Tanda dan Gejala Wanita Hamil 1 Bulan yang Jarang Diketahui

Tanda dan gejala wanita hamil 1 bulan ⏩ Pada umumnya, kehamilan dikenali oleh kaum wanita dengan telat datang bulan (menstruasi). Ketika masa haid telah tiba kok ternyata tak kunjung haid maka mereka baru sibuk mencari alat tes kehamilan untuk memastikan apakah dirinya sedang hamil atau tidak. Sebenarnya, telat datang bulan bukan lah satu satunya tanda wanita hamil 1 bulan, justru kondisi tersebut bisa saja terjadi karena faktor lain.

Kurang lebih seminggu setelah pembuahan terjadi, tubuh wanita akan mengalami perubahan sebagai respon atas adanya makhluk baru di dalam rahimnya. Beberapa perubahan tersebut terjadi karena tubuh wanita hamil mengalami perubahan hormonal yaitu peningkatan hormon esterogen dan progesteron.

Selain itu, tubuh wanita hamil juga memproduksi hormon HCG atau hormon kehamilan yang berguna untuk menjaga dan melindungi janin agar dapat terus berkembang dengan baik hingga tiba saatnya persalinan.

tanda-dan-gejala-wanita-hamil-1-bulan
image from pixabay

Tanda dan gejala Wanita Hamil 1 Bulan


Perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil dapat menyebabkan munculnya gejala kehamilan seperti mual muntah, badan kelelahan, kepala pusing dan lainnya.

Tanda dan gejala wanita hamil 1 bulan sudah mulai muncul sejak minggu awal kehamilan, namun masih banyak wanita yang tidak menyadarinya. Kebanyakan dari kaum wanita baru menyadari kehamilan setelah telat datang bulan. Adapun tanda hamil 1 bulan antara lain adalah sebagai berikut :

1. Keluar flek darah sebagai tanda hamil


Kurang lebih seminggu setelah proses pembuahan, ibu hamil akan mengeluarkan flek darah ringan dengan disertai kram perut. Hal ini terjadi karena proses implantasi yaitu menempelnya bakal janin di rahim.

Beberapa wanita mengira bercak darah ini adalah darah haid, padahal sebenarnya darah haid dan darah tanda hamil itu sangat jauh berbeda. Untuk mengetahui lebih jelas tentang flek darah kehamilan silakan baca bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?

2. Kram perut di awal kehamilan


Selain mengakibatkan keluarnya flek darah, proses implantasi juga menimbulkan kram perut ringan yang dirasakan beberapa hari dengan rasa nyeri yang tidak terlalu menyakitkan.

Biasanya kram perut ini terjadi lebih ringan dari pada nyeri perut jelang haid (PMS). Informasi lebih detil mengenai kram perut tanda hamil atau haid, silakan baca artikel berjudul kram perut tanda hamil atau haid ? Ini penjelasannya

3. Kehamilan ditandai dengan mual dan muntah


Salah satu tanda dan gejala wanita hamil 1 bulan yang banyak dialami oleh kaum wanita adalah morning sickness atau mual dan muntah di pagi hari. Mual dan muntah ini memang cukup mengganggu aktivitas namun Anda tak perlu khawatir karena keluhan ini akan hilang seiring bertambahnya usia kehamilan.

Biasanya setelah kehamilan menginjak umur trimester kedua, ibu hamil sudah tidak mual. Apabila sudah masuk usia trimester kedua tapi mual tak kunjung henti silakan konsultasikan ke dokter.

4. Ibu hamil kelelahan


Di usia kehamilan 1 bulan, seorang wanita akan menjumpai kondisi dimana badan terasa sangat lelah dan letih. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon pada tubuh ibu hamil sejak pembuahan terjadi.

Kelelahan yang dialami oleh ibu hamil muda ini tidak disebabkan karena habis beraktivitas berat. Meski tidak habis kerja keras pun badan terasa sangat lelah dan ingin tiduran saja.

5. P@yud@r@ ibu hamil menjadi sensitif


Sebagai salah satu gejala kehamilan yang muncul di bulan pertama adalah p@yud@r@ menjadi bengkak dan menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan. Selain perubahan pada p@yud@r@, area sekitar put!ng juga berubah menjadi lebih menghitam. Perubahan ini terjadi selama usia kehamilan berlangsung, tidak hanya pada awal kehamilan saja.

6. Terlambat datang bulan sebagai gejala kehamilan


Ini lah tanda kehamilan yang banyak dikenali oleh kaum wanita, yaitu ketika telat datang bulan maka ia mulai sibuk mencari alat tes kehamilan untuk memastikan apakah ia hamil atau tidak. Selain menggunakan test pack, ada juga cara lain yang dilakukan oleh sebagian wanita untuk mengetahui apa ia hamil atau tidak. Selengkapnya silakan baca cara cepat mengetahui kehamilan tanpa tes pack

Demikian informasi terkait tanda dan gejala wanita hamil 1 bulan yang dapat kami sampaikan. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat bagi para pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top