Penyebab Gugur Kehamilan, Gejala dan Pencegahannya

Penyebab gejala dan pencegahan gugur kehamilan ⏩ Keguguran adalah masalah kehamilan yang sangat ditakuti oleh kaum wanita. Keguguran kadang terjadi pada wanita yang tidak menyadari kalau dirinya sedang hamil. Untuk itu, penting kiranya bagi kaum wanita untuk mengetahui tanda awal kehamilan sebelum telat haid

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, penting bagi setiap wanita untuk mengetahui tanda tanda keguguran. Setelah mengetahui kalau dirinya keguguran maka langkah medis akan segera dilakukan.

Pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan beberapa informasi seputar keguguran, meliputi gejala kehamilan gugur, penyebab dan langkah pencegahannya..

penyebab-gugur-kehamilan-gejala-dan-pencegahan
image from pixabay

Gejala Gugur Kehamilan


Salah satu gejala gugur kehamilan yang wajib Anda waspadai adalah pendarahan dengan disertai kram perut hebat. Selain itu, gejala keguguran bisa dikenali dengan keluarnya gumpalan darah melalui jalan lahir dan mulai menghilangnya beberapa tanda kehamilan.

Pendarahan yang dialami oleh ibu hamil tidak selamanya sebagai gejala keguguran karena di awal masa kehamilan, ibu hamil juga mengeluarkan pendarahan normal yang disebabkan karena proses implantasi. Informasi lebih detil tentang bercak darah saat hamil bisa Anda baca pada post berjudul bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?

Apabila Anda merasa khawatir dengan pendarahan yang sedang Anda alami, tak ada salahnya jika segera datang ke dokter untuk konsultasi sekaligus memeriksakan kehamilan.

Penyebab Gugur Kehamilan


Penyebab pasti terjadinya gugur kehamilan belum bisa dipastikan, namun kebanyakan kasus keguguran terutama pada usia kehamilan trimester pertama disebabkan karena kehamilan tak normal dan kelainan kromosom bayi. Kromosom tak normal bisa mengakibatkan janin tidak berkembang sehingga memperbesar resiko terjadi keguguran.

Keguguran yang terjadi pada usia kehamilan trimester kedua, sering kali disebabkan karena penyakit atau kondisi ibu hamil yang tidak sehat. Sedangkan di usia kehamilan trimester akhir keguguran atau kematian janin sering kali disebabkan karena infeksi dan ketuban pecah sebelum waktunya.

Selain beberapa hal di atas, ada beberapa faktor yang diduga dapat menyebabkan gugur kehamilan, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Usia ibu hamil terlalu muda atau terlalu tua
  • Ibu hamil tak sehat
  • Penyakit kronis seperti diabetes, ginjal dan lupus
  • Hipertensi parah
  • Infeksi virus seperti toksoplasmosis, malaria, sitomegalovirus, rubela, gonore dan chlamydia
  • Mengkonsumsi obat yang bisa memicu keguguran
  • Gaya hidup tak sehat seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol dan memakai narkoba
  • Pernah keguguran sebelumnya
  • Terlalu banyak mengkonsumsi kafein selama kehamilan
  • Kelebihan berat badan

Selain itu, keguguran bisa terjadi karena kehamilan bermasalah seperti kehamilan kosong (BO) dan kehamilan ektopik. Untuk menghindari terjadinya hamil kosong, silakan baca tips menghindari kehamilan kosong.

Hingga saat ini, ada sebagian orang yang meyakini mitos pemicu keguguran seperti berh*b*ngan badan saat hamil, mengangkat beban, bekerja saat hamil, olahraga dan mengkonsumsi makanan pedas. Mitos tersebut belum bisa dibuktikan kebenarannya secara klinis, Anda tak perlu takut.

Pencegahan Gugur Kehamilan


Oleh karena penyebab keguguran belu bisa dipastikan, maka kita tidak bisa mencegah gugur kehamilan secara pasti, yang bisa kita lakukan hanyalah melakukan beberapa tips untuk menghindari keguguran. Beberapa langkah tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Mengkonsumsi makanan bergizi terutama makanan yang banyak mengandung serat
  • Menerapkan pola makan sehat selama kehamilan
  • Tidak menggunakan obat obatan terlarang, minum minuman beralkohol dan tidak merokok
  • Melakukan pencegahan infeksi virus tertentu sesuai dengan petunjuk dari dokter
  • Usahakan untuk menjaga berat badan agar tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk
  • Minta dukungan positif dari pihak keluarga terutama suami untuk menghilangkan rasa tertekan pasca keguguran

Ibu hamil yang telah mengalami keguguran bukan berarti sudah aman dari keguguran berikutnya. Justru, ibu hamil yang pernah keguguran lebih beresiko mengalami keguguran lagi. Untuk itu, lakukan beberapa tips tersebut di atas dan selalu konsultasi ke dokter terkait program kehamilan Anda.

Demikian informasi seputar penyebab gugur kandungan, gejala dan pencegahannya. Semoga kehamilan Anda selalu diberi kesehatan sehingga akhirnya sang buah hati terlahir dengan selamat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top