Makanan Ibu Hamil 1 Minggu agar tidak Keguguran

Makanan ibu hamil 1 minggu ⏩ Menjaga dan merawat kehamilan merupakan satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap pasangan suami istri. Sudah semestinya kehamilan dirawat dengan sebaik baiknya agar janin dalam kandungan tetap sehat dan dapat tumbuh berkembang dengan baik. Salah satu cara perawatan kehamilan yang baik adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi serta menghindari segala macam makanan yang dapat menyebabkan keguguran.

Kehamilan 1 minggu umumnya belum disadari, karena tanda tanda kehamilan belum begitu dirasakan. Terkadang gejala kehamilan 1 minggu alah dikira sebagai pertanda masuk angin atau sakit.

Untuk itu, penting kiranya bagi setiap pasangan suami istri untuk mengetahui apa saja tanda kehamilan pada minggu awal. Dengan mengetahui tanda awal kehamilan maka kehamilan dapat segera terdeteksi sehingga perawatan  dapat segera dilakukan.

makanan-ibu-hamil-1-minggu
image from pixabay

Makanan Ibu Hamil 1 Minggu


Bagaimana mungkin seorang wanita merawat kehamilannya kalau ia sendiri belum menyadari dirinya sedang hamil ?? Oleh karena itu, sedikit akan kami sampaikan informasi tentang tanda hamil 1 minggu.

Tanda Hamil 1 Minggu


Kurang lebih seminggu setelah terjadi pembuahan, tubuh ibu hamil mengalami perubahan hormon yang berdampak pada munculnya beberapa tanda dan gejala kehamilan. Tanda hamil tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Morning sickness (mual disertai muntah terutama pada waktu pagi)
  • Indra penciuman lebih sensitif
  • Badan terasa sangat lelah dan ngantuk
  • Keluar bercak darah
  • Kram perut ringan
  • Sering keputihan
  • Kepala sering terasa pusing
  • Sering BAK (buang air kecil)
  • P@yud@r@ nyeri dan membengkak
  • Areola menghitam
  • Ngidam makanan
  • Mood mudah berubah
  • Susah BAB

Informasi lebih detil tentang tanda kehamilan 1 minggu, bisa Anda baca pada artikel yang telah kami tulis beberapa waktu lalu dengan judul tanda hamil 1 minggu setelah bercinta.

Setelah munculnya tanda kehamilan, silakan lakukan tes kehamilan dengan alat test pack untuk memastikan apakah Anda benar benar hamil. Apabila hasil test pack menunjukkan positif, segera lah untuk memperlakukan kehamilan dengan semestinya.

Dalam mengkonsumsi makanan, hendaknya ibu hamil lebih berhati hati karena janin dalam kandungan masih sangat rawan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan beberapa contoh makanan ibu hamil 1 minggu agar tidak keguguran. Apa saja makanan yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil muda ? antara lain adalah sebagai berikut :

1. Ibu hamil perlu memperbanyak makan sayur


Sayuran merupakan jenis makanan yang kaya akan nutrisi sehingga makan sayur sangat direkomendasikan untuk ibu hamil di segala usia, termasuk ibu hamil muda 1 minggu.

Pada umumnya, sayur dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi kehamilan, namun dari sekian banyak sayuran ada beberapa jenis sayur yang bagus buat ibu hamil. Silakan baca penjelasannya sayur yang baik untuk ibu hamil.

2. Makan buah segar


Buah buahan termasuk makanan ibu hamil 1 minggu yang sangat bermanfaat, pasalnya aneka macam buah buahan segar memiliki kandungan nutrisi lengkap. Buah segar hendaknya selalu disertakan dalam penyajian menu harian agar ibu hamil bisa selalu mendapat manfaat luar biasa darinya.

Meski demikian, ibu hamil tidak boleh sembarangan makan buah karena ada beberapa macam buah segar yang dapat membahayakan kehamilan muda apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Untuk itu, luangkan waktu sebentar untuk membaca ulasan terkait buah yang bagus untuk ibu hamil.

3. Makanan yang mengandung asam folat


Asam folat adalah zat yang sangat diperlukan oleh janin pada usia kehamilan muda. Asam folat bermanfaat untuk membantu pembentukan jaringan otak dan tulang belakang janin. Kekurangan asam folat memperbesar resiko bayi terlahir cacat.

Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat agar  janin dapat tumbuh berkembang dengan baik dan tidak sampai keguguran. Adapun makanan tinggi asam folat telah kami sampaikan pada artikel berjudul makanan yang mengandung asam folat tinggi.

4. Makanan yang tidak membuat mual


Sebagaimana kita ketahui bahwa ibu hamil 1 minggu umumnya mendapati keluhan mual dan muntah di pagi hari. Ditambah dengan indra penciuman yang menjadi lebih sensitif membuat ibu hamil mual muntah tidak hanya di waktu pagi saja.

Oleh karena keadaan itu lah, salah satu jenis makanan yang perlu dipersiapkan untuk ibu hamil 1 minggu adalah makanan yang tidak membuat mual. Apa saja makanan yang tidak membuat mual itu ? Silakan baca penjelasannya makanan penghilang dan pencegah mual saat hamil.

5. Hindari makanan pantangan ibu hamil


Tidak semua jenis makanan aman dikonsumsi oleh ibu hamil muda, karena janin dalam kandungan masih terlalu sensitif. Makanan yang mengandung zat tertentu seperti merkuri hendaknya dihindari oleh ibu hamil karena bisa menjadi pemicu terjadinya keguguran.

Tak hanya makanan bermerkuri, makanan yang mengandung bakteri berbahaya juga harus dihindari oleh ibu hamil. Untuk lebih jelasnya, silakan baca pembahasan tentang pantangan makanan saat hamil muda.

Demikian pembahasan singkat terkait makanan ibu hamil 1 minggu agar tidak keguguran. Dengan memperhatikan asupan makan harian, diharapkan kehamilan dapat dijalani dengan nyaman dan tidak banyak masalah. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top