang darah).

Anemia pada ibu hamil dapat menyebabkan beberapa keluhan seperti badan terasa lelah, lemas dan letih lesu. Adapun makanan yang dapat menyumbangkan zat besi bagi ibu hamil bisa anda baca pada artikel dengan judul makanan penambah darah ibu hamil.

3. Makanan yang mengandung kalsium


Makanan dan minuman yang mengandung kalsium juga diperlukan oleh ibu hamil muda untuk membantu proses pembentukan tulang janin. Apabila ibu hamil kurang mendapat asupan kalsium maka janin akan mengambil cadangan kalsium dari tulang ibu sehingga bisa menyebabkan pengeroposan tulang (osteoporosis) pada ibu hamil. Anda bisa mendapatkan kalsium dari beberapa jenis makanan seperti daging, sayur, buah segar dan susu.

4. Jangan tinggalkan makan sayuran


Walaupun Anda tidak suka sayuran, namun sebaiknya rajin makan sayur ketika hamil karena sayur hijau dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi kehamilan. Sayur bayam adalah salah satu jenis sayur yang perlu dikonsumsi ibu hamil 1 bulan karena memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Ingin tahu manfaat bayam bagi ibu hamil ? Silakan baca manfaat bayam bagi ibu hamil.

5. Buah segar sangat bagus bagi ibu hamil


Selain sayuran, ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi aneka macam buah segar seperti alpukat, apel, mangga, buah pir dan lain lain. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah segar sangat lah lengkap sehingga termasuk makanan yang baik bagi ibu hamil.

Demikian ulasan tentang makanan ibu hamil 1 bulan pertama agar badan tidak lemas dan bayi sehat. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini melalui tombol berbagi di bawah artikel. Sekian dan semoga informasi ini bermanfaat..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top