Punca (penyebab) Keguguran Janin yang Harus Anda Waspadai

Punca keguguran janin ⏩ Sudah sepantasnya ibu hamil selalu menjaga kehamilannya agar terlepas dari berbagai macam hal yang bisa menyebabkan keguguran. Keguguran adalah hal yang sangat ditakuti oleh ibu hamil, karena bisa memupus keinginanannya untuk segera menimang sang buah hati. Demi menjaga kehamilan agar tetap sehat, ibu hamil harus benar benar melakukan perawatan kehamilan dengan sebaik baiknya.

Keguguran atau abortus yang ditandai dengan terjadinya pendarahan hebat disertai dengan nyeri hebat di bagian perut bawah. Pendarahan tidak selamanya sebagai pertanda kehamilan.

Pendarahan yang di awal masa kehamilan biasanya disebabkan karena implansi, bukan karena keguguran. Perlu Anda ketahui bahwa bercak darah tanda kehamilan itu relatif ringan dan tidak disertai dengan kram perut hebat.

punca-penyebab-keguguran-janin
image from pixabay

Punca Keguguran Janin


Apabila Anda menjumpai kejanggalan pada kehamilan Anda, misalnya terjadi pendarahan padahal usia kehamilan sudah masuk trimester kedua, silakan segera konsultasi ke dokter untuk memastikan penyebab dari masalah anda.

Penyebab keguguran belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa hal yang diduga sebagai punca (penyebab) keguguran janin. Sebagai acuan, umumnya keguguran yang terjadi di usia kehamilan trimester pertama itu disebabkan karena kondisi janin, sedangkan keguguran yang terjadi selepas usia kehamilan trimester pertama biasanya disebabkan karena kondisi kesehatan ibu hamil. Beberapa hal yang diduga sebagai penyebab keguguran antara lain adalah sebagai berikut :

1. Keguguran karena kromosom bermasalah


Keguguran di usia kehamilan trimester pertama banyak terjadi karena adanya kelainan kromosom janin. Menurut perkiraan, 2/3 abortus di usia kehamilan trimester pertama disebabkan karena masalah kromosom.

Kromosom adalah blok DNA yang terdiri dari set intruksi terperinci yang dapat mempengaruhi semua bagian tubuh termasuk warna kulit, rambut, mata dan lainnya. Kelebihan, kekurangan dan kelaian kromosom membuat perkembangan janin terhambat sehingga dapat mengakibatkan keguguran.

2. Keguguran karena masalah plasenta


Plasenta adalah 0rgan penting yang menjadi penghubung suply nutrisi dari ibu kepada janinnya. Plasenta memiliki peran sangat pentig bagi janin, maka kelainan plasenta bisa menjadi punca (penyebab) keguguran kandungan.

Untuk mencegah hal yang yang tak diinginkan, penting kiranya bagi ibu hamil untuk memeriksa kehamilan dengan menggunakan bantuan alat USG sehingga bisa mengetahui keadaan janin dalam kandungan termasuk keadaan plasenta.

3. Keguguran karena penyakit kronis


Ada beberapa jenis penyakit yang diduga dapat memperbesar resiko terjadinya keguguran seperti penyakit diabetes, penyakit ginjal, lupus, hiper tiroid dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Wanita hamil yang terkena penyakit kronis, hendaknya rutin melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter meski tidak ada keluhan. Dengan demikian, dokter bisa selalu mengontrol perkembangan dan kesehatan janin dalam kandungan.

4. Keguguran karena pola hidup tak sehat


Salah satu penyebab keguguran kandungan adalah penerapan pola hidup tak sehat selama kehamilan berlangsung. Merokok, mengkonsumsi minuman keras dan memakai narkoba adalah pola hidup tak sehat yang sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Apabila sebelum hamil Anda adalah seorang prokok, hendaknya hentikan kebiasaan itu demi keselamatan sang buah hati. Dengan menerapkan pola hidup sehat diharapkan kehamilan bisa berjalan dengan baik tanpa banyak masalah.

5. Keguguran karena rahim lemah


Rahim lemah adalah salah satu penyebab keguguran yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi obat penguat kandungan dan istirahat total. Bagi Anda yang punya keluhan lemah rahim hendaknya jangan nekat melakukan aktivitas yang mengancam kehamilan. Istirahat total (bad rest) hendaknya dilakukan selama kehamilan, terutama di usia kehamilan kurang dari 22 minggu.

Itulah beberapa penyebab / punca keguguran kandungan yang dapat kami tulis. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi pembaca. Jika menurut Anda bermanfaat, silakan bagikan artikel ini melalui tombol berbagi di bawah artikel. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top