Sebab Keguguran Bayi yang Harus Anda Ketahui

Sebab keguguran bayi ⏩ Keguguran adalah hal menakutkan yang bisa dialami oleh siapa saja. Agar kehamilan berjalan dengan lancar dan tidak sampai keguguran, ibu hamil wajib menjaga kehamilannya dengan baik, mulai dari melakukan aktivitas, menerapkan pola makan, memilih minuman dan lain lain. Di usia kehamilan muda trimester pertama, ibu hamil harus ekstra hati hati agar tidak sampai keguguran.

Ada beberapa hal yang diduga sebagai pemicu keguguran, pasangan suami istri hendaknya mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan keguguran sehingga bisa menghindarinya sejak awal kehamilan.

Kehamilan bermasalah adalah salah satu penyebab keguguran yang tidak bisa dielakkan, misalnya hamil kosong (BO). Hamil kosong adalah salah satu masalah kehamilan dimana janin tidak dapat berkembang meski kantung janin bisa terus berkembang. Untuk mengenali hamil kosong, silakan baca tanda tanda hamil kosong.

sebab-keguguran-bayi
image from pixabay

Sebab Keguguran Bayi


Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan keguguran bayi, salah satunya adalah kelainan kromosom. Terkadang kelainan kromosom tidak sampai membuat keguguran, namun berdampak pada kelahiran bayi tidak normal.

Selain itu, infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus berbahaya seperti tokoplasma dan rubella juga bisa menjadi sebab keguguran bayi. Untuk itu, ibu hamil haru benar benar selektif dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Adapun sebab sebab keguguran antara lain adalah sebagai berikut :

1. Keguguran karena ibu hamil terserang penyakit


Penyakit dan gangguan kesehatan yang dialami oleh ibu hamil bisa menjadi pemicu terjadinya keguguran. Diabetes melitus, tekanan darah tinggi, anemia, penyakit ginjal, lupus dan lainnya bisa menyebabkan keguguran karena janin kurang mendapatkan asupan makanan.

Kondisi kehamilan awalnya biasa saja dan tanpa ada kendala sedikit pun. Namun, bertambahnya usia kehamilan justru membuat kesehatan janin bermasalah karena kurangnya asupan makanan akibat dari gangguan fisik ibu hamil tersebut.

Langkah paling tepat untuk mencegah keguguran yang disebabkan karena kondisi kesehatan ibu adalah dengan rutin memeriksakan kehamilan ke dokter. Dokter akan terus memantau kesehatan janin dalam kandungan dan memberikan suplemen atau obat bila memang diperlukan.

2. Tetap merokok selama hamil


Kebiasaan merokok sangat tidak dianjurkan bagi wanita hamil karena merokok bisa menjadikan pembuluh darah rusak sehingga nutrisi tidak masuk ke aliran darah dengan lancar.

Keadaan ini membuat janin tidak bisa mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen dengan baik sehingga membuat janin tidak berkembang. Tak hanya sebagai perokok aktif, ibu hamil juga harus berusaha jangan sampai jadi perokok pasif karena dampaknya bagi kehamilan juga sangat tidak baik. Selengkapnya silakan baca bahaya asap rokok bagi ibu hamil.

3. Terlalu kelelahan baik fisik maupun pikiran


Kelelahan yang dialami oleh ibu hamil, entah kelelahan akibat stress maupun kelelahan fisik akibat bekerja keras dapat mengakibatkan mengecilnya pembuluh darah.

Hal ini sungguh tidak menguntungkan janin karena suply oksigen dan nutrisi tidak bisa berjalan sempurna. Jika keadaan ini terus terusan terjadi maka perkembangan janin bisa terganggu bahkan bisa terjadi keguguran.

4. Infeksi di area kewan!taan


Infeksi di vag!na juga menjadi sebab keguguran bayi karena dapat menyebabkan kontraksi rahim yang akhirnya bayi lahir sebelum waktunya. Salah satu penyebab infeksi vag!na adalah infeksi bakteri dan jamur karena keputihan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu keluhan kehamilan yang banyak dialami kaum wanita adalah keputihan. Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk menyikapi keputihan yang ia alami dengan tepat sehingga tidak sampai terjadi infeksi di area kewan!taan.

5. Infeksi bakteri atau virus


Salah satu penyebab keguguran adalah infeksi virus dan bakteri berbahaya seperti rubella dan toksoplasma. Infeksi ini dapat mengakibatkan kematian bayi dalam kandungan. Tak hanya, rubella dan toksoplasma ada infeksi juga bisa disebabkan karena virus yang tak diketahui. Tiba tiba ibu hamil sakit dan bayi meninggal dalam kandungan.

6. Imunitas ibu hamil menurun


Sistem kekebalan tubuh ibu hamil harus terus dijaga selama kehamilan agar terhindar dari keguguran. Lemahnya sistem kekebalan tubuh membuat ibu hamil mudah terserang penyakit sehingga memperbesar resiko keguguran kandungan. Untuk meningkatkan sistem imunitas, ibu hamil perlu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Silakan baca contoh makanan bergizi untuk ibu hamil.

7. Ibu hamil kekurangan gizi


Kekurangan gizi adalah salah satu penyebab keguguran yang tidak seharusnya terjadi. Selama kehamilan berlangsung, hendaknya ibu hamil mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan baik, jangan sampai kekurangan gizi. Di usia kehamilan trimester pertama, janin sangat membutuhkan asam folat untuk membantu proses perkembangan jaringan. Untuk itu, ibu hamil perlu memperbanyak makanan yang mengandung asam folat.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi sebab keguguran bayi. Selama hamil hendaknya tidak melakukan hal hal yang membahayakan kehamilan agar tidak sampai terjadi keguguran. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top